Takaran dan Cara Mencampur Cat Epoxy Suzuka


Takaran dan cara mencampur cat epoxy suzuka - Hallo dulur.. Setelah kemarin sudah kami bahas perbandingan cat dan thinner, pada kesempatan kali ini giliran epoxy yang akan kita kupas tuntas. Ya.. Tentu kita tahu fungsi dari poxy ya masbro, dalam sebuah pengecatan tentu keberadaanya sangat penting dimana sebagai pelindung anti karat pada plat besi sebelum proses pendempulan dimulai yang terdiri dari dua komponen base dan hardenner.

Pentingkah memberi lapisan epoxy sebelum langkah pengecatan dimulai ?? Ya.. Selain sebagai pelapis anti karat poxy juga merekatkan antara cat dengan objek agar tidak cepat mengelupas, terutama pada pengecatan pada objek yang berbahan plastik seperti body motor atau logam yang terlapis chrome. Kedua komponen ini memang bertekstur licin jadi wajib memberi memberi lapisan poxy agar cat anda melakat sempurna.

Fungai lain dari epoxy adalah menutupi pori-pori dan sambungan dempul, namun seiring berjalanya waktu saat ini sudah ada dempul spot putty dimana juga berfungsi menghaluskan dan meratakan sambungan dempul, dengan proses lebih cepat 10 menit sudah siap diamplas. Sangat pas bagi pekerja yang lagi dikejar deatlain yang serba cepat.

Tak hanya satu epoxy memiliki dua tipe yakni filler dan primer, dimana keduanya memiliki fungsi yang beda meski sama-sama memakai hardenner sebagai pengering dan pengerasnya. 

Baca Juga Fungsi dan Perbedaan Spray Gun Tabung Atas dan Bawah

Diluar sana banyak merk epoxy yang bisa anda pilih mulai dari yang jenis NC dan PU yang proses pengeringanya lebih cepat. Beberapa produk poxy yang banya dipakai baikers modifikasi adalah merk dari suzuka yang banyak dipakai buat body motor, pagar besi bahkan buat lapisan cat dasar mobil.

Takaran dan cara mencampur cat epoxy suzuka 

Epoxy filler suzuka 4100 merupakan primer epoxy yang dilengkapi dua komponen base dan hardenner, yang dibuat khusus sebagai cat dasar untuk pengecatan motor dan mobil yang difungsikan sebagai pelapis anti karat dan sebagai filler yang berdaya lekat baik diatas bare metal ataupun dempul plastik polyester putty. Sangat pas dipakai buat perbaikan setempat atau tambal sulam atau restorasi total full body.

Cara menggunakan epoxy suzuka

Sebelum digunakan aduk epoxy sampai kedasar agar kadungan minyak dan poxy yang menggumpal menyatu.

Baca Juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy

Untuk perbandinganya campurkan suzuka epoxy tak jauh beda dengan merklainya ya masbro, jadi gunakan takaran atau perbandingan 2 : 0.5 : 4 Base epoxy : Hardenner : Thinner.  Jadi bila poxy satu gelas aqua campurkan 1 tutup botol hardener dan thinner 3 - 4 gelas tergantung tingkat kekentalan epoxy itu sendiri. Dan aduk hingga ketiganya tercampur sempurna.

Sementara untuk thiner semua bisa dipakai ya masbro. Hanya saja idealnya gunakan tipe A atau jika ingin naik grid lebih tinggi bisa pakai super.

Baca Juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Aplikasikan sebanyak 2 sampai 3 lapis yang sebelumnya objek sudah diamplas bersih dan bebas dari minyak, air dan karat dengan menggunkan spray gun yang ukuranya bisa disesuaikan. 

Kelebihan dan kekurangan epoxy suzuka

Untuk kelebihan menurut saya mudah diaplikasikan yang mana mudah larut dengan thinner dan tidak menggumpal dengan catatan tutup rapat setelah pemakian. Bersifat cepat nutup meski hanya diapliasikan 2 lapis baik untuk menutup permukaan dempul maupun matrial logam besi.

Sementara untuk kekurangan karena termasuk produk autorefinis tipe NC jadi waktu pengeringan sedikit lebih lama 2 sampai 3 jam dan untuk kering keras 5 - 8 jam. Sementara untuk hasil cukup memuaskan.

Cara menyimpan epoxy agar tidak kering

Jika masih ada beku atau keras sbaiknya jika masih ada sisa tutup kaleng rapat-rapat dan isalasi agar tidak ada udara yang masuk. Jangan dikocak-cokak karena dapat bereaksi dan berpotensi meledak. 

Satu hal lagi, bila poxy sudah tercampur hardener/pengering sebaiknya jangan dimasukan kembali kedalam kaleng karena bisa mennjadi penyebab seluruh epoxy didalamnya kering dan beku.

Bagaimana, cukup jelas ya seputar takaran dan cara mencampur cat epoxy suzuka jika ada kebinggungan anda bisa menanyakan langsung pada owner kami penggurus resmi bengkel body repair autoclinic. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas