Penyebab dan Cara Mengatasi Air Wiper Mobil Tidak Keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi Air Wiper Mobil Tidak Keluar - Hallo dulur... Tahukah kamu, ternyata ada salah satu komponen yang keberadaanya jarang diperhatikan pemilik kendaraan padahal memiliki fungsi vital terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Kebanyakan orang lebih rajin untuk melakukaan perawatan eksterior/cat agar selalu terlihat kinclong tetapi tak sedikit orang yang rajin mengecek kondisi sikat kaca atau lebih sering disebut sikat wiper.

Padahal keberadaan sikat kaca ini memiliki fungsi vital terutama saat musim hujan atau panas sekalipun. Fungsi wiper adalah untuk menyapu air hujan di kaca depan atau belakang sehingga tidak menggangu penglihatan saat berkendara. Karena memiliki peran yang sangat penting, maka kondisi wiper harus benar-benar prima sehingga pada saat dibutuhkan bisa bekerja dengan baik atau tidak macet.

Agar bisa menyapu air hingga bersih keberadaan karet wiper juga perlu diperhatikan, jika kondisinya sudah aus tentu tidak bisa bekerja dengan baik saat menyapu air hujan atau bahkan bisa merusak kaca dan menimbulkan goresan jika tetap digunakan.

Setidaknya karet wiper bisa diganti 1 sampai 2 tahun sekali atau kondisinya menag sudah aus yang ditandai dengan warna karet terlihat getas, kaku, dan munculnya retakan. Jika ini terus dipakai tentu membuat baret kaca mobil kamu

Penyebab dan cara mengatasi air wiper mobil tidak keluar 

Seiring dengan usianya terkadang wiper tidak berfungsi dengan baik salah satunya adalah tidak bisa menyemprotkan kembali air melalui lubang nozel. Nyatanya fungsi air ini sangat penting ya, dimana untuk melicinkan wiper saat menyapu kaca sehingga tidak menimbulkan baret pada kaca. 

Banyak faktor yang menyebabkan air wiper macet kalaupun bisa air tidak bisa menyeprot kuat sehingga tidak sampai ke permukaan kaca. Nah berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Lubang Nozzel Tersumbat


Penyebab pertama yang umum terjadi adalah lubang nozzel tersumbat kotoran sehingga menghambat air yang keluar. Jadi untuk memperbaikinya kamu bisa mengeluarkan atau membersihkan kotoran tersebut menggunakan jarum pentul.

Masukan jarum pentul beberapa kali ke kedua lubang nozzel sambil digoyang-goyangkan agar kotoran di dalamnya rontok. Jika sudah kamu bisa mencoba untuk menyemprotkanya jika masih tersumbat bersihkan kembali hingga semprotan air yang keluar kencang.

Baca juga  3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Jika sumprotam air yang keluar terlalu tinggi, kamu bisa mengaturnya dengan cara menurunkan lubang nozzel menggunakan jarum pentul. Sebaliknya jika semprotan air teralalu rendah maka kamu bisa menaikan lubang tersebut.

2. Nozzel Pecah


Seiring dengan usianya terkadang nozzel wiper pecah karena sudah getas atau terkena benturan benda keras dibagian dalam kap. Jika nozzel ini pecah atau retak tentu air akan merembes keluar, jadi agar dapat berfungsi kembali kamu bisa mengganti nozzel yang pecah dengan yang baru.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Selain menggantinya kamu juga bisa mengelem wiper yang pecah menggunakan lem besi/plastik still. Campurkan kedua lem besi hingga menyatu kemudian oleskan pada nozzel yang pecah, kemudian tunggu beberapa jam hingga lem mengeras.

3. Selang Wiper Pecah

Untuk mengetahui problem ini kamu perlu mengecek secara teliti ke seruluh bagian selang. Jika memang mengalami kebocoran kamu bisa memutusnya dan ganti dengan yang baru. Sehingga saat disemprotkan air akan keluar dari nozzel bukan dari selang.

4. Dinamo Nozzel lemah


Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Penyebab air wiper mobil macet atau tidak keluar lainya bisa disebabkan kerusakan pada dinamo nozzel, sehingga tidak bisa memompa air dari tangki penyimpanan untuk di semprotkan pada permukaan kaca.

Sehingga agar dapat berfungsi kembali kamu perlu mengganti pompa air nozzel ini, namun jika masih bisa diperbaiki tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Ada satu tips nih temen-temen, agar sikat kaca mampu membersihkan kaca lebih maksimal, kamu bisa menggunakan air sabun cuci piring untuk mengisi tampungan air wiper. Dengan begitu kaca mobil akan langsung bersih, kesat dan kinclong.

Nah, demikianlah penjelasan beberapa penyebab dan cara mengatasi air wiper mobil yang macet dan tidak keluar akibat tersumbat. Meski sepele, peran dari piranti satu ini sangatlaah vital saat terjadi hujan. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas