Cara Memperbaiki Pembuangan Air Mesin Cuci 2 Tabung Mampet

Cara memperbaiki pembuangan air mesin cuci 2 tabung mampet - Hallo dulur... Keberadaan mesin cuci tentu sangat membantu bunda dalam hal pekerjaan rumah tangga, dimana mencuci tidak perlu capek-capek mengucek, tinggal pencet pakian akan langsung bersih dan kering dengan sendirinya. Sehingga kegiatan cuci-mencuci lebih mudah, efisien dan bisa ditinggal kemanapun saaat proses pencucian berlangsung.

Tidak hanya satu, mesin cuci ada dua pilihan yang bisa bunda pakai yakni tipe dua tabung dan satu tabung yang lebih modren dengan fitur lebih lengkap. Namun mesin cuci dua lubang masih banyak diminati karena harganya yang lebih murah dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat dan tidak butuh tandon air dan pompa otomatis. Toh keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni mencuci pakian.

Mesin cuci dua tabung memakai pengaturan semi manual dengaan timer dan belum menngunakaan modul digital. Begitupula saat proses pencucian dan pengeringanya terpisah, jadi saat proses pengeringan kita perlu memindahkan pakian ke lubang satunya yng umunya ukuranya lebih kecil dari lubang pencucian.

Ini jelas beda dengan mesin cuci tipe satu tabung, dimana proses pencucian dan pengeringan terjadi pada satu tabung. Jadi kita tidak perlu repot-repot memindahkanya untuk proses pengeringan.

Namun selain harga, kelebihan mesin cuci 2 tabung adalah saat terjadi kerusakan kita bisa memperbaikinya sendiri dengan mudah dengan biaya servis lebih murah dibandingan 1 tabung yang system pengoprasionalnya sudah elektrik. 

Cara memperbaiki pembuangan air mesin cuci 2 tabung yang mampet

Salah satu kerusakan dan kendala yang kerap terjadi pada mesin cuci 2 tabung adalah pembuangan air yang hanya keluar sedikit atau benar-benar mampet sehingga air bekas cucian tidak bisa keluar. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kerusakan pada mesin cuci tidak bisa dianggap remeh karena bisa menggangu kinerjanya dan apabila air bekas cucian tidak segera dibuang tentu akan menimbulkan bau yang kurang sedap serta membuat proses cuci mencuci menjadi kurang nyaman.

Nah, dibawah ini merupakan cara memperbaiki pembuangan air mesin cuci 2 tabung yang tidak bisa keluar atau mampet :

Membuka cover belakang mesin cuci

Sebelum proses perbaikan berlangsung pastikaan mesin dalam keadaan mati dan kabel tidak menancap stop kontak. Jika sudah keluarkan air yang terjebak dari dalam tabung, untuk mengurasnya kamu bisa menggunakan gayung atau semacamnya, kuras hingga tidak ada air yang tersisa dan lakukan dengan hati-hati agar air tidak mengenai tombol wash dan spin karena bisa menimbulkan kosleting.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Nah agar mudah dikerjakan kamu perlu merebahkan mecin cuci dan buka cover/tutup belakang mesin menggunakan obeng plus. Setelah semua baut terlepas, buka cover secara perlahan agar tidak ada bagian yang patah.

Setelah terbuka kamu akan melihat knop yang ada talinya, knop inilah yang yang bertugas membuka dan menutup saluran pembuangan air. Saat knop tidak bekerja tentu air didalam tabung tidak bisa keluar dari selang pembuangan. Air pencucian yang tidak bisa keluar justru akan mengalir ke tabung pengeringan.

Membuka knop pembuangan

Selanjutnya buka knop yang ada talinya tersebut dengan memutarnya ke kiri, setelah terbuka kamu akan melihat endapat kotoran yang menumpuk. Kotoran inilah menyebabkan sumbuatan sehingga saat knop diputar posisi buang air tidak bisa mengalir keluar. Buka knop secara perlahan karena di dalamnya ada pernya.

Seiring lamanya pemakian kotoran dan sisa sabun saat proses pencucian akan mengendap dan menumpuk pada karet seal ini, sehingga jika kotoran yang menempel semakian banyak akan menimpulkan sumbatan.



Agar dapat berfungsi kembali bersihkan knop tersebut dengan perlahan agar seal karet tidak rusak. Cukup merendamnya kedalam air sabun cuci piring dan bersihkan dengan tangan, tidak disarankan menggunakan sikiat atau sejenisnya ya lur, karena akan menimbulkan kerusakan pada karet seal.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Jika sudah bersih pasang knop seperti semula, pasang kembali tali pengaitnya dan jangan lupa memasang pernya. Terakhir pasang kembali tutup cover belakang dan mesin cuci kamu sudah normal kembali. Jika ditemukan kareat seak knop sudah rusak atau sobek alangkah baiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

Nah, demikianlah penjelasan cara memperbaiki pembuangan air mesin cuci 2 tabung yang mempet dengan membersihkan karet seal knopnya. Jika bisa melakukanya sendiri tentu kita akan lebih hemat biaya servis. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakah kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas