Jarak Ideal Waktu Ganti Oli Mesin Motor Matic Honda

Jarak ideal waktu ganti oli motor matic honda – Hallo dulur… Untuk menjaga performa mesin perawatan penting kamu lakukan sehingga tidak khawatir akan mogok saat perjalanan cukup jauh. Beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan diantaranya, mengganti oli secara rutin dan pastikan menggunakan pelumas sesuai spesifikasi kendaraan kamu.

Ganti oli merupakan salah satu rutinitas yang penting dilakukan pemilik kendaraaan bermotor, baik untuk jenis matik atau bebek. Penggantian oli perlu dilakukan tepat waktu agar performa mesin tidak menurun, oli yang sudah aus tentu tidak mampu melumasi komponen didalam mesin secara maksimal, tak heran jika mesin lebih cepat panas dan boros bbm.

Meski sudah dilengkapi dengan buku petunjuk pemakian atau manual book saat pembelian motor, nyatanya tak sedikit mereka yang bekum mengetahui kapan waktu ideal dan jarak tempuh oli mesin harus diganti. Bahkan tak jarang pemiliki motor matik mengaku jarang mengganti oli karena motor jarang digunakan.

Jarak ideal waktu ganti oli mesin motor matic honda Berapa km ?

Selain menjadikan motor cepat panas dan boros bbm, efek fatal saat volume oli mesin berkurang atau habis adalah membuat kerusakan pada piston sehingga kamu perlu turun mesin untuk perbaikanya dengan biaya yang tak sedikit. Nah, berikut waktu dan jarak tempuh ideal untuk mengganti oli motor matik honda, Yamaha atau Suzuki.

Setiap jarak tempuh 2.000 kilometer

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Penggantiaan oli motor matic idealnya bisa kamu ganti setelah jarak tempuhnya sudah 2.000 kilometer.Jika jarak tempuh oli lebih dari 2.000 km sifat pelumas pada oli akan hilang, tak heran jika tarikan mesin mulai berkurang, cepat panas dan terasa lebih boros bbm .

Jangkan sampai jarak tempuh motor matik kamu sudah kelewat 2.000 km lebih oli baru kamu ganti yang baru. Hal ini justru membahayakan kamu karena sewaktu-waktu oli bisa habis yanag membuat mesin tiba-tiba macet.

Setiap dua bulan sekali

Meski jarang dipakai, oli pada sepeda motor juga rutin diganti untuk melindungi komponen dalam mesin dan menghindari endapan oli. Nah, agar motor kamu tetap awet penting untuk mengganti oli mesin setidaknya selama dua sampai tiga bulan sekali. Dengan begitu oli akan bersirkulasi menggantikan oli lama yang sifat pelumasnya sudah hilang.

Setiap 2 minngu sekali

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Jika motor kamu sering menempuh jarak jauh dalam hal pekerjaan, maka penggantian oli bisa dipercepat. Msal rata-rata jarak tempuh motor perhari 200 km, berarti dalam 10 hari oli harus segera diganti. 

Kondisi mesin yang selalu panas membuat jumlah oli semakin berkurang sehingga penting melakukan pengecekan dengan membuka stick pengikir oli. Agar kondisi mesin selalu kondisi prima, pastikan menggunakan oli berkualitas yang sesuai spesifikasi motor kamu. Jika asal dan hanya mementingkan harga murah, justru membuat performa mesin menurun meski pakai pelumas baru.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Selain dari jarak tempuh, kamu juga bisa mengetahu kapan oli motor matik perlu diganti yakni dengan merasakan performa mesin, misal tarikan motor terasa berat, kenalpot cepat panas, itu merupakan salah satu tanda oli motor perlu kalian ganti.

Tarikan motor menjadi terasa berat dikarenakan oli mesin sudah cepat panas sehingga tidak dapat melumasi dengan baik. Ini bisa terjadi saat motor sering terjebak macet atau memaksa motor melajau dengan kecepatan tinggi yang berboncengan atau membawa beban lebih.

Kamu perlu rutin menggati oli motor matik jika sering berjalan melewati jalan menajak seperti pegunungan. Jalanan yang menanjak  dapat membuat oli lebih cepat panas karena mesin selalu digeber atau digas terus agar kuat nanjak. Ini jika berlaku pada kendaraan roda empat.

Nah temen-temen demikianlah ulasan dari jarak ideal waktu ganti oli mesin matic honda vario 125 dan jenis lainya. Dengan rutin merawatnya tentu motor kamu lebih awet dan menekan biaya servis tune up yang butuh biaya banyak akibat pelumas jarang diganti. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas