Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak bisa berputar - Hallo dulur... Keberadaan mesin cuci tentu sangat membantu pekerjaan rumah tangga kita, dimana tidak perlu mengucek dan bersentuhan dengan detergen yang bisa merusak kulit bunda. Namun seiring dengan lamanya pemakian peralatan ektronik ini terkadang mengalami beberapa kerusakan yang bisa menganggu kinerjanya saat mencuci pakian.

Kerusakan mesin cuci dapat terjadi pada semua merk seperti, Sharp, Polytron, Aqua baik tipe tabung 1 atau 2 tabung. Beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada mesin cuci diantaranya mesin pengering atau bocor saat diisi air. Sebetulnya kerusakan semacam ini masih bisa kita perbaiki dengan mengganti komponen yang sudah tidak berfungsi, namun sebelumnya kamu perlu mengetahu penyebab kerusakanya.

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak bisa berputar

1. Cek kelistrikan kabel dan tombolnya

Sebelum mencoba memperbaiki mesin cuci tidak mau berputar dan hanya mendengung atau putaranya hanya pelan, terlebih dahulu kamu perlu mematikan mesin cucinya. Pastikan stop kontak sudah tercabut untuk menghindari tersetrum saat proses perbaikan dan tombol mesin cuci posisi off.

2. Tidurkan mesin cuci untuk memulai proses pembongkaran

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Setelah mesin cuci keadaan off dan memastikan tidak tertancap listrik, kamu bisa memulai memeriksanya dengan cara merebahkan mesin cuci untuk mulai memeriksanya. Agar lebih mudah bongkar cover luarnya dan lihat semua komponen beserta kabel yang ada didalam tabung pencucian dan pengeringnya.

Jika kotor dan banyak debu tidak ada salahnya sekaligus untuk dibersihkan, pasalnya partikel debu dan benda asing lainya juga bisa menghambat kerja dinamo, mengingat mesin cuci merupakan salah satu barang elektronik yang jarang sama sekali dibersihkan.

3. Mengenali penyebab pengering mesin cuci mendadak tidak bisa berputar

Setelah cover luar mesin cuci dilepas, kamu akan belihat kabel dan semua komponen kelistrikan yang ada didalamnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengenali semua komponen-komponen yang mengalami masalah dan mengecek kabel-kabel jika putus akibat gigitan tikus.

Dengan mengetahui bagian-bagian dan komponen mesin cuci nantinya kamu akan mudah mempraktikkan cara memperbaiki penngering mesin cuci baik yang tabung 1 atau 2 yang tidak bisa berputar. 

Ada beberapa kerusakan yang perlu kamu ketahui dari mesin cuci, pertama adalah kapasitor mesin cuci yang rusak.

Jika ini terjadi pada mesin cuci kamu, maka agar dapat berfungsi kembali kamu perlu mengganti kapasitor yang telah rusak dengan yang baru.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Khusus untuk pengering, kerusakan yang kerap terjadi adalah tali rem pengering yang putus. Rem pengering berfungsi agar dinamo pengering yang berputar dapat berhenti secara konstan saat tutup pengering dibuka. Jika tali rem pengering ini putus, maka dinamo akan terus mengerem sehingga mesin pengering tidak bisa bekerja sebagai mana fungsinya.

4. Mengatasi masalah pada tali rem pengering yang bermasalah

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak bisa berputar akibat tali rem bermasalah  ngak terlalu sulit kok, kamu perlu menarik bagina bawah sling rem sehingga membuatnya terbuka kembali. Jika sudah terbuka cobalah untuk memutarnya dengan tangan, jika berputar dengan lancar maka mesin pengering dapat berfungsi kembali.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Selebihnya kamu perlu mengecek semua kabel dan memestikanya tidak ada kebel pengering yang putus atau terkelupas yang membuat bagiaan dalam kabel terlihatyang dapat penyebabkan kosleting. 

5. Mengatasi mesin mengering yang tidak bisa berputar dan hanya mendengung saja

Terkadang mesin mengering pada mesin cuci juga mengeluarkan suara seperti mendengung dan tidak berfungsi dengan baik. Masalah ini biasanya terjadi akibat tali rem yang putus, selain itu mesin cuci yang mendengung juga bisa disebabkan oleh motor train atau dinamo yang telah melemah atau rusak.

Jika hal ini terjadi maka untuk memperbaikinya kamu cukup mengganti beberapa komponen tersebut dan pastikan terpasang pada posisi semula. Pastikan memakai spare part berkualitas, dengan begitu mesin cuci tahan lama tanpa perlu bongkar pasang sekedar perbaikan.

Nah, temen-temen diatas merupakan beberapa cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak bisa berputar dan mendengung atau rusak. Jika kerusakaanya lebih parah tidak ada salahnya mengundang tukang servise elektronik langsung untuk mengetahui penyebabnya. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas