AWAS KELIRU..!! Perbedaan Cat Dinding Interior dan Eksterior

Perbedaan cat dinding interior dan eksterior - Hallo dulur... Cat tembok merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah bangunan agar terlihat lebih menarik. Pemilihan warna disini sangatlah penting agar hunian rumah terasa nyaman ditinggali dan terlihat tidak membosankan. Setelah menentukann warna, tahap pengecatan pun sebaiknya tidak dilakukan secara asal sehingga lebih awet, tidak cepat terkelupas dan tahan diberbagai cuaca.

Baca juga  Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Proses mengecat tembok yang benar adalah dengan memastikan plesteran dalam kondisi bersih, kering dan permukaanya sudah diamplas hingga halus. Kemudian kamu bisa mulai pelapisan cat dasar, dengan memberi lapisan dasar proses pengecatan nanti akan lebih cepat dan yang pasti menghasilkan ketajaman warna yang lebih bagus terutama pada warna-warna cerah.

Fungsi lain dari sebuah cat adalah melindungi tembok rumah dari rembesan air saat hujan, bahkan pada merk tertentu mampu mencegah timbulnya bakteri atau jamur yang menganggu kesehatan penghuninya. Nah agar saat hujan tidak mengalami bocor dibutuhkan cat interior dan eksterior yang bagus, terutama pada bagian luar rumah yang rentan terpapar langsung.

Perbedaan cat dinding interior dan eksterior 

Dilihat namanya sudah jelas, dimana cat interior diaplikasikan dibagian dalam rumah sementera eksterior untuk mengecatan luar rumah. Lantas pada beda cat interior dan eksterior ? Apakah fungsinya bisa disamakan ? Berikut penjelasanya.

Cat Interior

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Pada umunya cat interior diformulasikan khusus yang diaplikasikan pada tembok bangunan rumah bagian dalamnya dan hindari penggunaan tipe cat ini untuk pengecatan luar ruangan atau eksterior. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan daya tahan cat interior terhadap cauac panas dan hujan kurang bagus bila dibandingkan dengan eksterior.

Cat interior juga lebih gampang dibersihkan, tahan dari rembesan air hujan, tidak gampang berjamur, tidak mudah keropos dengan daya rekat yang sangat baik. Jenis cat interior juga terbebas dari kandungan logam berat atau zat beracun lainya mudah menempel diudara yang menganggu kesehatan penguninya saat dihirup atau menyentuhnya. 

Jika dilihat dari kandungan resinya, pada cat interior umunya cenderung lebih kaku sehingga lebih kuat dari serangan jamur.

Cat Eksterior

Sesuai dengan namanya, tentu cat ini diformulasikan khusus pengecatan pada tembok luar rumah atau eksterior karena fungsi utamanya adalah melindungi tembok dari perubahan cuaca yang cukup eksterim saat hujan maupun panas. 

Bila dibandingkan dengan tipe interior, jenis cat eksterior ini cenderung lebih kuat dari paparan sinar UV berlebih, sulit pudar, anti jamur, tidak mudah mengelembung dan cenderung lebih awet. Tipe cat eksterior sangat dibutuhkan untuk pengecatan luar ruangan karena akan terpapar langsung dari sinar matahari yang terus menerus dan air hujan sehingga mampu melindungi dinding dari retakan halus dan rembesan air. 

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Jika dilihat dari kandungan resinya, pada cat eksterior umunya cenderung lebih lembut karena cat tersebut dirancang khusus agar tahan terhadap perubahan cuaca eksterim dan kelembapan tinggi.

Umunya cat interior dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya cat eksterior berbahan dasar minyak dan cat eksterior berbahan dasar air. Sementara dari segi harga, cat eksterior berbahan air cenderun lebih murah dan berdaya lengkep kuat di permukaan diding, inilah mengapa banyak yang menggunakanya.

Sementara untuk jenis cat eksterior berbahan minyak warnanya cenderung lebih mengkilap, mudah dicuci dan tidak mudah terkelupas dalam cuaca ekstrim sekalipun.

Apakah cat eksterior bisa dipakai untuk interior ?

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Sebetulnya sih sah-sah saja ya cat eksterior dipakai buat interior atau mengecat bagian dalam rumah. Hanya saja seperti yang sudah kami jelaskan tadi, hanya saja cat eksterior tidak mampu mencegah timbulnya bakteri atau jamur yang tumbuh dipermukaaanya cat karena tidak diformulaskan khusus buat mencegah munculnya bakteri yang bisa menggangu kesehatan.

Sebaliknya jika cat interior dipakai buat mengecat dinding luar rumah tentu akan rentan terkelupas bahkan warnanya cepat pudar. Seperti yang sudah kami singgung tadi, cat interior tidak diformulasikan khusus agar tahan diberbagai cuaca saat panas atau hujan sehingga tidak tahan dalam waktu yang lama. Jadi pengguaanya perlu disesuaikan agar cat dapat bertahan dalam jangka panjang dan hunian rumah akan semakin nyaman.

Oke temen-temen, demikianlah ulasan dari perbedaan cat dinding interior dan eksterior yang perlu kamu ketahui sebelum mengaplikasikanya. Agar bertahan dalam jangka yang lama pilihlah produk berkualitas sehingga saat kotor akan mudah dibersihkan tanpa perlu mengecat kembali untuk menghilaangkanya. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas