3 Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Mobil, Mana yang Lebih Unggul ?

Perbedaan aki kering dan basah pada mobil - Hallo dulur... Bisa dikatakan semua kendaraan bermesin seperti motor butuh aki untuk menyuplai daya listrik ke semua komponen listrikan untuk menyalakan mesin dan aksesoris lainya. Sehingga jika kondisinya sudah rusak atau soak secara tidak langsung akan menggaangu kinerja mesin, bahkan untuk menyelakanya saja akan terasa sulit saat sudah melemah.

Umunya masa pakai aki hanya mampu bertahan dua sampai empat tahunan tergantung merk dan kualitasnya. Jika sudah melemah biasanya banyak yang melakukan charger ulang namun tidak bertahan lama akan soak kembali. 

Umunya terdapat dua jenis aki yang banyak dipakai untuk mobil dan motor, yakni jenis basah dan kering. Diantara keduanya, aki basah memang lebih banyak digunakan pada semua jenis kendaraan karena muncul duluan di industri otomotif. 

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak yang beralih menggunakan jenis aki kering karena lebih praktis tanpa perlu perawatan dengan mengisi air accu secara berkala. Namun tidak semua jenis mobil yang cocok memakai tipe aki kering dengan alasan tertentu.

Perbedaan aki kering dan basah pada mobil

Jika diulas lebih dalam banyak sekali perbedaan aki kering dan basah pada mobil. Jika kamu melihat kedua jenis aki ini dalam posisi bersebelahan, maka sudah jelas perbedaanya, mulai dari cover luar atau komponen di dalamnya. 

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Aki basah adalah aki yang diisi dengan cairan asam belerang sulfuric acid, sering dengan pemakaianya air aki akan berkurang sehingga perlu diisi kembali agar tidak cepat soak. 

Sementara untuk aki kering atau disebut juga Maintenace Free Battery sebetulnya juga memiliki cairan elektroda yang ada didalam sel-sel aki. Jadi bukan berarti karena namanya aki kering, maka tidak ada c cairan sama sekali didalamnya. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Sebetulnya di dalam aki kering terdapat juga cairan elektrolik atau gel yang tersiman dalam sel aki dalam kondisi tersegel. Jadi mau posisi miring atau terbalik sekalipun cairan didalamnya tidak akan tumpah atau merembes sekalipun. Dengan bentuk inilah mengapa disebut aki kering. Lantas pada beda dengan aki basah ? Berikut ulasanya.

1. Perawatan aki kering lebih mudah

Aki kering memiliki kelebihan yang cukup penting, yakni bebas perawatan dari awal masih baru hingga masa pakainya. Mengapa lebih mudah dirawat ? Karena anda tidak perlu melakukan pengisian air aki didalamnya. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot mengecek volume air aki secara berkala. Selain itu kamu juga bebasa menentukan lokasi aki tanpa khawatir akan tumpah. Seperti yang kita tahu, jika air accu terkena cat akan terkelupas. 

2. Harga aki basah lebih murah

Beda aki kering dan basah lainya adalah dari segi harga. Aki basah lebih ekonomis, inilah mengapa banyak pemilik mobil yang menggunakanya. Selisish harga keduanya bisa mencapai Rp 200 rb hingga Rp 300 rb tergantung ukuran dan kapasitas voltnya.

Selain lebih ekonomi, aki basah juga lebih mudah diperbaiki saat sudah lemah atau soak, beda dengan versi kering jika sudah rusak sulit untuk diperbaiki. 

Jika sudah rusak aki basah masih bisa diperbaiki karena boleh dibongkar dengan melakukan charger ulang yang sebelumnya sel-sel didalmnya sudah dibersihkan dan diisi dengan accu zuur, sehingga masih bisa dipakai kembali beberapa bulan kedepan. Beda dengan aki kering jika sudah rusak mau tidak mau kamu perlu menggantinya.

3. Tegangan aki kering lebih stabil

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Dibanding versi basah, aki kering lebih modern dari sisi teknologinya. Ini terbukti dari tengahan arus yang dihasilkan lebih stabil dibandingkan dengan aki basah. Bahkan saai tenganganya turun, masih terhitung stabil untuk menyalakan mesin.

Dengan beberapa keunggulan inilah penggunaan aki basah mulai ditinggalkan dan beralih memakai versi kering. Bahkan banyak mobil keluaran terbaru sudah tesematkan aki kering yang ukuranya disesuikan dengan kapasitas mesin.

Setelah mengetahui perbedaan aki kering dan basah pada mobil sekarang pilihan ada ditangan kamu. Yang terpenting adalah selalu gunakan sparepart asli agar berkendara semakin aman dan nyaman. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas