100% KUAT.. Cara Menambal Body Mobil Kropos Tanpa Las

Cara menambal body mobil kropos tanpa las - Bagi pemilik mobil tua mungkin akan dipusingkan dengan yang namanya karat. Yaa karat ini secara perlahan namun pasti akan menggeroti bagian demi bagian terutama pada panel yang berbahan besi termasuk lantai atau sasis. Sisi bawah kendaraan ini memang sering bersentuhan langsung dengan berbagai kotoran serta terkadang masih ada endapan air hujan yang menyelinap dan parahnya dibiarkan begitu saja tanpa dibilas dengan air sumur.

Tak hanya terjadi pada kendaraan lawas, penyakit kropos juga banyak dijumpai pada mobil keluaran terbaru seperti avanza, agya, kijang inova bahkan honda jazz. Timbulnya karat ini disebabkan lapisan terluar plat semacam cat anti karat terkelupas sehingga besi terekspos sehingga timbul karat saat terkena air hujan ataupun air laut. 

Bila dibiarkan karat akan menyebar dan menyebabkan plat body mobil semakin tipis bahkan bolong. Satu satunya jalan agar karat tidak semakin menyebar adalah dengan memotongnya dan menggantinya dengan plat baru. Saran kami sebaiknya ganti plat galvanis dimana sudah terlapis anti karat sehingga lebih awet. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Namun tahukah kamu, biaya las juga perlu dipertimbangkan. Untuk biaya las lantai sekelas mobil sedan saja mencapai 1.5 bahkan 2 jutaan bila kondisinya parah, belum lagi kita perlu mengeluarkan biaya pengecatan yang tak sedikit pula. Ya selain biayanya terbilang mahal proses pengerjaan juga memakan waktu yang lama ditambah waktu pengecatan.

Cara menambal body mobil yang kropos tanpa las

Sebetulnya body mobil yang bolong masih bisa kita atasi sendiri dirumah tanpa perlu repot membawanya ke tukang las, yakni dengan menambalnya pakai serat fiber yang banyak dipakai untuk menambal atap rumah atau plafon gipsun yang bolong.


Yaa..Selain untuk keperluan bahan bangunan ternyata serat fiber juga diaplikasikan buat tambal body dan sasis mobil yang keropos. Namun sebelumnya siapkan beberapa bahan pendukung diantaranya :

Serat fiber, untuk jumlahnya bisa disesuikan seberapa besar diameter yang mobil.

Kuas, agar lebih enak dipakai sebaiknya gunakan ukuran 2 inchi

Gunting, amplas, mesin gerinda dan

Lem, pastinya gunakan lem khusus fiberglass, bisa pakai dari aquaproof atau resin yang berwarna butek


  • Tahap pertama

Bila semua peralatan sudah lengkap tahap awal adalah adalah dengan memotong bagian yang berkarat tersebut dengan pisau gerinda. Agar lebih aman sebaiknya gunakan kaca mata atau helm, pasalnya jika belum terbiasa pakai mesin gerinda mungkin ada rasa canggung. 

Baca juga Berapa Siih Biaya Perbaikan Sasis Mobil Yang Keropos ??

Jika sudah bersihkan sekeliling objek yang sudah dipotong tadi dengan mengaplasnya. Ini bertujuan agar nantinya fiber menempel sempurna dan pastikan dalam kondisi kering dan tidak ada endapan minyak atau oli.


  • Tahap kedua

Kemudian oleskan lem fiberglass secara merata pada lantai mobil yang bolong dengan bantuan kuas cat. Selanjutnya tinggal kita potong serat fiber dengan ukuran yang telah disesuaikan. Kemudian letakan diatas lem dan timpa kembali lem diatas fiber tadi agar semakin kuat dan mengeras.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Sebisa mungkin sebelum keras sempurna jangan digoyang-goyang, disentuh tangan bakan tersiram air. Jika ini terjadi pekerjaan anda bisa dikatakan gagal dan harus menggulanginya kembali dari awal.


  • Tahap ketiga

Bila sudah kering sempurna 24 jam, tahap selanjutnya adalah dengan melapisinya pakai cat anti karat biak pakai yang kuas atau spray Rubberized Undercoat yang tersedia dipasaran. Atau anda bisa langsung mendempulnya bila yang ditambal body mobil layaknya pintu dan lainya, yang sebelumnya telah diamplas ukuran 6000 agar dempul nempel sempurna.

Kelebihan menambal body mobil yang bolong pakai fiber dengan aquaproof

Untuk kelebihan, proses pengerjaan lebih cepat dan tidak memakan biaya banyak, tanpa butuh keahlian khusus kita bisa langsung mempraktekkanya. Selain cepat penambalan pakai fiber tidak bakalan kropos kembali ketimbang menambalnya dengan plat besi

Kekurang

Unuk kekuatan tentu lebih kuat ditambal dengan plat besi ya sob. Namun jangan salah serat fiber mampu bertahan satu sampai dua tahun lebih meski sering dipakai menerjang banjir sekalipun. Jadi masih sangat aman dipakai untuk menambah dengan diameter yang tidak terlalu lebar.

Sekiranya sampai disini yang bisa kami sampaikan mengenai trik cara menambal body mobil keropos tanpa las semoga bisa membantu anda dalam mengatasi karat dengan lebih menghemat biaya dengan melakukanya sendiri secara mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas