Cara Setting Setelan Angin Karbu Vario 110 Biar irit

Cara setting setelan angin karbu vario 110 - Hallo dulur... Hal yang wajar Jika pemilik kendaraan melakukan perawan agar performanya tidak menurun dan semakin gesit. Salah satu perawatan rutin yang bisa kita lakukan adalah dengan menggangu oli mesin serta servis ringan untuk mengetahu komponen yang telah aus dan perlu diganti.

Dengan rutin merawatnya secara tidak langsung akan menghemat konsumsi bbm. Nyatanya tak sedikit owner motor menginginkan motornya irit meski dipakai seharian, seperti yang kita tahu motor karbu jelas lebih boros ketimbang yang sudah injeksi.

Agar matic kamu tidak boros, settingan angin karbu tidak boleh sembarangan. Selain membuatnya lebih boros juga membuat motor kurang bertenaga dan responsif.

Meski motor lawas, Vario yang masih menggunakan karburator saat ini masih banyak peminatnya, karena dari desain memang sesuai dengan rata-rata pecinta otomotif masyarakat Indonesia dengan di bekali mesin yang cukup tangguh dikelasnya. Namun tak sedikit yang mengeluhkan Honda Vario lama ini konsumsi bbmnya lebih boros dan banyak yang mengutak atiknya agar lebih irit buat pemakian sehari-hari.

Cara setting setelan angin karbu vario 110 biar irit

Ukuran setelan angin angin dan setelan langsam sepeda motor
  • Motor bebek mempunyai stasioner/langsam sekitar 1.000 - 1200 rpm dan setelan angin 1 1/2 putaran.
  • Motor sport mempunyai stasioner/langsam 1.300 - 1.500 rpm dan setelan angin setikar 2 putaran.
  • Motor matik mempunyai stasioner/langsam sekitar 1.500 - 1.700 rpm dan setelan angin sekitar 1 7/8 putaran.
  • Data bisa dirubah sedikit karena setelan karbu yang benar adalah sesuai dengan permintaan mesin, dengan kata lain sesuai jeritan paling tinggi saat mesin berputar 3.000 rpm.

Cara pertama seeting angin karbu vario 110 biar irit

  • Selanjutnya nyalakan mesin 5 - 10 menit agar mesin mencapai suhu optimal.
  • Pasang tachometer pada bagiaan koil besar, jika tidak ada tachometer bengkel, solusinya dengan memasang tachometer variasi pada sepeda motor yang harganya berkisar 50 ribuan.
  • Setelah terpasang dengan benar tachometer akan menunjukan angka stasioner/langsam dan perhatikan dengan baik.
  • Nah jika kamu tidak menggunakan alat tachometer nagk usah mengikuti cara diatas, yang terpenting posisikan motor kamu pada standar tengah dan nyalakan mesin 5 - 10 menit dan buka jok dan bagasi agar karburator terlihat. Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering
  • Setelah itu putar setelan langsam menggunakana obeng plus dan posisi baut setelan berada di atas karburator. Karena yang kita bahas ini adalah matik lama honda vario 110, beat karbu, dan scoopy karburator.
  • Putar baut kee dalam (kekanan) Setelah hingga menyentuh angka langsam 3000 rpm, nah untuk mengetahuinya gunakan tachometer untuk membaca angka-angka tersebut. Jika tidak memiliki alat ukur tachometer, kamu cukup memutar baut setelahn 2 -3 kali putaran penuh pada setelan langsam.
  • Selanjutnya puat kedalam sampai mentok baut setelan angin menggunakan obeng min (-)  panjang yang posisinya berada di samping kiri karburator.
  • Perlu di ingiat masbro, jika baut stelan angin sudah diputar mentok, maka jangan dipaksa untuk diputar lagi karena bisa merusak karburator.
  • Kemudian putar kembali stelan angin ke kiri secara perlahan-lahan, tujuanya untuk mencari rpm tertinggi dari putaran angin stelan tersebut. Untuk matik Honda biasanya akan ketemu pada dua putaran keluar (kekiri) dari mentok tersebut.
  • Langkah terakhir adalah menyesuaikan aataua menyetel setelan langsam pada rpm 1.400-1.600, karena ini motor matik jadi setelanya beda dengan jenis bebek atau sport.
Cara kedua setting karbu motor vario 110 karbu biar irit

Pertama putar setelan angun ke arah kanan sampai mentok atau tidak bisa diputar kembali, kemudian putar kembali ke arah sebaliknua atau ke kiri sekitar 2-2.5 putaran. Setelan ini berada dibagian kanan body.


Selanjutnya tingal menyetel gas sampai mendekati 3000 - 5000 putaran permenit/rpm. Untuk menyetingnya kamu bisa membuka jok dan lihat lubang kecil diarea bagasi yang tertutup cover kecil, kemudian lepaskan dan akan terlihat baut settingan gas.

Nyalakan mesin dan setting karbu motor vario sampai menghasilkan setelan gas yang pas dengan mencoba memutar gas berkali-kali dalam kondisi mesin nyala hingga mendapatkan stasioner dan tarikan yang enteng.

Settingan baut angin bisa kamu lakukan sampai suara mesin terdengar langsam/stasioner dan tidak terdengar letupan dari knalpot mesipun kecil.

Setelah menemukan posisi ideal mesin tidak gampang mati dan terdengar suara putaran roler weight yang tidak lagi terdengar saat rpm kecil. Jika mendaoatkana setelan itu pada settingan motor matik kamu maka konsumsi bbm akan semakin irit tanpa mengurangi perfromanya.

Nah temen-temen demikianlah dua cara setting angin karbu vario 110 biar irit yang bisa kmu lakukan sendiri dirumah. Kondisi motor yang boros tentu akan menembah beban kamu buat oprasionalnya, jadi rutinlah untuk merawatnya dan lakukan servis secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas