Perbendaan Oli MPX dan SPX AHM : Mana Yang Lebih Unggul

Perbedaan oli mpx dan spx - Hallo dulur... Fungsi oli pada kendaraan adalah melumasi semua komponen yang ada diruang mesin, seiring lamanya pemakian kualitas pelumas ini akan semakin menurun. Ini bisa dilihat dari warna oli yang awalnya bening ke emasan menjadi hitam pekat dan lebih kental, bahkan volumenya dapat berkurang atau habis jika lama tidak diganti.

Mengingat fungsinya yang sangat vital pengguaan oli tidak bisa asal, pilihlah oli yang sesuai spesifikasi dan tipe mesin motor kamu. Dengan begitu fungsi pelumas pada oli akan berjalan dengan baik sehingga tarikan mesin lebih enteng, tidak cepat panas dan bisa irit bbm.

Sebetulnya pabrikan motor sudah memproduksi oli sendiri yang spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaaraan yang diproduksinya. Misal motor Yamaha sudah ada oli khusus yakni Yamalube dan pada motor Honda sudah ada oli khusus yakni AHM baik untuk matik dan manual.

Perbedaan oli MPX dan SPX AHM untuk motor Honda

AHM merupakan onderdil atau sparepart termasuk oli dimana diproduksi khusus buat kebutuhan motor honda baik untuk matic, bebek atau sport. Untuk pelumas AHM mengeluarkan beberapa varian pilihan diantaranya SPX 1, SPX 2, MPX 1, MPX 2 serta oli gardan. Pada kode 1 diperuntukan buat jenis motor kopling kering dan kode angka 2 diperuntukan buat motor kopling basah.

Namun oli dari AHM ini tidak diperuntukan buat motor Honda saja, melainkan pabrikan motor lain seperti Yamaha, Suzuki dan lainya juga bisa menggunakaanya sebagai pelumas mesin. Hal tersebut tergantung selera pemilik kendaraan dan kepercayaan pada produk yang dipakai.

Jika saat ini kamu tertarik penggunakan oli AHM sebagai pelumas mesin motor kamu, namun masih binggung mengetahaui apa perbedaan dari oli MPX dan SPX ini. Maka untuk menjawabnya kamu bisa melihat penjelasanya sebagai berikut.

1. Perbedaan bahan

Perbedaan pertama adalah kandungan bahan yang digunakan untuk membuat pelumas tersebut. Dimana oli MPX terbuat dari bahan mineral murni. Sementara SPX terbuat dari bahan utama full synthetic. Namun meski terbuat dari bahan berbeda, tingkat kekentalan kedua jenis oli ini ada yang sama.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

2. Daya tahan oli

Perbedaan berikutnya terdapat pada daya tahan oli, dimana oli MPX memiliki masa pakai yang lebih lama, dan ini menjadi salah satu kelebihan menggunakan oli MPX sebagai pelumas mesin. karena bahan utamanya dari mineral murni maka hasil pembakaran dari oli MPX lebih ramah lingkungan.

3. Kapasitas oli

Sementaradari segi kapasitas/jumlah oli, kedua jenis oli AHM ini memiliki jumlah yang sama. Hal tersebut didasarkan dari kebutuhan mesin dan tingkat kekentalanya. Adapun kapasitas yang ditawarkan dari oli MPX dan SPX diantaranya 800 ml, 1000 ml, dan 1200ml.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

4. Harga oli

Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari segi harga. Dimana oli SPX sedikit lebih mahal dibandingan MPX, baik  MPX 1, MPX 2 atau SPX 1 SPX 2. Bukanya tanpa alasan ini dikarenakan bahan utama pembuatan oli SPX memang jauh lebih mahal. 

5. Jenis motor

Sementara jenis motor yang yang dapat menggunakan kedua oli AHM ini sebenarnya sama saja. Adapun perbedaan jenis motor yang dapat menggunakan oli motor ini berdasarkan dari tingkat kekentalanya. Oli dengan tingkat kekentalan 20W-40 idelnya lebih diperuntukan buat motor dengan jenis kopling basah.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Sedangkan untuk jenis oli dengan tingkat kekentalan 10W-30 pemakianya lebih diperuntukan buat jenis motor tipe kopling kering seperti pana motor matik. 

Jadi kesimpulanya oli MPX atau SPX bisa dipakai untuk jenis motor yang sama, asalkan tingkat kekentalan oli sesuai dengan jenis motor tersebut.

6. Perbedaan kemasan

Perbedaaan selanjutnya bisa kita lihat dari desain dan warna kemasanya. Botol kemasan AHM SPX berwarna orange, sementara AHM MPX kemasanya berwarna putih dengan warna penutup botol yang berbeda.

Warna tutup botol dibedakan berdasarkan dari nomor atau tingkat kekentalan oli. Warna tutup AHM SPX 1, MPX 1 dan MPX 3 berwarna merah, sementara tutup kemasan oli SPX 2 dan MPX 2 berwarna biru. 

Nah temen-temen, demikianlah penjelasan singkat perbedaan oli MPX dan SPX AHM untuk motor manual dan matik. Agar mesin kamu selalu daalam performanya mastikan menggunakan pelumas sesuai spesifikasi mesin dan menggantinya secara berkala.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas