Yuk Intip Perbedaan dan FUNGSI Cat Duco dengan Cat Sintetis,


Perbedaan Cat Duco dengan Cat Sintetis- Untuk menghasilkan warna yang glosy kita perlu mengetahui fungsi dan kualitas bahan yang dipakai. Jangan sampai estimasi biaya dan waktu terbuang sia-sia setelah melihat hasil garapan sendiri kurang begitu maksimal khususnya untuk pemula.

Tidak hanya tidak hanya cat, kita perlu memahami perbedaan thinner A dan super serta mengetahui bedanya cat dasar dengan epoxy serta bagaimana cara menggukanya terutama saat proses mixing. Jika diulas lebih daalam sebenarnya cukup banyak bahan yang dipakai saat repair baik untuk dempul atau kompon yang di pakai pada akhir finishing.


Sedangkan untuk bahan cat yang dipakai adalah Duco paint. Ya disepanjang jalan banyak bengkel repair yang menyediakan jasa cat duco khusunya pada kendaraan mobil dengan segudang kelebihan yang dimilikinya. Jangan sampai malah membeli cat sintetis buat ngecat mobil anda.

Nah, biar ngak keliru dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat perbedaan dan fungsi cat Duco dengan cat sintetis.

CAT DUCO

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya duco paint, sebetulnya jasa cat duco banyak dijumpai pada bengkel reapair pinggir jalan baik untuk mobil serta mengecat bidang kayu yang sebelumnya sudah dilapis sending terlebih dahulu. Baca juga Dempul Alfagloss VS Sanpolac, Bagusan Mana ?


Perbedaan yang paling menonjol pada cat duco adalah proses pengaplikasianya memakai spraygun, bila memakaikuas maka akan percuma, karena sifatnya cepat kering. Sadangkan untuk pelarutnya wajib memakai thiner, bila pakai bensin tidak bisa tercampur dengan sempurna.

KELEBIHAN MENGECAT MOBIL DENGAN DUCO PAINT


  • Proses pengerjaan lebih cepat
Ya proses pengerjaan cat duco memag tergolong cukup singkat, bahkan tanpa ruang oven cat dapat kering kurung waktu satu hari. Bahkan bila bidang yang dicat tidak begitu lebar 3-4 jam mobil sudah bisa dikendaraan tanpa kawatir cat akan rusak karena masih basah. Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

  •  Mudah diaplikasikan
Seperti yang sudah saya katakan tadi, cat duco mudah digunakan meski masih pemula, tinggal campur thinner dengan takaran pas dan diaplikasikan pakai spary gun dengan tekanan angin dari kompresor serta memiliki banyak pilihan warna baik tipe solid atau metalik.

  • Harga lebih murah
Untuk urusan harga cat duco memang tergolong cukup murah, 1kg nya saja hanya 65-80 ribu. Sedangkan untuk warna metalik 120-150rb, harga tertinggi adalah warna merah.

Tak heran jika jasa cat Duco cukup murah, untuk cat mobil full body sedan saja dikenakan biaya 2-3 juta. Beberapa merk cat duco diantaranya Top color, Penta super gloss, Glossy, Suzuka, Danagloss, laba laba atau Stilgloss.

Meski memiliki banyak kelebihan, seiring perkembangan zaman cat Duco mulai ditinggalkan pasalnya kualitas warna yang dihasilkan kurang begitu cerah serta gampang pudar 1-2 tahun.

Seiring dengan perkembangan zaman saat ini Duco paint mulai ditinggalkan para tukang cat dan beralih ke cat PU polyurethane dengan memiliki beberapa keunggulan diantaranya :

Mudah diaplikasikan, warna cat lebih tajam setara dengan cat bengkel oven/pabrik. Sehingga sagnat bagus diaplikaskan pada kendaraan mewah sekelas honda jazz maupun Toyota Fortner. Karena memiliki kualitas lebih baik harga cat PU 3x lipat lebih mahal dari cat duco, untuk 1 kg nya bisa 250 ribuan bahkan ada yang 500rb pada varian warna tertentu.

CAT SINTETIS

Bebeda dengan cat duco fungsi dari cat sintetis lebih banyak dipakai bengkel tralis atau pengecatan pada pagar rumah dan sejenisnya. Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula


Cara menggunakanya pun cukup sederhana, cukup dicampur dengan bensin/pertalite bisa diapliasikan dengan spraygun atau memakai kuas. Untuk proses pengeringanya butuh waktu cukup lama, seperti yang kita tahu bensin lebih lama menguap ketimbang thinner.

Berbeda dengan Duco paint, cat sintetis akan langsung mengkilap tanpa dilapis pernis sekalipun layaknya cat minyak. Sedangkan harga cat sintetis sangatlah murah hanya 50-70rb per kaleng ukuran 1kg.

Beberapa merk sintetis diantaranya Dulox, Advian, Ftalit atau propaint. Tentu cat sintetis ini tidak kami sarankan dipakai buat ngecat mobil ya masbro, pasalnya dari segi kualitas serta glossy yang dihasilkan masih kalah dengan cat Duco.

Jadi sudah tahu ya masbro perbedaan cat Duco dan cat sintetis, jangan sampai keduanya salah diaplikasikan. Saran saya bila pengen mengeca mobil sebaiknya gunakan tipe cat PU, lebih awet serta memberikan warna yang lebih tajam. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas