Penyebab Motor Tiba-tiba Mati Seperti Kehabisan Bensin

Penyebab motor tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin - Hallo dulur... Baik motor baru maupun lama jika jarang dirawat tidak mungkin jika mengalami trobel ditengah jalan terutama saat perjalanan cukup jauh. Dengan melakukan service rutin kita akan tahu komponen mana yang telah aus dan perlu diganti untuk menghindari mogok atau sulit di nyalakan meski menggunakaan kick starter sekalipun.

Perawatan yang tak kalah penting adalah selalu mengganti oli tepat waktu, seperti yang kita tahu fungsi oli pada kendaraan adalah untuk melumasi komponen dalam mesin. Jika tidak ada oli atau lama tidak diganti tentu sifat pelumas pada oli akan hilang sehingga mengurangi performa mesin kamu serta akan kebih boros bbm karena lebih cepat panas.

Pernahkan kamu mengendarai motor tiba-tiba mesin mati mendadak seperti kebahbisan bensin ? Secara tidak langsung kejadian ini membuat panik si pengendara dan kebinggungan mencari bengkel terdekat untuk perbaikan. Ya.. Seperti yang kami jelaskan tadi, motor yang masih baru atau lama semua bisa mengalami masalah.

Penyebab motor tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin

Kondisi busi yang kotor dan sudah terlalu lama



Kondisi busi yang kotor juga bisa menjadi menyebab motor tiba-tiba mati mendadak tersendat seperti kehabisan bensin. Seperti yang kita tahu, busi merupakan salah satu komponen vital  pada mesin motor yang berfungsi menciptakan percikan api untuk peroses pembakaran diruang mesin. Jika tidak apa tentu motor tidak akan nyala.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika memang bisa amengalami masalah, tentu membuat performa mesin kendaraan terganggu, dan salah satunya bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati dan sulit dinyalakan kembali. Sementara untuk cara mengatasinya kamu bisa melepas busi dan cobalah untuk membersihkanya dengan cara mengamplas ujung busi yang menghitam.

Jika usia busi sudah terlalu lama, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru. Busi merupakan salah satu komponen yang rutin dicek mengingat fungsinya yang sangatlah penting, kondisi busi yang selalu terjaga dengan baik tentu membuat mesin bekerja lebih stabil dan terhindar mogok ditengah jalan.

Cop busi kurang kencang



Pemasangan cop busi yang kurang rapat juga bisa membuat mesin tiba-tiba mati. Pemasangan cop busi yang kurang rapat bisa menyebabkan air merembes kedalam dan mengenai busi, sehingga membuat suplai listrik coil ke mesin terganggung.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Jadi agar mesin dapat menyala kembali cobalah untuk melepas busi dan copnya, kemudian keringkan dan pasang kembali hingga rapat sambunganya. Untuk mengatasi hal ini terjadi kembali, gunakan cop busi  yng dilengkapi pelindung karet agar air tidak merembes kedalam.

Terjadi masalah pada main jet


Masalah yang terjadi pada main jet juga bisa jadi penyebab motor tiba-tiba mati mendadak seperti kehabisan bensin. Fungsi main jet pada mesin kendaraan bermotor adalah sebagai penyalur bbm ke ruang pembakaran, sederhananya adalah penyuplai bensin ke ruang pembakaran. 

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Bayangkan jika komponen main jet ini mengalami kerusakan, sudah pasti akan menggangu suplay bensin ke ruang pembakaran. Alhasil tarikan motor akan tersendat-sendat dan bukan tidak mungkain membuat mesin tiba-tiba mati dan sulit hidup kembali.

Masalah main jet bisa terjadi karena adanya sumbatan kotoran yang ikut terbawa bensin. Jadi pastikan sebelum bensin benar-benar masuk kedalam tangki kondisinya bersih agar penyumbatan pada main jet tidak terjadi.

Jikaa main jet sudah mengalami sumbatan kamu bisa membersihkanya dengan cara melepaskan main jet dari karburator, kemudiaan bersihkan seluruh bagianya dengan bensin dan semprotkan angin kompresor bertekanan untuk membersihkan residu di dalamnya.

Keran bensin tertutup



Bensin atau pertamax merupakan bahan bakar kendaraan bermotor, bbm tersebut harus mengalir dengan lancar ke ruang pembakaran agar mesin dapat menyala dengan normal. Suplay yang tersendat sedikit saja dapat mempengaruhi performa mesi, nah motor yang tiba-tiba mati juga bisa terjadi jika keran bensin posisi tertutup.

Letak keran bensin ini umunya berada dibawah tangki atau dekat karburator dan hanya ada pada motor lawas tahun 2000an, jadi untuk motor keluaran terbaru sudah ditiadakan. Jika memang tertutup atau posisi off atau bisa memutarnya ke posisi on agar bensin dapat mengalir kembali.

Ventilasi bensin terhambat



Ventilator bensin memiliki peran penting dalam menyalurkan udara dan mendorong bensin aagar sampai ke ruang karburator untuk proses pembakaran. Jika ventilasi ini tersumbat dan membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik, dapat dipastikan mesin motor akan terasa tersendat-sendat dan bisa menyebabkan mati mendadak.

Dalam kondisi ini hal yang perlu kamu lakukan adalah membesihkan ventilaatornya agar sirkulasi kembali berjalan baik. Caranya, kamu cukup membuka tutup tangki kemudian semprotkan udara dari selang kompresor mengarah kebagian ventilasinya.

Suhu mesin terlalu panas

Overheat atau suhu mesin terlalu panas sangat tidak aman bagi semua jenis kendaraan. Jika motor kamu mengalami overheat kinerja mesin langsung menurun, sehingga membuat pengendara merasa tidak nyaman meski gas sudah diputar penuh.

Jika mesin motor kamu memang terasa panas atau overheat, hal yang perlu kamu lakukan adalah menepi terlebih dahulu dan usahan mencari lokasi teduh. Kemudian matikan mesin dan diamkan beberapa waktu agar suhunya dingin/menurun.

Jika memang kondisi mesin sudah kembali dingin, kamu bisa menyalakan mesin untuk melanjutkan perjalanan. 

Saat suhu mesin terasa panas, jangan dipaksakan kendaraan untuk terus melaju. Jika dipaksakan justru menimbulkan masalah yang cukup fatal pada komponen mesin.

Penyebab motor bisa overheat karena mesin dipaksa untuk bekerja menempuh perjalanan jauh tanpa istirahat sama sekali dan bisa jika disebabkan volume oli yang terlalu sedikit atau kualitas oli yang sudah tidak baik karena jarang diganti.

Nah temen-temen demikianlah ulasan penyebab motor tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin yang perlu kamu ketahui. Jadi jika hal ini terjadi saat perjalanan jauh, usahakan tetap untuk berfikir jernih mencari solusi memperbaikinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas