Cara Melepas dan Memperbaiki Gearbox Mesin Cuci 1 Tabung

Cara melepas dan memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung - Hallo dulur... Jenis mesin cuci satu tabung pintu atas atay top loading penggunaanya lebih simbel ketimbang jenis mesin cuci yang dua tabung. Ya.. kamu cukup memasukan pakain yang kotor dan mengisi air secukupnya dan menunggu proses pencucian sampai selesai, kemudian buang air nya dan langsung mencet tombol pengering tanpa perlu ribet memindahkanya ke tabung yang satunya untuk proses pengeringanya.

Ya.. Mesin cuci satu tabung proses pencucian dan pengeringanya dilakukan pada satu tabung tersebut, tanpa perlu repot-repot memindahkan pakian setelah proses pencucian ke bagian pengering. Dari segi praktisnya, mesin cuci satu tabung top loading semakin banyaak diminati bunda dengan harga yang tidak terlalu mahal. Tentunya berbeda dengan jenis front loading atau pintu depan yang jauh lebih mahal.

Setelah mengetahui dari segi pengunaanya yang tidak terlalu ribet, sekarang kita membahas mengenai biaya perbaikan mesin cuci 1 tabung atau top loading. Secara keseluruhan termasuk spare pratnya jenis ini sedikit lebih mahal ketimbang yang 2 tabung. Karena semua komponen yang ada pada jenis top loading terbilang lebih modern dengan system kerja yang lebih otomatis dari tipe yang satunya.

Sebetulnya mesin cuci yang rusak bisa kita perbaiki sendiri dengan mengganti komponen yang bermasalah, namun sebelumnya kamu perlu mengetahui penyebabnya. Dengan begitu proses perbaikan akan mudah dilakukan, jadi kita perlu menganalisa semua komponenya.

Biaya perbaikan gearbox mesin cuci 1 tabung

Dipasaran harga gearbox mesin cuci 1 tabung atau top loading harganya masih cukup tinggi ya, tergantung merk dan model gearbox yang digunakan. Harga unit gearbox berkisar 250 sampai 450 ribuan, bahkan bisa lebih mahal dan belum termasuk ongkos pasangnya.

Jadi untuk biaya servis perbaikan dan pemasangan gear box yang perlu kamu persiapkan sekitar 700 ribuan. Agar lebih menghemat biaya, saran kami untuk membeli gearbox sendiri dan langsung membawanya ketukang servis untuk pemasanaganya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Cara memasang dan memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung

Agar lebih murah lagi kamu bisa memasang gear box sendiri dirumah, tinggal membalik mesin cuci kemudian lepaskan cover yang menempel. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat pemasangan gear box baru.

Cara membongkar gear box mesin cuci 1 tabung

  • Pertama kamu perlu membuka cover tutup belakang mesin cuci
  • Dengan membongkar bagian bawah mesin cuci, proses penggantian gear box akan lebih mudah. Untuk membuka tutup bawah, kamu bisa melepas semua skrup pengunci motor spiner/pengering mesin cuci.
  • Selanjutnya lepaskan van belt pada motor
  • Rebahkan mesin cuci ke sisi samping aagar lebuh mudah membuka semua skrup yang mengunci bagian bawah mesin cuci. Setelah semua skrup terleppas, tarik semua bagian bawahnya.

  • Setelah terbuka, segera lepaskan sekrup pengunci gear box mesin cuci untuk melepasnya dan kamu bisa mengganti gear box lama dengan yang baru.

Cara memasang dan mengganti gearbox mesin cuci 1 tabung

  • Pastikan diameter pully yang menempel di gear box baru sama persis dengan yang lama/rusak
  • Jika tidak sama persis, gantikan pully baru dengan polly gear box yang lama
  • Kenapa diameter pully harus sama ? Jika ukuranya tidak sesuai dengan yang lama, ukuran pully yang terlalu besar membuat fan belt sulit atau tidak bisa masuk, sebaliknya jika puly terlalu kecil fant belt akan kendur


  • Berikutnya masukan gear box ke lubang dudukan, dengan posisi harus ditengah dan kencangkan baut dengan baik agar posisi gear box tidak miring saat mesin cuci dinyalakan
  • Setelah gear box terpasang dengan baik, selanajutnya pasang motor spinnernya dan rapatkan bagian bawah mesin cuci dan pasang semua sekrup pada posisi semula dengan kuat
  • Selanjutnya pasang fant belt untuk mencucinya
  • Pasang pulsator dan
  • Siap untuk dicoba namun jangan diisikan air terlebih dahulu. Jalankan timer wash, kemudian cek apakah pulsatornya bergerak normal seperti biasanya atau tidak ? Jika semua sudah normal dan berfungsi dengan baik kamu bisa pasang cover mecin cuci tadi.

Nah, demikianlah pembahasan dari cara memperbaiki gearbox mesin cuci 1 tabung yang rusak. Agar lebih awet dan putaranya kencang pastikan menggunakan spare part berkualitas sehingga masa pakainya lebih lama. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas