Cara Mengatasi Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Berputar Pelan

Cara mengatasi pengering mesin cuci 2 tabung berputar pelan - Hallo dulur... Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang keberadaanya sangat membantu bunda dalam hal pekerjaan rumah tangga yakni mencuci pakaian. Dengan adanya pengering juga membuat cucian lebih cepat kering tanpa perlu dijemur dibawah terik matahari langsung.

Namun seiring dengan lamanya pemakian terkadang mesin cuci mengalami masalah yang membuat proses mencuci jadi terhambat. Beberapa kerusakan yang kerap terjadi diantaranya, mesin cuci bocor, atau tabung mesin cuci tidak mau berputar dan nyatanya kerusakan ini bisa terjadi pada semua merk, sharp, aqua, LG, Polytron, dan lainya.

Kerusakan pada mesin cuci tentu menggangu pekerjaan rumah tanga bunda dalam hal pencuci pakaian. Sebetulnya kerusakan pada mesin cuci bisa kita perbaiki sendiri dengan mengganti komponen yang telah aus dengan yang baru. Namun sebelumnya kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, toh spare part atau komponen mesin cuci banyak dijual ditoko elektronik atau tukang servis.

Cara mengatasi pengering mesin cuci 2 tabung berputar pelan

Pengering mesin cuci 2 tabung putaranya pelan pelan membuat proses pengeringan pakain kurang maksimal, bahkan tidak bisa berputar sama sekali saat pakian terisi penuh. Nah dibawah ini ada beberapa cara memperbaiki atau mempercepat putaran mesin cuci yang bisa kamu utak atik sendiri dirumah.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Mengetahui jalur kelistrikan mesin cuci :

Sebelum masuk ke proses perbaikan mesin cuci, ada baiknya kamu mengetahui diagram jalur kelistrikan dari sebuah mesin cuci, agar pengecekan mesin cuci lebih gampang dan sistematis.

Perhatikan jalur kelistrikan mesin cuci diatas. Pada bagian pengering terdapat 1 kapasitor yang biasanya bernilai sekitar 4-5 micro farad. Sebelum terkoneksi ke sumber tegangan juga terdapat satu buag timer pengering. Setelah temen-temen mengetahui jalur kelistriakn sebuah mesin cuci, kamu dapat menemukan penyebab mesin pengering tiba-tiba putaranya pelan.

Penyebab dan cara memperbaiki pengering mesin cuci putaranya pelan dan berdengung

Ada baju atau uang koin terselip disekitar pengering

Penyebab pertama mungkin terdengar sepela, namun ini pernah saya alami sendiri, dimana saat mengeringkan pakian yang sudah dicuci tiba-tiba putaran pengering tidak normal. Saat dicek ternyata ada uang koin yang terselib disana yang menghambat mesin pengering berputar, selain koin pakian berukuran kecil juga bisa terselip. Jadi untuk mengatasinya kamu cukup mengambial koin yang terselip tadi.

Agar mesin cuci kamu awet, gunakan pengering sesuai kapasitanya. Tak sedikit bunda yang mengisi penuh melebihi kapasitasnya agar mencuci pakian bisa lebih cepat. Tindakan ini dalam jangka panjang justru bisa merusakan komponen dinamo aakibat dipaksa memutar pengering yang terlaly berat.

Motor dinamo pengering lemah

Melemahnya dinamo pada pengering mesin cuci disebabkan adanya gulangan kabel didalam rangkaian dinamo yang mulai terbakar karena faktor usia. Agar dapat berfungsi kembali, untuk mengatasinya kamu perlu mengganti pengering dinamo yang telah lemah.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Untuk memastikanya, sobat dapat mengecek spul atau gulungan tersebut menggunakan alaat bantu ohm meter. Lantas bagaimana cara mengeceknya ? Perhatikan gambar dibawah ini, Pengecekan spul bisa menggunakan ohm meter, yaitu dengan menghubungkan probe merah pada kaki kapasitor pengering dan prooe hitam pada kaki kapasitor pengering yang satunya. Selanjutnya amati jarum ohm meter, bila posisinya masih menyamping jauh menandakan kondisi spul measih normal (tidak putus).

Kapasitor yang mulai lemah

Semua komponen elektronik tentu ada masa pakainya, tak terkecuali kapasitor mesin cuci. Jika memang disebabkan kapasitor, kamu cukup menggantinya dengan kapasitor yang baru yang ukuran dan kapasitasnya sama. Jadi agar tidak salah beli, kamu bisa membawa kapasitor lama sebagai contoh.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Untuk menggantinya kamu cukup membuka cover belakang mesin, nantinya kamu akan melihat kapasitor yang berbentuk bulat memanjang yang umunya berwarna putih. Pastikan saat menggantinya sambungan kabel kapasitor baru tersambung kencang dan tutup dengan isolasi hitam secukupnya untuk menghindari konsleting listrik.

Seal telah aus

Fungsi seal pada pengering adalaah sebagai penahan rembesan air dari tabung dalam pengering. Bagian tengah seal seperti bulatan besi dengan lubang persis ditengah sebagai masukan ass tabung, jika bagian tengah ini sudah bocor, maka akan membuat timbuknya karat dan membuat ass lebih cepat aus. Jika sudah berkarat, maka akan menahan putaran tabung dan membuat putaran dinamo menjadi lebih berat. Alhasil pengering putaranya menjadi lebih pelan saat digunakan.

Posisi pakian yang tidak rata

Kekurangan dari mesin cuci manual dua tabung adalah ribetnya saat menggunakan mesin pengering. Pasalnya, jika pakian yang mau dikeringkan pada posisi mering dan berat sebelah, maka akan menggangu pengering saat berputar. Jika tidak pas, umunya akan mengeluarkan suara berisik akibat benturan dari tabung tersebut dan membuat putaranya kurang maksimal dan tak bertenaga, begitupun juga saat terisi terlalu banyak pakaian.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu cukup memposisikan kembali kapain hingga rata tidak berat sebelah, jika volume atau jumlah pakian yang dimasukan terlalu banyak kamu bisa menguranginya.

Nah dulur, demikianlaah beberapa penyebab dan cara mengatasi pengering mesin cuci 2 tabung perbutar pelan yang bisa kamu perbaiki sendiri dirumah. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas