7 Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar

Cara membersihkan evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar - Hallo dulur... Berkendara disiang hari yang sedang panas-panasnya tentu keberadaanya ac sangat dibutuhkan untuk mendinginkan ruang kabin yang mulai sumpek. Namun terkadang mesin pendingin ini tidak berfungsi dengan baik, kalaupun nyala hanya angin panas yang keluar dari blower layakanya kipas angin.

Ya.. Seiring dengan usia mobil dan seringnya pemakian tentu beberapa park atau komponen mobil ada beberapa yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah tidak bisa dinyalakan, tak terkecuali keberadaan AC ini. Dimana beberapa mobil yang usianya sudah 5 sampai 10 tahun lebih udara yang keluar tidak sesejuk dan sedingin waktu barunya.

Banyak faktor yang menyebabkan mengapa ac mobil tidak bisa memberi hawa dingin secara maksimal, mulai dari usia freon yang sudah tua atau malah kehabisan freon, magnetic cluth tidak bekerja dengan baik, kerusakan pada kompresor atau evaporator yang kotor sehingga udara yang keluar tidak tersirkulasi dengan baik akibat tersumbat kotoran dan debu.

Cara membersihkan evaporator AC mobil tanpa bongkar

Evaporator merupakan salah satu komponen AC yang bertugas untuk menghembuskann udara dingin ke ruang kabin. Komponen inilah yang membuat suhu dalam kabin menjadi lebih nyaman apabila cuaca diluar mobil sangatlah panas diwaktu siang hari. 

Sekilas evaporator berbentuk kotak dan memiliki ruang berliku-liku, pada bagian inilah kita akan menemukan banyak kotoran dan debu yang tersangkut. Sehingga perlu dibersihkan agar tidak menganggu sirkulasi ac.

Posisi evaporator mobil avanza atau jenislainya kebanyakan berada dibawah/belakang dasborad atau lebih tepatnya dibelakang laci dashboard sisi kiri.

Urutan membersihkan evaporator ac mobil yang kotor

1. Matikan mesin dan siapkan alat kebersihan

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Sebelum tahap membersihkan evaporator ac pada mobil Avanza atau lainya, pertama kamu perlu mematikan mesin terlebih dahulu untuk menghindari konsleting listrik atau trobel lainya. Selanjutnya alat-alat pembersih yanag akan kita gunakan nanti. Seperti sikat gigi/kuas cat dan udara dari kompresor jika memilikinya.

2. Membongkar laci dashboard

Seperti yang kami jelaskan tadi, letak evaporator bersembunyi dibelakang laci dashboard sehingga kita perlu membongkarnya. Jika belum terbiasa, bongkar dashboard dengan hati-hati agar klip pengaitnya tidak padah. Lepas dengan mengikuti alurnya agar lebih mudah.

Selanjutnya kamu bisa  melihat evaporator beserta filternya yang bersembunyi dibawah dashboard laci dashboar mobil.

3. Bersihkan fillter ac

 

Keluarkan filter dan sikat dengan lembut setiap kotoran yang tersangkut dengan gerakan searah. Jika ada gunakan angin dari kompresor untuk menyemprot kotoran yang terperangkap, gunakan tekanan angin yang tidak terlalu kencang agar tidak merusak struktur filter ac tersebut.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Jika kondisinya memang sudah terlalu kotor, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru agar kinerja ac untuk mendinginkan ruang kabin berjalan maksimal.

4. Bersihkan evaporator dengan cairan khusus

Selain dengan alat seadanya, agar bersih maksimal, kamu bisa menggunakan cairan khsusus untuk membersihkan evaporator AC yang kotor. Produk pembersih ini mudah kita jumpai dibengkel ac terdekat atau onlineshop dengan harga yang terjangkau.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Agar mudah digunakan pilihlah cairan yang berbentuk spray dengan kaandungan foam. Sebelum cairan pembersih disemprotkan, kocok terlebih dahulu beberapa menit agar kandungan bahan didalamnya tercampur rata. Semprotkan beberapa kali agar kotoran dan debu yang tersangkut hilang sepenuhnya.

5. Bersihkan blowernya juga

Selain evaporator, kamu juga perlu membersihkan bagian blowernya. Gunakan cairan pembersih tadi untuk membersihkan blower dengan menyemprotkanya beberapa kali hingga filter ac benar-benar bersih. Cairan tersebut akan membentuk busa dan biarkan busa mengeluarkan air dari ventilator ac mobil.

6. Nyalakan AC mobil

Jika semua tahap telah selesai kamu bisa menghidupkan kembali mesin dan nyalakan mesin serta nyakan mesin ke kecepatan paling tinggi. Kemudian perhatikan dengan baik apakah blower bisa menghembuskan udara dengan baik atau tidak. Cairan pembersih evaporator bentuk spray yang kamu gunakan sebelumnya akan berubah menjadi cair.

7. Cek kembali AC kamu

Dalam keadaan pintu dank aca terbuka, mulailaj untuk mengecek apakah ac sudah  menghembuskan udara yang dingin.Biarkan beberapa saat agar sirkulasi udara menjadi lancer. Jika sudah maka evaporator sudah bersih kembali.

Dan jika kamu merasa ragu untuk membersihkanya sendiri, ada baiknya untuk menyerahkan ke bengkel spesialis AC secara langsung untuk pemangan lebih lanjut.

Dan kamu merasa ragu bisa membersihkanya sendiri, akan lebih baik untuk menghubungi atau membawanya ke bengkel AC secara langsung. Kamu bisa terlebih dahulu mencari kisaran info biasa membersihkan evaporator yang kotor dan pilihlah jasa yang menurut kamu paling murah yang masih mengkedepankan kualitas.

Nah temen-temen itulah tadi beberapa cara membersihkan evaporator AC mobil tanpa bongkar yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah agar mesin pendingin kembali berfungsi dengan baik. Semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat buat kamu, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas