Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS Terlengkap

Perbedaan vario 160 abs dab cbs - Hallo dulur... Dari tahun ke tahun pecinta motor bertransmisi automatik semakin meningkat bahkan kaum Adam pun sekarang banyak yang menggunakannya. Bahkan saat ini banyak motor matic berCC besar sehingga lebih bertenaga dan ringan saat tanjakan.

Salah satu motor matic ber CC besar yang masih jadi incaran adalah Honda Vario 160.  Selain kapasitas mesinnya yang besar Vario tipe terbaru ini juga dibekali fitur-fitur canggih sehingga berkendara akan terasa nyaman dan aman.

Dan saat ini all new Honda Vario terdapat dua varian tipe yakni ABS dan CBS. Sekilas keduanya memiliki desain body yang sama dan tidak ada perbedaan yang signifikan, namun jika dilihat lebih detail jelas kedua matic Honda ini ada perbedaan terutama pada fitur yang disematkan.

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

1. Sistem pengereman

Perbedaan pertama yang bisa kita lihat adalah pada sistem pengeremanya. Pada Vario 160 ABS sudah dilengkapi dengan model rem disk cakram pada roda depan dan belakang.


Sementara Vario 160 CBS rem cakram hanya ada dibagian roda depan saja, sedangkan rem belakang masih menggunakan rem tromol model lama.

Teknologi rem ABS memang lebih aman dibandingkan dari CBS. Sebab rem ABS bekerja menggunakan sensor yang biasanya dipasang dekat cakram. Sensor tersebut akan membaca secara konstan kecepatan roda menggunakan algoritma dan membandingkanya dengan putaran roda satunya.


Jadi saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak dan keras, maka sensor ABS akan mengirimkan sinyal untuk mengurangi tekanan dan kaliper akan melakukan pengereman secara bergantian. Sehingga saat roda berputar kencang tidak  langsung mengunci dan pengendara akan lebih mudah mengontrol laju motornya. 

Dengan adanya ABS membuat pengereman lebih aman dan optimal. Pasalnya, rem depan dapat memiliki jarak pengereman yang lebih pendek dan rem belakang jangka waktu pengeremannya lebih panjang. Maka dari itu, dengan mengkombinasikan rem depan dan belakang pengendara akan lebih aman saat melakukan pengeremen mendadak tanpa khawatir tergelincir.

Jadi, saat salah satu tuas rem ditekan kuat, maka tuas rem yang satunya setara otomatis akan tertarik atau mengerem. Misal, jika kita menggunakan rem depan pada rem belakang akan ikut tertarik, begitu sebaliknya.

2. Fitur parking brake lock


Vario 160 ABS menggunakan dua cakram pada rem depan dan belakang. Sehingga area setang dari motor matic besar ini dilengkapi oleh dua master rem. Alhasil fitur parking brake lock ditinggalkan untuk tipe ABS. Sedangkan fitur parking brake lock pada tipe CBS masih terpasang, karena rem belakangnya masih memakai tromol.

3. Layar MID

Vario tipe terbaru ini speedometernya juga sudah digital sehingga lebih kekinian dengan informasi yang leebih lengkap antara lain idikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, jam diginal, indikator smart key, indikator tegangan baterai, fuel consumption, trip meter, indikator penggantian oli, indikator ISS. Hanya saja pada tipe CBS tidak dilengkapi indikator ABS.

4. Bobot


Perbedaan vario 160 ABS dan CBS berikutnya adalah dari segi ukuran/bobot. Tentu saja dengan penambahan fitur ABS serta penambahan rem cakram belakang membuat Vario 160 ABS lebih berat dari Vario CBS. Bobot CBS 115 kg dan berat vario ABS 117 kg, jadi selisih 2kg.

5. Harga

Harga Vario CBS Rp 26.539.000 sedangkan Vario ABS Rp 29.264.000. Jadi selisih harganya hanya 2 jutaan. Harga tersebut dapat berubah tergantung domisili tempat tinggal kamu.

6.  Warna

Perbedaan berikutnya ada pada pilihan warna dan embelm. Tipe CBS terdapat beberapa pilihan warna meliputi Active Black, Grande Matte Red dan Grande Matte Balck. Grafis yang terpasang pada vario cbs masih menggunakan sticker. 

Sedangkan untuk tipe ABS terdapat pilihan warna Active Balck, Grande white dan Grande Black. Dan khusus tipe ABS menggunakan emblem/grafis 3D yang semakin memberi kesan lebih premium dan elegan.

7. Warna velg

Pada Vario CBS menggunakan warna velg hitam dan tipe ABS warna velgnya burnt titanium yang membuatnya lebih berkelas.

Soal mesin Vario 160 kini berkapasitas 160cc 4 katup eSP+ berpendingin cairan, yang mampu mengurangi gesekan dan menghasilkan tenaga maksimal hingga 11.3 kWW @8500 rpm dengan torsi puncaknya 13,8 Nm @7000 rpm.

Vario tipe terbaru ini juga sudah tersematkan fitur USB charger type A dan sudah tersedia soket untuk melakukan pengisian daya bateray HP tanpa perlu menggunakan tambahan adapter.

Demikianlah beberapa perbedaan vario 160 ABS dan CBS dari spesifikasi mesin serta beberapa fitur tambahanya. Karena ukuranya yang besar kedua matic ini sama enaknya saat perjalanan jauh dan melewati jalan rusak. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas