Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Cara memperbaiki mesin cuci yang tidak mau berputar - Hallo dulur... Sama halnya dengan peralatan elektronik lainya mesin cuci juga bisa rusak seiring dengan usianya. Kerusakanya bisa disebabkan beberapa faktor mulai dari komponen yang telah aus, sekring atau kabel putus akibat gigitan semacam tikus.

Mesin cuci yang tidak bisa diputar dan hanya mendengung saja secara tidak langsung menghambat pekerjaan rumah tangga kamu. Masalah ini kerap muncul pada mesin cuci tabung satu maupun terjadi pada tabung dua yang bisa terjadi pada semua merk meski membelinya baru beberapa bulan kemarin.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa mesin cuci tiba-tiba tidak bisa diputar, atau jika bisa berputar namun putaranya terlalu pelan. Tentu ini membuat proses pencucian menjadi kurang maksimal, salah satu penyebab mesin cuci cepat adalah beban load mesin cuci terlalu besar, sehingga membuat kinerja dinamo lebih kuat untuk memutarnya. 

Penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci tidak mau berputar

Jika kerusakan pada mesin tidak terlalu parah, sebetulnya kamu masih bisa memperbaikinya sendiri. Toh.. Beberapa spare part mesin cuci banyak terjual ditoko elektrok, sehingga kamu bisa langsung membelinya untuk mengganti komponen yang telah rusak.

Berikut merupakaan beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada mesin cuci yang menyebabkan tidak bisa berputar.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

1. Timer yang sudah tidak berfungsi dengan baik

Penyebab pertama mesin cuci tidak mau berpuar adalah timer atau komponen pengatur waktu pencucian dan pengeringan sudah tidak berfungsi. Kerusakan pada timer mesin cuci ditandai dengan mesin cuci tidak mau berputar mesi timer sudah dipuar ke kanan.

Kerusakan pada timer mesin cuci ini dikarenakan adanya kabel yang putus atau komponen di dalamnya sudah mulai aus. Oleh karena itu jika saat ini mesin kamu tidak bisa berputar atau putaranya hanya satu arah saja. 

Sementara untuk mengatasinya periksalah switch selector pada mesin tersebut, untuk mengetahui apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika memang ada cobalah untuk mnyambungnya kembali. Namun jika tidak ada kabel yang putus, besar kemungkinan timer sudah rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.

2. Karet Vbelt yang telah aus dan longgar

Penyebab lain yang membuat putaran mesin cuci melemah atau tidak berputara sama sekali bisa disebabkan oleh karet vbelt yang mulai aus atau sudah longgar sehingga kinerjanya sebagai penghubung mesin tidak maksimal lagi. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Untuk emngetahuinya kamu bsa memeriksa langsung karet vbelt pada bagian mesin, jika memang longgar lakukan penyetelan ulang dengan cara menggeser dinamo. Namun ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru, toh harganya juga lumayan terjangkau 15 hingga 30 ribuan.

3. As macet

Mesin cuci yang tiba-tiba tidak bisa berputar juga bisa disebabkan oleh komponen As yang macet. Bisa dikatakan as merupakan salaah satu komponen terpenting di mesin cuci, jika macet akan menghambat putaran dinamo ke tabung pencucian.

Biasanya mesin cuci yang tidak bisa berputar atau putaranya hanya pelan bisa disebabkan kerusakan pada kompone dinamo. Rusaknya dinamo disebabkan adanya kotoran atau tersumbat sehingga mempengaruhi dinamo saat begerak.

Jika memang kerusakanya disebabkan oleh dinamo, kamu bisa membersihkanya sehingga tidak menggangu dinamo berputar. Namun jika sudah dibersihkan dan tetap tidak mau berputar, mungkin ada kapasitor yang putus dan perlu disambung kembali.

4. Lid switch rusak

Lid switch merupakan komponen saklaer yang mendeteksi gerakan pintu mesin cuci saat dibuka tutup.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Jika siklar lid switch ini rusak dan tidak berfungsi, mesin tidak bisa mendeteksi apakah pintu mesin cuci keadaan tertutup atau tarbuka. Seperti yang kita tahu mesin cuci tidak akan berputar jika pintu batungnya keadaan terbuka.

Kerusakan lid qwitch ini bisa terjadi akibat terminal kontaknya mengalami korosi sehingga arus listrik tidak biasa mengalir untuk menyalakan mesin.

Agar berfungsi kembali kamu bisa membersihkan saklar ini, jika tidak mau menyala besar kemungkinan lid switch sudah rusak sehingga kamu perlu mengganti dengan yang baru. 

5. Mesin cuci mendengung tidak mau berputar

Salah satu penyebab mesin cuci tidak mau berputar dan terus mengeluarkan suara mendengung adalah karena muatan didalam tabung yang berlebih. Sehingga dinama tidak mampu untuk memutar tabung mesin cuci.

Jika hal ini terjadi, solusinya cukup gampang yakni dengan mengeluarkan beberapa pakaian didalam tabung yang telah kamu masukan. 

Langkah ini memang bisa membuat proses mencuci baju kotor kamu makin lama, namun setidaknya bisa membuat mesin cuci kamu lebih awet.

Nah temen-temen demikianlah informasi penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci tidak mau berputar dan berdengung. Namun jika kerusakanya cukup parah dan tidak tahu komponen mana yang mengalami kerusakan, tidak ada salahnya untuk menyerahkan ke tukang elektronik langsung agar cepat teratasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas