Proses dan Cara Mengecat Mobil Warna Metalik Agar Tidak Belang

Proses dan cara mengecat mobil warna metalik - Hallo dulur... Pengecatan ulang dipilih aagar warna kendaraan terlihat kinclong dan terlihat baru kembali. Tentu proses repaint bukanlah pekerjaan yang gampang, tak sedikit yang merasa gagal atau hasil yang didapat kurang puas sehingga hanya buang-buang bahan matrail dan tenaga.

Untuk menghasilkan cat yang kilap basah dan tidak belang dibutuhkan keahlian khusus baik penggunaan spray gun serta penngetahuan bahan yang digunakanya. 

Ya.. Tidak bisa dipungkiri seiring dengan berjalanya waktu warna cat mobil akan rusak terutama yang sudah pernah dicat ulang. Beda dengan cat ori pabrik yang mampu bertahan 10 sampai 15 tahun lebih jika rajin dirawat dan tidak mengalami goresan. Namun jika cat ulang menggunakan merk clear yang bagus kualitas eropa tentu hasilnya juga memuaskan.

Sementara cat pada mobil terbagi menjadi tiga tipe yakni warna solid, metalik dan mutiara. Tentu dari ketiga jenis cat tersebut proses pengecatan jelas berbeda, khusunya pada penggunaan bahan. Sementara untuk teknik dan pemakian jenis spray gun semua sama, bisa pakai spray gun tabung dan bawah

Dari ketiga jeenis cat tadi, yang paling sulid adalah mengecat warna putih mutiara yang lebih ribet dan kondisi disekitar bengkel harus bersih,

Proses dan cara mengecat mobil warna metalik agar tidak belang

Ya.. Jika dibandingkan dengan cat solid, mengecat warna metalik cenderung lebih sulid khususnya warna-warna silver yang rawan belang jika dilakukan secara asal. 

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Faktor cuaca tentu disini sangatlah berpengaruh khusus untuk cat metalik, sebaiknya lakukan pengecatan saat cuaca sedang panas. Ini jelas beda dengan warna solid dimana proses pengecatan dapat dilakukan saat cuaca mendung sekalipun, tanpa khawatir warnanya tidak rata/belang.

Nah kunci keberhasilan mengecat warna metalik adalah penggunaan jenis thinner.  Agar butiran metalik terlihat lebih halus/tidak kasar thinner yang kita pakai wajib PU/bakar. Sebetulnya pakai jenis super atau HG bisa, hanya saja hasil cat yang didapat cenderung kasar dan metaliknya terlihat lebih besar-besar tidak beraturan, ini semakin terlihat saat terkena sinar matahari.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Ya.. Dengan menggunakan thinner PU mengecat warna metalik tidak akan belang terlihat kehitaman seperti awan mendung. Sementara untuk cat solid memakai tipe tiner super atau HG tidaklah masalah.

Begitupun juga saat proses clear Coat juga menggunakan jenis tiner PU poly urethane agar mendapatkan cat yang kilap basah yang tahan dalam cuaca apapun.

Pemilihan jenis spray gun

Selain pemakian thinner, penggunaan spray gun juga perlu diperhatikan. Pilihlah spray gun yang mampu mengantomisasi cat secara lembut merata, tidak pecah tengah/tebal tipis dan yang pasti semburan cat yang keluar dari lubang nozeel harus lebar setidaknya setengah jengkal tangan.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Untuk pengecatan mobil sebaiknya menggunakan spray gun tipe F100 atau F75 baik untuk proses top coat maupun clear coat. Sementara untuk motor idealnya pakai tipe K3, karena mengingat ukuran body motor yang tidak terlalu besar.

Proses pengecatan

Untuk menghasilkan pengecatan yang rata dan tidak membuat cat lama beraksi kriting, proses mengecat perlu dilakukan dengan hati-hati mengingkat karakter tiner PU yang lebih panas. 

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Agar tidak kriting, proses mengecat dilakukan secara perlahan secara tipis-tpis terlebih dahulu. Setelah setangah kering dua sampai 3 menit, pengecatan bisa dilakukan kembali, begitu seterusnya tiga sampai empat lapis hingga merata. Intinya memberi jeda disetiap lapisnya, begitupun juga saat tahap clear coat nanti.

Oke temen-temen, demikianlah rahasia cara mengecat mobil dan motor warna metalik agar tidak belang. Kuncinya adalah penggunaan jenis thiner serta penggunaan spray gun. Sekian dan terimakasih kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas