4 Penyebab Dempul Tidak Nempel Sempurna

Penyebab dempul tidak nempel sempurna - Hallo dulur.. Siapa sih yang ngak pengen kondisi body mobil selalu terlihat kaleng, tentunya semua orang mengidamkan cat mobil yang tipis dan tidak terlihat tebal akibat pernah didempul berulang. Dengan kondisi mobil yang masih kaleng bahkan cat masih ori pabrik tentu memberi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya sekaligus meningkatkan nilai jualnya.

Dalam dunia body repair keberadaan dempul memiliki fungsi cukup penting, yakni untuk meratakan body mobil yang penyok dengan proses sedemikian rupa, atau meratkan kembali body mobil yang selesai ditambal akibat mengalami kropos. Tak hanya untuk mobil dempul juga diaplikasikan pada objek lain seperti kayu, tempok, body kapal dan lainya.

Sama halnya dengan clear coat, dempul juga dilengkapi hardener sebagai pengering yang umunya berwarna kuning, tanpa pengering dempul tidak bisa keras meski berminggu-minggu. Macam macam dempul dibedakan menjadi 3 jenis, yang meliputi :

1. Dempul polyester putty

Jenis dempul pertama ini memakai organic peroxide sebagai hardener dan mengandung banyak pigmen sehingga mempu membentuk lapisan yang tebal dan mudah diamplas. Atau biasa disebut dengan dempul plastik. Baca juga 

Dempul plastik ini digunakan dengan alat bantu kape dan akan menghasilkan tekstur yang keras setelah kering. Fungsi dempul ini untuk meratakan atau menutupi bidang yang kurang rata atau memberi bentuk pada bidang tertentu dan banyak dipakai usaha body repair untuk pengecatan mobil.

Beberapa merk dempul polyester putty yang sering digunakan diantaranya, alfagloss, tanury, autoglow, isamu, sanpolac dan beberapa merk lainya. 

2. Dempul epoxy putty

Jenis ke dua ini terbentuk dari dua bahan yakni epoxy resin dan amine sebagai hardener/pengering. Dempul ini memiliki ketahan karat dan daya rekat yang cukup baik. Cara mengaplikasikanya pun juga sama yakni dengan memakai kape dan amplas untuk menghaluskanya. 

Sayangnya proses pengeringan membutuhkan waktu yang lama, oleh karenma itu untuk prosespengeringanya membutuhkan mesin/ruang oven.

3. Dempul Spot Putty

Terakhir adalah spot putty atau lebih sering disebut dempul odol. Yang lebih unik dari dempul ini adalah tidak butuh hardener sebagai pengering, jadi tinggal pencet kemudian apliaksikan dengan kape. 

Fungsi dempul spot sendiri lebih ke menutupi pori pori atau goresan halus atau meratakan sambungan dempul. Beda dengan jenis polyester putty dempul spot odol jika diapliaksikan terlalu tebal akan pecah setelah mengering. Jadi penggunananya tipis tipit saja.

Beberapa merk spot potty yang banyak dipakai antara lain, wanda dan yako.  

4 Penyebab dempul tidak menempel sempurna

Sebetulnya banyak faktor ya yang jadi penyebab dempul tidak menempel sempurna atau gampang terkelupas. Lantas apa saja penyebabnya ? Simak penjelasanya dibawah ini

Objek tidak diamplas

Sama halnya dengan cat dempul akan gampang terkelupas bila objek yang ditempel dempul kondisinya kotor, basah dan berkarat. Jadi sebelum proses pendempulan dimulai pastikan bidang tersebut dalam kondisi bersih dan tidak berair/basah.



Jadi alangkah baiknya amplas terlebih dahulu objek tersebut hingga bersih dengan ukuran 120 hingga partikel jamur serta karat menghilang, jika ada aspal yang menempel hilangkan dengan bensin. 

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jika masih berupa plat atau body mobil yang telah dikerok total sebaiknya semprotkan lapisan epoxy primer sebagai lapisan anti karatnya, sehingga dempul tidak gampang terkelelupas nantinya. Namun sebelumnya tunggu poxy kering keras sebelum dempul diaplikasikan.

Pendempulan terlalu tebal

Meski setelah kerang teksturnya menjadi keras namun bila diaplikasikan terlalu tebal dempul tidak mampu nempel sempurna dan rawan terkelupas tidak butuh jangka yang lama. Sebaiknya jika body mobil penyok terlalu dalam sebaiknya ketok dari dalam dengan palu agar sedikit merata atau bisa menyerahkanya ke bengkel kenteng dengan sistem pengelasan terdekat. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil

Begitupun saat awal mengaplikasikan dempul jangan langsung tebal, ini bisa jadi penyebab tidak nempel sempurna. Oleskan secara tipis tipis terlebih dahulu dan tunggu hingga mengering. Ini bisa jadi pondasi awal agar pada lapisan dempul teratas dapat terikat dengan lapisan paling bawah.




Bigitupun juga sebelum mengoleskan dempul kembali tunggu hingga lapisan sebelumnya mengering, jika masih lembek langsung ditimpa kembali dapat dipastikan akan terkelupas atau timbul bintik-bintik pada lapisan cat.

Campuran handener kurang rata

Mungkian tak sedikit yang tahu akan hal ini, namun faktanya bila penyampuran dempul dan hardener kurang sempurna bisa jadi penyebab dempul tidak bisa nempel secara sempurna. Ini bisa dilihat saat mendempul namun masih ada warna kuning/hardenner yang terlihat. Jadi aduk hingga keduanya menyatu.

Kualitas dempul yang dipakai

Selain beberapa fakor tadi kualitas dempul yang dipakai juga menjadi faktor kuat ya masbro. Jika menginginkan dempul berkualitas dengan daya rekat sangat baik anda bisa memakai merk body light, autoglow atau lebih sering disebut dempul glasit.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Oke cukup menarik ya masbro penjelasan singkat faktor penyebab dempul tidak dempel sempurna. Intinya mau merk apa yng dipakai pastikan sebelu


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas