Cara Sederhana Menghilangkan Bunyi V Belt Mobil Yang Berdecit

Cara menghilangkan bunyi v belt yang berdecit - Hallo dulur... Jika usia mobil kamu sudah tergolong tua tentu beberapa kerusakan kerap bermunculan, sehingga agar kembali nyaman dikendarai perlu mengganti beberapa komponen yang telah aus. Mulai dari AC yang tidak dingin kembali, sock breaker mulai keras dan glodakan atau munculnya suara-suara aneh pada area mesin.

Suara aneh yang kerap terjadi pada area mesin adalah munculnya decitan yang sumbernya dari v belt yang cukup mengganggu saat mobil jalan. V belt merupakan karet kipas pendingin mesin mobil yang dibuat dari campuran baja dan imitasi karet. Fungsinya adalah untuk memutar beberaapa komponen di dalam mesin dari pompa oli power steering hingga alternator. 

Sama halnya dengan komponen lain v belt juga memiliki masa pakai dan kapan pun bisa putus. Nyatanya usia vbelt relatif lebih singkat mengingat posisinya yang terbuka tanpa pelindung apapun dan terhubung langsung dengan pully. Sehingga rentan sekali terkena air atau lumpur saat melewati genangan. 

Dalam kondisi kotor kinerja v belt akan terganggu, putaranya tidak seimbang daan membuat karet lebih cepat getas. Semua ganggungan tersebutlah yang membuat vbelt mengeluarkan suara berdecit atau istilahnya belt dressing.

Belt dressing bisa terjadi akibat karet vbelt tidak bisa memutar pully dengan baik, penyebab lainya adalah pada bagian pully kering akibat cipratan air hujan atau banyaknya partikel debu yang menempel.

Cara menghilangkan bunyi v belt mobil yang berdecit

Munculnya suara berisik pada v belt tentu menggangu nyaman dalam berkendara bahkan merasa rishi saat berada di keramian. Munculnya decitan pada vbelt tentu memberi sinyal jika kondisinya mulai aus, pasalnya jika putus ditengah jalan justru menimbulkan kerusakan pada komponen lain.

Nah agar suara gangguan tersebut hilang, kami memiliki cara mengatasi fan belt mobil yang berdecit. Berikut ulasanya.

1. Menyemprotkan air sabun

Cara pertama yang bisa kamu pakai untuk menghilangkaan bunyi berisik pada v belt adalah dengan menyemprotkan air yang sudah dicampur sabun beberapa kali untuk meredam suaara decitan tersebut.

Namun cara ini kami rasa kurang begitu efektif ya sob, pasalnya tidak mampu bertahan lama dan kembali berdecit sewaktu-waktu. Jadi cara ini bisa kamu pakai dalam keadaan terdesak untuk meredamnya sementara waktu.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Namun cara ini kami sarankan tidak terlalu sering dilakukan ya sob, pasalnya air sabun yang menempel dan mongering justru membuat getas pada karet tersebut.

2. Menggunakan pelumas atau oli

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan suara decitan pada v belt adalah dengan mengoleskan oli atau pelumas pada vbelt dan sisi lakernya.

Pemberian pelumas juga tidak boleh asal ya sob, pasalnya jika berlebih justru membuat v belt selip saat berputar dan malah menimbulkan suara yang lebih nyaring.

Jika ruang mesin mobil kami lebih luas, bisa juga mengoleskan lilin batangan agar lebih bersih sebagai pengganti pelumas atau oli.

3. Grease

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Metode mneggunakan grease tak jauh beda dengan sebelumnya , yakni dengan mengoleskan secukupnya pada fan belt hingga bunyi decitan tersebut hilang. Pemberianya pun tidak perlu berlebih karena bisa membuatnya licin atau selip saat berputar.

Agar mudah pengerjaanya, pastikan mesin kondisi mati dan dingin sehingga tangan tidak khawatir saat terkena blok mesin yang panas.

4. Menggunakan cairan khusus fant belt

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Selain dengan beberapa cara sederhana tadi, ada cara yang lebih modern dan parktis  tanpa membuat tangan kotor untuk mengatasi bunyi v belt mobil yang berdecit yakni dengan menyemportkan cairan khusus belt berkaleng aerosol yang saat ini banyak di jumpai pada toko aksesoris moibl atau online shop.

Cara penggunaanya pun tidak lah terlalu sulit, cukup hidupkan mesin dan biarkan mesin pada kondisi stasioner. Kemudian semperotkan cairan ini pada karet belt yang berbunyi hingga suaranya hilang.

Semprot secukupnya dan jangan berlebih atau sampai belt becek, karena bisa membuat karet belt selip saat berputar atau bahkan membuat ruangan mesin menjadi kotor.

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi munculnya suara pada v belt manandakan jika kondisi karet belt sudah aus. Jadi untuk memastikanya lebih lanjut tidak ada salahnya kamu mengeceknya secara langsung, jika memang tidak kamu bisa menggunakan beberapa cara  tadi agar kondisi belt tidak kering.

Karet belt yang sudah aus ditandai dengan munculnya retakan pada grigi belt, bahkan ada beberapa yang terlepas. Jadi utuk menghindari putus ditengah jalan segeralah menggantinya dengan yang baru.

Nah temen-temen demikianlah ulasan dari cara sederhana menghilangkan bunyi v belt mobil yang berdecit yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah sebaiknya cek secara langsung atau bisa membawanya ke bengkel. Sekian, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas