Cara Menimpa Cat Lama Mobil Agar Tidak Keriting dan Mengkerut

Cara menimpa cat lama mobil agar tidak keriting dan mengkerut -  Hallo dulur... Sudah jadi hal wajar jika lama kelamaan warna cat yang awalnya kinclong mengkilap menjadi kusam bahkan ada beberapa yang penyok. Banyak faktor yang jadi penyebabnya mulai dari kurangnya perawatan, terlalu sering terpapar sinar UV berlebih atau pemakian makian bahan detailing yang keliru.

Umunya cat mobil yang masih ori akan bertahan 10 tahun lebih jika rajin merawatnya. Sedangkan jikaa sudah pernah di repaint ulang mungkin hanya bertahan 2 sampai 5 tahunan, itupun jika pakai bahan yang berkualitas. Ya, jika hanya pakai cat biasa atau NC nitro chelulosa sangat cepat sekali kusam bahkan warnanya tidak berlihat matang dan cepat berubah jika sering kepanasan.

Namun tahukah kamu, proses pengecatan ulang tak segampang yang kita lihat, beberapa kesalahan kerap kali muncul meski telah dilakukan dengaan hati-hati. Beberapa kesalahan yang sering di jumpai adalah cat beraksi keriting atau mengkerut, bahkan semakin parah jika hanya dibiarkan tanpa adanya penanganan sebelum di timpa kembali.

Penyebab cat keriting atau ngangkat disebabkan karena cat lama tidak kuat ditimpa cat baru. Ini sering terjadi jika objek/bidang tersebut sudah pernah dicat ulang atau bekas cat pilox.

Cara menimpa cat lama mobil motor agar tidak keriting dan mengkerut

Nah agar cat lama tidak beraksi mengkerut, maka sebelum di cat ulang kita perlu mengamplasnya terlebih dahulu dengan ukuran amplas 1500 hingga permukaanya halus dan gunakan sabun untuk membersihkan sisa minyak atau oli yang menempel kemudian keringkan.



Jika sudah kita bisa langsung naik ketahap pengecatan, untuk pelarutnya gunakan thinner A dengan takaran cat dan tiner yang sesuai. Kemudian semprotkan secara tipis-tipis merata kemudian tunggu hingga kering dan kita bisa menimpanya kembali, begitu seterusnya. Untuk cat dasar sebaiknya saat mixing cat dibuat sedikit kental ya masbro agar cepat nutup dan meminimalisir cat lama ngangkat.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Selanjutnya kita bisa naik ke tahap cat inti/akhir, namun sebelumnya cat dasar perlu diamplas sampai halus dengan amplas 1500. Untuk tinner cat inti kita ganti dengan tipe super, sehingga mampu menghasilkan lapisan cat yang halus dan merata.

Nah agar cat lama tidak mengkerut disetip lapisan pengecatan penting untuk memberi jeda seperti proses cat dasar tadi. Jika memakai cat PU/bakar 3 sampai 4 lapis cat dasar sudah tertutup sempurna, namun jika pakai cat NC/bisa lebih lama.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Begitupun juga saat tahap clear coat juga memberi jeda disetiap lapisnya agar cat tidak timbul keriting. Sebelum disemprotkan clear coat sebaiknya lap seluruh body/cat secara metara yang sudah kering dengan kain cloth/microfiber untuk menghindari atau menghilangkan debu-debu over spray disaat penyemprotan cat.

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan agar cat tidak beraksi keriting adalah dengan memberi jeda disetiap lapisnya dan khusus lapisan cat dasar dibuat lebih kental agar cepat menutup. Agar lebih aman kami sarankan untuk memberi lapisan epoxy terlebih dahulu. 

Sementara untuk spray gun pakai F75 dan untuk clear coat F100 untuk mempercepat tahap pengerjaan. Dan untuk thinner cat dasar pakai tiner A sementara untuk cat akhir diganti pakai super agar lebih halus. 

Cara menghilangkan dan mengatasi cat yang sudah keriting dan mengkerut

Jika sudah terlanjur keriting anda tak perlu khawatir karena masih bisa kita berbaiki dan naik ke steep berikutnya. Bila cat muncul keriting cukup kita biarkan dan tunggu hingga kering, jika dipaksakan malah akan ngangkat semakin parah.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Untuk menghilangkanya sangatlah gampang cukup menunggunya hingga kering, kemudian amplas hingga halus dan rata saat diraba tangan dengan amplas 1500. Jika kritingnya cukup parah ganti amplas nomor 400 bekas kemudian ulangi dengan nomor 1500 agar halus.

Kemudian kita bisa mengecatnya kembali secara perlahan dan tipis, buat adoan cat sedikit kental agar cepat menutup. Ulangi pengecatan hingga bekas cat yang keriting tadi hilang, dengan memberi jeda disetaip lapisnya. Jika dicat langsung tebal dapat dipastikan akan muncul mengkerut kembali.

Oke temen-temen, diatas merupakan trik atau cara menimpa cat lama mobil agar tidak keriting dan mengkerut untuk pemula. Kunci keberhasilan disini adalah kesabaran dan ketelatekan, jika dilakukan secara terburu-buru tentu hasil yang di dapat kurang baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas