Kelebihan dan Kekurangan Clear Coat Tanpa Thinner

Kelebihan dan kekurangan clear coat tanpa thinner - Hallo dulur.. Pengecatan merupakan suatu langkah atau tindakan yang dipilih untuk memperbaiki suatu benda agar terlihat baru kembali atau sekedar sebagai pelindung dari karat. Begitu halnya dengan mobil dan motor, dimana proses repair diambil agar tampilan kendaraan terlihat segar kembali atau untuk memperbaiki body yang lecet atau penyok akibat mengalami benturan.

Selain mengecatnya kembali untuk mengembalikan tampilan mobil terlihat segar kembali bisa melakukan poles ulang pakai kompon putih. Namun proses poles hanya bisa dilakukan bila permukaan cat masih dalam kondisi yang baik. Ini bisa dilihat dari permukaannya yang tidak bintik bintik, dempul tidak retak/terkelupas dan lapisan clear coatnya masih tebal. Bila sudah tipis dan dipaksakan untuk proses poles justru lapisan cat akan terkikis habis oleh mesin. 

Fungi clear memang memiliki peran penting dalam sebuah pengecatan, dimana selain mengkilapkan warna cat juga menjadi pelindung berbagai goresan serta jadi tapeng dari sinar uv yang mempercepat cat menjadi pudar. Clear coat sendiri ada dua pilihan yakni doff dan glossy serta dibedakan dari dua tingkatan yakni NC dan PU yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Kelebihan dan kekurangan clear coat tanpa thinner

Clear coat sendiri memiliki dua komponen yakni base dan hardenner sebagai pengering dan menggunakan thinner PU sebagai pengencernya. Namun tahukah kamu ternyata ada beberapa produk pernis sudah diformulsikan tanpa thinner, atau tinggal diaplikasikan setelah dicampur hardener. Lantas apa kelebihan clear coat tanpa thinner dengan yang biasa ?

Kelebihan

Karena 100% murni clear coat tanpa tercampur thinner tentu kualitasnya lebih unggul diantaranya :

Clear tidak mudah meler karena taranya sama 1:1 tanpa thinner. Untuk ini sangat menguntungkan bagi pemula yang terkadang merasa ragu saat proses clear coat karena takut akan meleleh. Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat




Untuk proses pengeringan mungkin lebih lama bila dibanding clear dengan campuran thiunner. Hanya saja setelah mengering sempurna teskturnya tidak mudah pecah bahkan retak dan tingkat gossy yang dihasilkan lebih unggul karena tidak bercampur tiner. Baca juga 3 Merk Clear Jahat Harga 100 Ribuan , Bagus dan Berkualitas

Sementara untuk proses pengapliaksikan bisa memberi jeda 10-15 menit disetiap lapisanya dengan menggunkan merk spray gun apapun semua bisa.

Kekurangan

Untuk kekurangan, pertama bila kita kurang angin tekstur clear coat cenderung kulit jeruk, minumak tekanan udara yang diperlukan adalah 3-4 bar dengan tipe spray gun apapun.

Bila ingin mengerjar jam tayang tentu sangat tidak direkomendasikan pakai clear coat tanpa thinner ini karena proses pengeringan bisa lebih lama meski dalam ruang oven sekalipun.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Seperi yang kami sampaikan tadi bila tekanan angin kurang kencang nantinya clear tidak terlihat kilap besah atau terlihat lebih licin. Jadi sebelum menentukan pakai produk ini sebaiknya cek kondisi kompresor terlebih dahulu.

Kekurangan lain adalah daya sebar kurang luas, jadi estimasi bahan perlu lebih banya. Kalaupun pengen dicampur thinner agar berdaya sebar luas cukup campurkan 20% saja, jika terlalu banyak tentu mengurangi kualitas serta tingkat glossy yang dipancarkan.

Beberapa merk clear tanpa thinner yang bisa anda jajal diantaranya, Belkot 2K 3000, Blinken MS 2500, sikkens atorifinish dan lainya.

Kami harapkan setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan clear tanpa thinner, anda bisa memilih dan menentukan mana produk auto refinish yang ideal untuk kendaraan anda, Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas