Cara Mengatasi Mesin Cuci 1 Tabung Air Keluar terus

Penyebab dan cara mengatasi mesin cuci 1 tabung air keluar terus - Hallo dulu... Dengan adanya mesin cuci bunda akan terasa terbantu, dimana proses mencuci tidak perlu menggucek atau menggosok dengan tangan. Sekaran tinggal pencet dan pakain akan bersih dengan sendirinya, malahan sudah ada alat pengeringnya sehingga menjemur pakian tidak perlu dibawah sinar matahari langsung.

Terdapat dua pilihan untuk alat mencuci pakian ini diantaranya tipe tabung satu dan tabung 2. Keduanya memiliki kelebiahan dan kekurangaan masing masing. Jenis satu tabung ini banyak dipakai usaha loundry, mesin cuci 1 tabung memang lebih praktis dimana proses pencucian dan pengeringan terjadi pada satu tahung sehingga tidak perlu repot memindahkanya untuk pengeringan.

Namun baik jenis mesin cuci satu atau dua tabung seiring dengan lamanya pemakian tentu tak luput dari kerusakan. Kerusakan yang kerap terjadi pada mesin cuci 1 tabung adalah air yang keluar terus dari bawah meski pasokan air telah matikan. Selain boros air kerusakan yang terjadi juga membuat performa mesin kurang maksimal saat proses pencucian.

Penyebab dan cara mengatasi mesin cuci 1 tabung air keluar terus dari bawah

Jika mesin cuci 1 tabung rusak yang terbayang adalah biaya servis yang mahal, pasalnya sistem sistem oprasionalnya sudah elektrik semua. dibandingkan 2 tabung yang masih manual. Nah agar tidak kena biaya mahal kerusakan semacam ini sebetulnya masih bisa kita perbaiki sendiri dengan mengikuti langkahnya sebagai berikut :

Penyebab mesin cuci 1 tabung air keluar terus dari bawah

Sebelum naik tahap perbaikan ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui penyebab kerusakannya. Sehingga kamua akan mengetahui mengapa mesin cuci mengalai kerusakan, berikut ulasanya :

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

1. Klep yang telah aus atau sobek sehingga menyebabkan air terus mengalir keluar meski posisi tombol sudah dalam keadaan tertutup.

2. Klep yang getas, umunya klep terbuat dari matrial karet sehingga akan mengalami getas seiring berjalanya waktu.

3. Kerusakan pada per atau berkarat, karena per terbuat dari matrial besi tentu akan mengalami korosi/karat jika terkena air terus menerus. Sehingga jika per ini sudah berkarat tentu mengurangi fungsinya. 

Ya.. Meskipun pabrikan mesin cuci suduah mendesain sedemikian rupa untuk menghindari per terkena air, nyatanya masih ada celah yang membuat air masuk dan merendam per tersebut sehingga mengakibatkan karat dan rusak.

4. Seiring lamanya pemakian kotoran serta sisa detergen akan menumpuk dan menimbulkaan sumbatan sehingga knop/klep pembuangan air tidak bisa tertutup sempurna.

Peralatan untuk proses perbaikan

Tentunya kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan pendukung proses perbaikan. Berikut beberapa peralatan yang perlu kamu persiapkan :

Kunci obeng plus

Per (Jika kerusakan terjadi pada per)

Klep (Jika kerusakan terjadi pada klep)

Proses perbaikan

Pertama pastikan mesin cuci keadaan mati dan kabel tidak tertancap stop kontak untuk menghindari korsleting. Selanjutnya buka tutup/cover belakang mesin menggunakan obeng, lepaskan secara perlahan agar tidak pecah. 

Baca juga 

Tidurkan mesin cuci agar mudah diperbaiki dan mastikan tidak ada air yang tersisa di dalam tabung mesin cuci. Selanjutnya buka selang pembungan dengan melepas klem pengaitnya, setelah terbuka cek bagian dalam selang. Biasanya banyak kotoran yang menumpuk atau benda-benda kecil sehingga menimpulkan sumbatan, maka kamu perlu membersihkanya agar pembuangan berfungsi dengan baik.


Jika selang pembuangan bersih, penyebabnya bukan kotoran yang menyumbat. Maka untuk mengeceknya lebih lanjut dengan membuka pipa pembuangan untuk mengecek karet seal dan klep. Jika belum pernah dibuka pipa ini akan keras karena ada lemnya. Jadi untuk membukanya kita perlu mencongkelnya secara perlahan kemudian putar kekiri hingga terlepas.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras



Jika sudah terlepas cek karet sealnya apabila telah getas atau sobek maka kamu perlu menggantinya agar pembunuhan air mesin cuci berfungsi kembali.

Jika seal dirasa masih bagus tidak ada yang sobek maka bisa dipastikan penyebab mesin cuci 1 tabung air keluar terus dari bawah disebabkan per sudah aus/berkarat. Maka untuk memastiknya kamu perlu melepas karet sel untuk mengecek pernya, jika sudah tidak elastis atau berkarat maka kamu perlu menggantinya. 

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Semua sparepart mesin cuci 1 atau 2 tabung bisa kamu temui ditoko elekteronik atau tukang servis. Agar tidak keliru pastikan kamu membawa contoh komponen yang akan kamu ganti.

Jika semua serangkin perbaikan tadi sudah berjalan dengan baik maka langkah terakhir adalah memasang semua komponen yang telah kita lepas ke posisi semua termasuk cover/tutup mesin cuci.

Nah temen-temen demikianlah serangkain ulasan penyebab dan cara mengatasi mesin cuci 1 tabung air keluar terus dari bawah. Dengan melakukan perbaikan sendiri tentu kita bisa menghemat biasa servis hingga ratusan ribu rupiah. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas