Penyebab dan Ciri ciri Bearing Roda Belakang Mobil Rusak

Penyebab dan ciri-ciri bearing roda belakang mobil rusak - Laher roda atau sering disebut bearing merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk membuat roda bisa berputar kedepan dank ke belakang dengan lancer, aman dan sesuai dengan pengaturan laju percepatan kendaaran yang dilakukan pengemudinya. Karenaa termasuk park vital keberadaanya harus selalu dalam kondisi baik sehingga berkendara terasa aman.

Bisa dikatakan tugas Fungsi bearing roda ini sangatlah penting. Ya.. Selain memperlancar roda berputar, ia juga harus kuat menahan beban mobil dan penumpang secara langsung serta harus kuat menahan roda saat mengalami hentakan saat melawati jalan yang berlubang dan tidak rata. Karena memiliki fungsi penting memeriksa kondisi bearing roda secara berkala untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan saat laher ini rusak.

Berapa lama masa pakai bearing roda mobil ?

Umunya bearing roda mampu bertahan 2 sampai 3 tahun masih awet jika mengemudi dilakukan dengan baik dan hato-hati. Sebaliknya, jika sering dipakai buat melewati jalan rusak berlubang dan parahnya malah dilipas kencang, masa pakainya bisa 1 tahun sudah menandakan kerusakan.

Jika mengalami kerusakan umunya mobil akan muncul ciri-ciri atau tanda yang bisa kamu ketahui dan perlu segera diganti guna menunjang keamanan dalam berkendara.

Nah pada artikel kali ini kamu akan pemberi penjelasan beberpa tanda yang mucul jika bearing atau AS roda belakang mobil rusak beserta tambak buruknya jika tidak segera diganti.

Penyebab dan ciri ciri as roda belakang mobil rusak

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Munculnya suara gemuruh dari roda belakang

Ciri ciri pertama yang akan mucul saat bearing rusak adalah munculnya suara gemuruh dari belakang ban yang terdengar sampai ke dakam kabin. Suara gemuruh ini akan terdengar lebih cepat saat mobil melaju lebih kencang.

Ban terasa goyang dan terasa oblak

Tanda selanjutnya adakah putaran roda menjadi goyang meski tidak kurang angina/bocor dan terasa oblak. Hal ini akan semakin jelas terlihat saat roda tidak menyentuh tanah.

Untuk mengeceknya kamu bisa mengangkat ban mobil satu persatu menggunakan dongkrak. Angkat hingga tidak menempel tanah, kemudian goyangkan ke kiri kanan dan atas bawah. Jika tarasa goyang dan oplak dan tidak berputar sempurna mendakan berang roda memang rusak.

Keausan ban yang tidak rata

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Tanda selanjutnya untuk mengetahui bearing roda memang rusak adalah dengan mengecek taplak ban. Yaa.. Bearing yang rusak yang oblak akan mempengaruhi sudut kemudi sehingga memberi dampak pada yang menempel kea spas. Alhasi membuat ban menjadi botak kurang rata.

Suhu velg terasa panas saat mobil berjalan

Ciri selanjutnya untuk mengetahui berang roda mobil telaah rusak adalah suhu velg akan terasa panas dari biasanya setelah mobil berhenti, khususnya pada bagian tengahnya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Meskipun belum bisa dipastikan sebelum anda melakukan pengecekan secara langsung pada kondisi rem (macet atau tidak), hal ini bisa saja muncul karena gesekan dari bearing roda yang semakin sering sehingga menimbulkan panas pada bagian velg.

Dampak buruk yang ditimbulkan jika bearing roda belakang mobil rusak

Semua komponen mobil jika mengalami kerusakan atau sudah mulai aus tentu ada efek yang ditimbulkan mulai mobil kurang nyaman saat dikendarai atau mengurangi performa komponen lain yang saling berkaitan. Dan berikut adalah efek yang ditimbulkan jika as belakang roda mobil ini rusak.

Setir bergetar/kurang stabil

Kerusakan pada bearing roda bila tidak segera diganti bisa membahayakan saat mobil dikendarai. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah setir menjadi kurang setabil dan sulit dikendalikan, terlebih saat melewati jalan yang rusak dan berlubang atau saat bermanuver.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil

Ketidak stabilan setir tentu bisa membuat mobil oleng saat setir dilepas yang menyebabkan kecelakaan jika tidak segera diperbarui.

Rem blong

Kerusakan pada bearing juga menggangu kinerja rem bahkan bisa menyebabkan blong yang sangat membahayakan.  Mengapa bisa terjadi ? Panas yang dihasilkan akibat bearing macet akan mempengaruhi minyak rem yang ada didalam ruang caliper.

Saat kondisi yang teramapanas minyak rem bisa menguap dan menimbulkan angina di dalam system rem. Akibatnya terjadilah vapour lock yang bisa menyebabkan rem kurang pakem, parahnya bisa blong.

Roda bisa terlepas

Dampak buruk yang bisa terjadi akibat bearing rusak adalah terlepasnya roda dari mobil. Meski hal ini terjadi, namun cukup beralasan karena saat roda berputar akan terhubung langsung dengan bearing. Jadi jika sudah aus dan terlalu lama dibiarkan cukup membayakan keselamatan kamu dan pengendara lain.

Sebelum hal ini terjadi, jika tanda-tanda diatas terjadi pada mobil kamu segeralah untuk melakukan pengecekan di bengkel spesialis kaki-kaki untuk segera diatasi.

Ban bisa meletus akibat panas berlebih

Bahaya selanjutnya bisa mengakibatkan meletusnya ban akibat panas berlebih dari velg. Bearing roda yang tidak berfungsi lagi kerap macet dan membuat perputaran roda menjadi lebih berat.

Parahnya, jika ini dipaksa terus menerus suhu panas yang muncul akibat gesekan dapat merusak komponen disekelilingnya seperti velg, roda/ban. Piringan cakram, caliper hingga merember ke ban mobil yang bisa meletus jika suhunya semakin panas, ditambah kondisi ban yang sudah tipis akan cemat meleleh.

Menyebabkan kerusakan pada komponen lain

Dambak buruk terkahir yang terjadi saat bearing roda sudah rusak bisa menimbulkan kerusakan pada komponen lain yang ada disekitar kaki-kaki mobil seperti ball joint yang bisa oblak atau shockbreaker terasa keras

Akibatnya biaya perbaikan mobil kamu akan semakin membengkak akibat menunda-menunda menganti bearing roda belakang yang telah rusak. Oleh sebab itu segeralah untuk memeriksa kaki-kaki jika beberapa tanda tadi muncul padaa mobil kamu.

Nah, demikianlah penjelasan dari penyebab dan ciri ciri bearing roda belakang mobil rusak dan perlu diganti jika beberapa tanda tadi sudah terjadi sehingga berkendara semakin aman dan nyaman. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas