Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Yang Bocor

Penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang bocor - Hallo dulur... Mesin cuci merupakan salah saru perlengkapan elektronik yang memudahkan bunda untuk mencuci pakian. Keberadaanya tentu mempecepat pekerjaan rumah tangga, dengan mencuci pakai mesin kita bisa mengkeringkan pakian sekaligus sehingga saat membantu saat cuaca sedang hujan.

Namun seiring lamanya pemakian tak jarang mesin cuci yang awalnya normal mengalami beberapa permasalahan yang membuat proses mencuci jadi terhambat. Beberapa kerusakan yang kerap terjadi diantaranya mesin pengering mesin cuci tidak bisa berputar atau putaranya pelan dan kebocoran dimana air mengalir dari bawah meski tombol dalam posisi menutup.

Kerusakan pada mesin cuci sebetulnya bisa kita perbaiki sendiri dirumah, namun sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Toh, spare partnya juga banyak terjual ditukang servis elektronik atau perlengakapan elektronik.

Penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang bocor semua merk

Penyebab mesin cuci 1 dan 2 tabung yang bocor disebabkan karena per knop atau klep buka tutup air bilas telah uas. Ya.. Seiring dengan lamanya pemakian dan terendam air sabun terus menerus per knop buka tutup ini akan karatan sehingga meski tombol sudah diputar posisi tutup air masih keluar dari bawah.

Nah, dibawah ini merupakan cara sendiri memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang bocor air keluar terus dan tidak bisa ditutup.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan mesin cuci dalam keadaan off dan pastikan kabel tidak tertancap ke stop kontak.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Selanjutnya buka cover bagian bawah menggunakan obeng plus (+), lepas ke empat baut yang tertancap agar cover mudah dilepas.

Jika sudah terlepas kamu akan melihat knop yang ada talinya. Fungsi knop ini adalah membuka dan menutup jalur air yang dibuang yang dioprasikan melaui diatasnya. Saat tombol diputar posisi buang knop ini akan membuka untuk membuang air dari tabung dan pengeringan. Sebaliknya saat tombol pada posisi tutup knop ini akan menutup jalur airnya.

Jika knop ini tidak berfungsi dan tidak menutup tentunya air yang kita isi dari atas tabung akan mengalir atau bocor kebawah. Hal ini tentu membuat proses mencuci jadi terhambat dan yang pasti pemakian air akan lebih boros.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Untuk mengetahui apakah penyebab mesin cuci yang bocor disebabkan knop rusak, kamu bisa mengeceknya secara langsung dengan membuka tutup knop tersebut. Putar tutup ke kiri secara perlahan kemudian kamu akan menemukan per didalamnya. Jika per tersebut sudah karatan sudah tidak elastis seperti per normal pada umunya, maka sudah dipastikan penyebabnya adalah per tersebut.



Nah agar knop buka tutup air dapat berfungsi kembali temen-temen bisa mengganti per yang rusak tadidengan yang baru. Per tersebut banyak dijual ditoko elektronik atau tukang servis mesin cuci dengan hargaa 40 sampai 70 ribuan. Agar tidak keliru bawa per lama sebagai contoh untuk membelinya.

Jika sudah mendapatkan pernya pasang kembali seperti awal dan kencangkang ke tempatnya dengan memutarnya ke arah kanan. Selanjutnya masukan kedalam knop dan tutup kembali, jangkan lupa untuk memasang tali pengaitnya agar kembali berfungsi. 

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Terakhir pasang kembali cover belakang mesin cuci, karena per ini masih baru tentu agak sulit untuk memasukanya ke dalam knop. Jadi, temen-temen butuh tenaga ekstra untuk menekanya agar tutup knop dapat dipasang kembali.

Nah temen-temen demikianlah penjelasan penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung yang bocor semua merk. Agar awet dan berfungsi dengan baik, kami sarankan membeli ber yang asli sehingga kamu tidak perlu bongkar pasang sekedar perbaikan. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas