Ciri-ciri dan Gejala Water Pump Mobil Rusak

Ciri-ciri dan gejala water pump mobil rusak -  Salah satu komponen mesin mobil yang keberadaanya sangatlah vital adalah sistem pendingin water pump. Seperti namanya perangkat ini berfungsi untuk mempompa air pendingin coolant dari radiator ke mesin dan mesin ke radiator. Saat mesin dinyalakan air ini akan selalu dipompa untuk menyerap hawa panas dari mesin dan di dinginkan ke radiator kemudian diputar kembali.

Water pump atau pompa air membuat air pendingin coolant dapat bersirkulasi dengan baik dan proses pendingin mesin akan berjalan dengan baik. Sama halnya dengan komponen lainya water pump ini juga kerap mengalami keursakan sehingga menggangu proses pendinginan mesin. 

Water pump yang mengalami kerusakan membuat mesin lebih cepat panas. Jika terus menerus digunakan akan menyebabkan mesin overheat dan berdampak kerusakan pada komponen mesin lainya. 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan komponne mobil yang lebih parah seperti cilinder head bengkok akibat panas mesin berlebih overheat gejala water pump rusak perlu terdeteksi sejak dini agar proses pendinginan mesin tidak terganggu.

Ciri-ciri dan gejala water pump mobil rusak

1. Suara mesin terdengar decitan


Baca juga Perbedaan Air Radiator coolant Merah dan Hijau, Mana Yang Lebih Bagus ?

Ciri-ciri pertama jika water pump mobil rusak adalah munculnya suara munculnya suara berisik dari area mesin. Munculnya suara decitan tersebut berasal dari tali kipas water pump atau sering disebut dengan drive belt.

Saat drive belt sudah kendur dan pecah-pecah karena faktor usia membuat putaran water pump saat mempompa air radiator menjadi kurang maksimal. Jadi agar berfungsi dengan baik maka kamu perlu mengganti vbelt tersebut dengan yang baru.

2. Munculnya suara mendengung dari water pump

Bunyi mendengung terjadi saat bearing(bantalan) yang terpasang pada water pump sudah oblak. Seiring lamanya pemakian, bearing ini akan mengalami kerusakan.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Saat beraing ini aus maka membuat poros water pump putaranya menjadi oleng sehingga menimbulkan suara mendengung disekitar area water pump. 

Nah jika tandai ini terjadi pada mobil kamu maka segeralah untuk mengganti bearing tersebuat agar sirkulasi air pendingin tidak terganggu.

3. Mesin cepat panas



Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Mesin overheat atau suhu mesin yang berlebih merupakan gejala yang kerap terjadi saat water pump rusak. Pompa air yang rusak menyebabkan sirkulasi air pendingin di dalam ruang mensin menjadi tidak berjalan  sehingga air di dalam radiator dan tabung reservoir akan cepat habis akibat panas berlebih.

Saat suhu mesin panas berlebih atau overheat akan menimbulkan tekanan dan membuat air radiator terdorong keluar melalui tabung reservoir tank. Akibatnya, mesin tidak mendapatkan pendinginan yang cukup sehingga air radiator akan mendidih dan membuat mesin overheat.

4. Adanya rembesan air radiator diarea water pump


Munculnya rembesan air di sekitar bodi water pump akan menimbulkan kerak. Jika menggunakan air bisa, bekas rembesan akan tampak bening sedikit keruh jika sudah lama. Jika menggunakan air pendingin coolant, umunya akan berwarna hijau keputihan atau kemerahan tergantung warna coolant yang kita pakai. Munculnya rembesan tersebut menandakan water pump sudah mulai berkarat.

Selain bekas rembesan, air pendingin yang selalu bocor dan menetes ke lantai sekitar carter oli juga mendantakan terjadi kerusakan pada water pump atau malah sudah jebol.

5. Fan radiator tidak berhenti berputar


Saat water pump rusak suhu mesin menjadi panas berlebih sehingga kipas radiator akan selalu berputar untuk mendinginkan suhu mesin. 

Jika dirasa kipas radiator berputar terus menerus dan indikator termperatur mesin naik maka kamu bisa menipi terlebih dahlu untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Jika memang sirkuali air pendingin terhambat menandakan terjadi masalah pada water pump.

Nah, itulah tadi beberapa informasi ciri-ciri dan gejala water pump mobil rusak yang perlu segera kamu perbaiki untuk menghindari kerusakan merambat ke kemponen lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas