Cara memotong rantai motor sendiri pakai palu

Cara memotong rantai motor sendiri pakai palu - Hallo dulur... Kendaraan bermotor sampai saat ini masih menjadi pilihan masyarakan guna berpergian ke suatu tempat. Ukuranya yang kecil membuatnya lebih lincah dan masuk ke gang-gang yang sempit bahkan mampu diandalkana saat kondisi macet. Sementara untuk perawatan juga cukup mudah dengan spare part dan pajak pertahunya hanya 200 ribuan, mungkin bisa lebih murah jika usianya sudah tua....

Seiring lamanya pemakian beberapa park atau komponen motor akan aus sehingga menggangu kinerjanya, tak terkecuali rantai pada motor bebek. Setelah menempuh jak tertentu kondisi rantai yang awalnya kencang menjadi kendor sehingga membuat laju motor targanggu , bahkan tak jarang mengeluarkan bunyi tek-tek yang cukup menggangu.

Rantai merupakan salah satu komponen motor yang memiliki fungsi vital dan bertugas meneruskan putaran mesin ke roda belakang yang umunya terbuat dari matrial logam bercampur baja sehingga motor dapat bergerak maju yang pergerakanya mengikuti kecepatan mesin. Dan salah satu sifat logam adalah akan memuai jika terkena panas yang terus menerus sehingga pengeendara motor penting untuk mengeceknya secara berkala, jika sudah kendor kamu bisa menyetelnya kembali. Namun terkadang mengencangkanya saja tidak cukup sehingga kamu perlu memotongnya.

Sebetulnya cara memotong rantai motor yang mulai mengendor bisa kamu lakukan sendiri dirumah dengan peralatan yang cukup sederhana. Dalam industri otomotif saat ini, memotong rantai sudah menggunakan alat khusus yang mempercepat proses pekerjaan mekanik, namun ada juga yang masih pakai cara manual. Bagaimana langkah dan caranya, simak penjelasanya dibawah ini.

Cara memotong rantai motor sendiri pakai palu

Sebelum mengetahui cara memotong rantai motor dengan baik dan benar, perlu kamu ketahi terlebih dahulu pemuaian rantai yang terbuat dari logam tersebut karena adanya panas yang ditimbulkan dari gesekan antara rantai dan gear yang terus menerus. Hal ini memanglah hal wajar dan terjadi pada semua motor yang menggunakan rantai sebagai penghantar putaran mesin ke roda belakang untuk bergerak.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Lantas apa yang terjadi jika rantai sudah kendor ? Selain menimbulkan suara berisik, tarikan motor akan berkurang bahkan bisa lepas jika terlalu lama dibiarakan. Oleh karena itu segeralah melakukan penyetelah jika memang rantai motor kamu sudah mulai kendor. 

Jika ada budget lebih cara yang paling mudah adalah dengan mengganti rantai beserta gear set yang baru. Namun agar lebih berhemat tak sedikit baikers tanah air yang lebih memilih menyeting ulang atau memotong beberapa mata rantai jika dirasa terlalu kendur. Lantas bagaimana cara memotong rantai motor yang benar agar dapat disambung kembali ?

Cara potong rantai motor manual pakai paku 

Memotong rantai motor dengan cara manual banyak dipakai bengkel pinggir jalan yang mudah kamu coba sendiri dirumah dengan peralatan pendukung diantaranya, gerinda, palu, tang, paku atau batang besi yang ukuranya disesuikan dengaan besar kecil rantai. Berikut adalah urutan langkahnya. 

1. Pertama gunakan tang untuk kelepas kancing rantai motor, Kamu bisa mendorong atau mencongkel kancing tersebut hingga rantai terlepas. 

2. Jika rantai sudah terlepas, selanjutnya tahan bagian bawah pin rantai motor dengan memakai mur ukuran 14 atau 17 inchi atau alas besi.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

3. Jika sudah tertata dengan tetap dan pas, pada bagian atas kamu bisa menggunakan ujung besi yang sudah kamu siapkan untuk melepas pin atau mata rantai dengan cara memukulnya dengan palu hingga pin terlepas.




4. Jika sudah terlepas, sebelum memotongnya kalian ukur terlebih dahulu menentukan kekencangan rantai motor yang pas sehingga kamu bisa mengetahui berapa mata rantai yang akan dipotong

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

5. Jika sudah terpotong kamu bisa menyambung kembali rantai tersebut dan memasangnya.

Jika sudah terbiasa cara memotong rantai pakai paku diatas memang cukup gampang, hanya saja jika terkadang ada beberapa resiko yang bisa terjadi seperti tangan terpukul palu atau lainya. Maka dari itu jika belum pernah berhati-hatilah saat mencoba potong rantai motor sendiri.

Agar dapat bekerjaa dengan baik untuk memutar gear, kamu bisa memberi pelumas secukupnya pada rantai. Tidak disarangkan pakai oli bekas karena lain membuatnya kotor tentu efek pelumas pada oli bekas sudah hilang sehingga rantai akan cepat kering. 

Cara memotong rantai motor dengan alat modern

Jika dirasa memotong rantai dengan palu cukup sulit dan ribet untuk kalian coba, kamu bisa mencoba alat khusus potong rantai yang banyak terjual ditoko spare part motor. 

Alat potong rantai canggih ini biasa disebut dengan chain breaker yang mempermudahkan kamu untuk melepas dan memotong rantai tanpa perlu peralatan palu dan lainya seperti langkah diatas.  Berikut adalah cara memotong rantau dengan chain breaker.

1. Pertama lepas rantai dari motor untuk mempermudah proses pengerjaan.

2. Jika sudah terlepas, tentukan berapa mata rantai yang akan dipotong. Kamu bisa menyesuaikan dengan cara menempelkan rantai dan gear.

3. Selanjutnya gunakan alat chain breaker untuk melepas pin mata rantai dengan cara meletakkan tepat alat ini pada bagian mata rantai.

4. Jika dirasa sudah pas, maka segera putar ujung lain dari alat ini menggunakan tangan hingga pin rantai tertekan oleh sisi lain chain breaker yang ukuranya sudah di desain dengan ukuran pin rantai motor.

Dengan menggunakan alat pemotong rantai modern chain breaker, memotong rantai bisa dilakukan dengan mudah dan cepat yang minim resiko seperti tangan terpukul pali atau terjepit saat melepas pin rantau dengan paku.

Nah temen-temen, demikianlah penjelasan cara memotong rantai motor sendiri pakai palu dan alat modern chain breaker yang lebih modern. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya, selalu utamakan safety dalam berkendara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas