Perbedaan Thinner A dan A Spesial Untuk Cat Mobil Motor

Perbedaan thinner a dan a spesial untuk cat mobil dan motor - Hallo dulur ... Tidak ada habisnya saya selalu membagian tips seputar urutan cara mengecatan mobil dan motor, selain teknik kami juga mengupas tuntas bahan autorefisih mana yang lebih unggul dan standar yang bisa dijadikan bahan referensi atau pertimbangan. 

Secara garis besar bahan pengecatan mobil dan motor terdapat dua pilihan yakni jenis PU poly urethane dan NC nitro chelulose. Tentu keduanya memiliki ke unggulan dan ke lemahaan yang patut dipelajari khususnya untuk pemula yang menginginkan hasil cat yang kilap basah glowing tanpa tekstur kulit jeruk. 

Beberapa Keunggulan bahan PU/bakar diantaranya, proses pengeringan lebih cepat meski tanpa mesin oven in door, tingkst gloddy lebih lama, tahan dalaam berbagai kondisi cuaca ekstrim sekalipun dan lainya. Bisa disimpulkan bahan jenis PU setara dengan pengecatan kualitas pabrik. Untuk kelemahan sih tidak ada ya, mungkin untuk harga memang lebih tinggi.

Sementara untuk jenis NC/biasa kualitasnya masih dibawah PU, dimana waktu kering lebih lama, tingkat glossy kurang maksimal bahkan tidak sampai satu tahun dan warna cat cenderung pucat atau kurang tajam. Jadi idealnya cat NC buat pengecatan kendaraan umum seperti ankotan kota atau kendaraan pik up.

Perbedaan thinner Super, A dan A spesial untuk cat mobil dan motor

Fungsi thinner sendiri sebagai pelarut cat, epoxy dan sebagai pengencer clear coat. Dengan kata lain meski sebaga pelarut pemakian jenis atau merk tinner juga berdampak langsung dengan pengecatan anda. Jadi anda lebih bijak memakai thinner sesuai fungsinya serta menggunakan merk yang berkualitas pula.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Beberapa jenis tinner untuk proses pengecatan mobil diantaranya A, A Spesial, ND HG, Super dan PU untuk clear coat. Dan pada kesempatan ini akan kami kupas tuntas beda thinner  Super, A dengan A Spesial yang serupa namun tak sama.

Thinner A

Untuk jenis thinner A lebih kami fungsikan sebagai pelarut cat dasar ya masbro, dimana proses pengeringanya lebih cepat dan menghasilkan permukaan cat yang lebih halus. 

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Sebetulnya sih untuk campuran cat akhir atau cat inti sih bisa ya hanya saja partikel cat cenderung besar-besar atau kurang lembut, bahkan untuk warna metalik butiran metalik tibak bisa keluar. Jadi saran saya jangan gunakan thinner A sebagai pelarut cat inti atau cat akhir.

Thinner A Spesial

Sedangkan thinner A spesila digunakan sebagai campuran epoxy ya masbro. Dibangding dengan A, A spesial waktu pengeringan sedikit lebih lama. Namun saat kering sempurna mampu menghasilkan tekstur poxy yang keras, jadi saat diamplas nanti tidak gampang terkikis amplas.

Untuk campuran cat dasar sih juga bisa ya, namun seperti yang kami sampaikan tadi waktu menguap lebih lama, jadi proses pengecatan anda juga makan waktu yang lama.

Thinner Super

Sementara thinner jenis super idealnya sebagai campuran cat inti/akhir ya masbro. Karena penggunaan tinner super mampu membuat tekstur cat yang lembut merata dan bisa diaplikasikan buat semua warna cat baik jenis solid dan metalik.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Memakain tiner super juga membuat cat tidak gampang pudar atau warna berubah meski usianya sudah 5 tahun lebih. 

Beda dari kedua jenis tadi, karena kualitas thinner super lebih unggul jadi bisa dijadikan sebagai campuran epoxy dan cat dasar. 

Namun yang perlu saya garis bawahi disini adalah sebaiknya jangan membeli thinner eceran derigen, karena kita tidak tahu akan kualitasnya. Jadi sebaiknyaa gunakan thiner kemasan kaleng ukuran satu liiter atau langsung satu galon isi 5 liter.

Oke, jadi sudah tahu ya perbedaan thinner A dan A Spesial penggunaan yang sesuai fungsinya, tentu proses pengerjaan akan terasa lebih enak tanpa ada teragedi cat lama keriting atau ngangkat akibat tidak kuat ditimpa cat baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas