Perbedaan Ukuran Ban 90/80 dan 80/90 , Mana Yang Unggul

Perbedaan ukuran ban 90/80 dan 80/90 – Hallo dulur… Tidak hanya sekedar alas kaki yang berputar maju atau mundur, penggunaan ban yang sesuai tentu membuat berkendara semakin nyaman dan mempercantik tampilan kendaraan kamu. Agar tampilanya lebih kekar para baikers banyak mengganti ukuran ban yang lebih besar atau menggunakan jenis ban dengan bentuk tipis/gepeng agar motor lebih terlihat staylis.

Jika saat ini berniat untuk mengganti ban, sebaiknya pilihlah ban dengan ukuran yang tetap sesuai dengan spesifikasi motor kamu. Jangan sampai ban yang kamu pasang membuat berkendara kurang nyaman akibat ukuran nya teralu kecil atau tapaknya terlalu lebar. Penggunaan ban cacing tentu sangat berbahaya terutama saat motor digerber dalam kecepatan tinggi.

Sebetulnya ukuran ban sudah tertera atau tercetak disisi samping ban yang memudahkan kamu untuk memilihnya baik untuk ring 14 atau 17 sekalipun. Ukurana ban ring 14 umumnya di desain khusus buat motor matic sementara ring 17 dipakai buat motor tipe bebek.

Namun tak jarang juga motor sport super moto yang di modifikasi pakai ukuran velg ring 14 khusunya pada roda belakang dan membiarkan roda depan pakai velg ring 17 atau 18 inchi. 

Perbedaan ukuran ban 90/80 dan 80/90 ring 14

Angka yang tertera pada ban ini menunjukan ukuran ban serta tanggal produksinya. Singkatnya, pada angka depan menunjukan lebar ban, kemudian angka yang kedua menunjukan ketinggian ban. Soo ?

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Perbedaan dari ukuran ban 90/80 dan 80/90 terletak pada lebar tapak ban. Ban 80/90 memiliki tapak lebar yang lebih kecil dari ban ukuran 90/80. Namun keduanya sama-sama bisa dipakai buat mengganti ban depan atau belakang motor.

Jadi, cara membaca ukuran ban yang benar adalah pada angka paling depan sebelum garis miring adalah menunjukan ukuran lebar tapak ban, smentara angka kedua setelah garis miring ketinggian ban dalam bentuk presentasi.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Ketinggian ban sendiri terhitung dari bagian bawah ban yang menyentuh tanah hingga ke velg. Adapun satuan ukuran ban adalah mm. Sedangkan angka 14 atau 17 merupakan ukuran lingkaran velg yang memiliki satuan inchi. 

So, yang perlu diperhatikan adalah angka sebelum garis miring serta angka setelag garis miring. Angak paling depan sebelum karing miring menunjukan ukuran lebar ban dan angka kedua setelah garis miring adalah ukuran ketinggian dari ban tersebut.

Lantas bagus ukuran ban 90/80 atau 80/90 ?

Pada dasarnya kedua ukuran ban tersebut tidak ada perbedaan yang signifikat dan sama bagusnya dipakai buat kendaraan bermotor. Hanya saja jika memiliki kedua ukuran ban tersebut dan hendak dipasang, maka ada baiknya untuk ukuran 80/90 dipasang pada roda depan sedangkan ban 90/80 pasang di velg belakang. 

Mengapa demikian ? Bukanya tanpa alasan jenis ban dengan taplak yang tips tentu tidak kaut menahan beban lebih sehingga cocok dipakai pada velg depan. Sementara ban belakang menggunakan ukuran yang seidkit besar karena memikul beban lebih.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Namun jika hendak memodifikasi ukuran ban dan menggantinya dengan ukuran yang sama jika tidaklah masalah, semua kembali pada selera pemilik motor. Jika ban yang tinggi dan lebar dipasang di depan dan ban yang lepar dan tipis dipasang pada velg belakang tentu membuat tampilan motor kamu menjadi lebih aneh.

Nah temen-temen demikianlah beberapa penjelasan singkat dari perbedaan ukuran ban 90/80 dan 90/90 untuk kendaraan jenis bermotor. Agar lebih aman dan nyaman berkendara sebaiknya pakailah ban sesuai dengan standar pabrik agar motor kamu tidak terkena razia tilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas