Perbedaan Busi NGK dan Denso, Mana Yang Lebih Unggul ??

Perbedaan busi NGK dan denso - Hallo dulur... Fungsi busi adalah mengubah tenaga listrik yang disalurkan dari komponen coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar bensin/solar dan udara diruang mesin. Fungsinya yang sangat vital jika busi mati tentu mesin tidak dapat bekerja atau istilahnya mogok.

Beda dengan motor, kendaraan mobil dilengkapi dengan 3 sampai 4 busi sekaligus tergantung kapasitasnya. Jika salah satu mati mesin saat berjalan terasa seperti pincang, tentu ini membuat performa mesin jadi menurun. Agar problem ini terjadi ditengah perjalan sebaiknya lakukan pengecekan rutin dan ganti busi jika jarak tempuhnya sudah menyentuh angka 20.000 - 40.000 km dan untuk motor 8.000 - 20.000 km.

Agar penghasilkan proses pembakaran yang sempurna, menentukan penggunaan busi disini sangatlah penting, pilihlah yang berkualitas baik agar besin kerja maksimal dengan masa pakai yang lebih lama. Ada baiknya jika salah satu busi mobil mati sealah satu untuk mengganti semua sehingga percikan api yang keluar lebih seimbang sama rata.

Busi Iridium Denso VS NGK

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perbedaan busi NGK dan Denso, tentu kamu perlu mengetahui jenis dan fitur kedua busi tersebut yang mana yang cocok sesuia kebutuhan kendaraan kamu. 

Dalam hal ini kita akan coba membandingkan kedua merk busi tersebut NGK dan DENSO dengan jenis yang sama yaitu iridium. Ya.. Logam iridium justru memiliki daya hantar yang sedikit lebih lemah bila dibandingkan dengan tembaga. 

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Namun dibalik kelemahan tersebut, Iridium memiliki beberapa keunggulan yaitu masa pakai yang lebih tahan lama serta dapat bekerja dengan baik dalam suhu rendah. Soal harga, Iridium sedikit lebih mahal 4 sampai 5 kali lebih bahal dibandingkan dengan busi bahan platinum.

Dari segikualitas, busi Iridium memang bukan yang terbaik. Namun tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan masa pakainya yang lebih tahan lama. Contoh misal, bila busi tembaga hanya hanya bisa dipakai selama maksimal jarak tempuh 35.0000 km, sedangkan busi iridium dapat dipakai lebih lama lagi mampu mencapai 50.000 samapai 100.000 km masa pakainya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Disisi lain, busi iridium merupakan pilihan terbaik bila dibandingan busi bahan bahan platinum baik dalam kualitas kerja dan masa pakainya. Penggunaan busi iridium lebih stabil dan tidaka menimbulkan celah yang lebih lebar seiring dengan waktu pemakian. Busi iridium juga tidak memerlukan perawatan terlalu ekstra, seperti pemeriksaan pada celah busi yang bisa dilakukan 3 sampai 6 bulan sekali sudah cukup.

Singkatnya, penggunaan busi iridium masa pakainya jauh lebih lama dan memiliki kinerja yang lebih bagus bila dibandingkan busi platinum. Lantas mana busi iridium yang lebih baik, DENSO atau NGK ?

Perbedaan busi NGK dan DENSO mana yang lebih unggul ??

Memang agak sulit menentukan mana yang kualitasnya terbaik antara NGK Vs Denso yang keduanya menawarkan kinerja dan jaminan kualitas yang hampir sama.

Jenis busi denso lebih abnyak dipakai sebagai park OEM mobil rakitan jepang. Kualitas iridium yang digunakan memiliki kekerasan yang lebih superiot. Dengan diameter elektroda pada busi denso lebih kecil bila dibandingkan NGK. Dalam perbandingan ini, jenis busi Denso masa pakainya atidak bisaa lebih lama bila dibandingkan busi NGK. Namun dalam hal percikan api, busi NGK jauh lebih unggul.

Baca juga Cara Mengetahui dan Membedakan Oli TMO Asli dan Palsu

Disisi lain busi iridium NGK adalah pengganti busi platinum mereka. Hasilny, mereka tidak membutuhkan perawatan yang ekstra dan memberi kinerja yang lebih stabil dan konsisten bila dibandingkan busi denso.

Kesimpulan

Seiring dengan berjalanya waktu, busi mengalami pengembangan yang menitik beratkan pada kinerja yang diutamakan. Baik busi Denso dan NGK memiliki kinerja yang sam baiknya yang bisa dipakai pada semua jenis kendaraan baik pada mobil kecil atau yang kapasitas mesin besar sekalipun.

Dalam pemilihan denso atau NGK, ada dua pertimbangkan yang perlu kamu utamakan yaitu pada tenaga dan edurance. Jika kamu adalah tipe pengemudi yang selalu peduli dengan semburan tenaga mesin, maka kamu bisa menggunakan busi Denso.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Sementara jika mengindingkan mesin mobil dengan tenaga yang lebih stabil dan tahan lama dengan biaya yang lebih rendah, maka busi NGK merupakan pilihan terbaik.

Nah, demikianlah sedikit penjelasan dari perbedaan busi iridium NGK dan Denso yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakanya. Sebetulnya keudianya sama bangus, namun akan lebih bijak bila penggunaanya disesuaikan dengan spesifikasi mesin kamu. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas