Penyebab Motor Matic Beat Injeksi Ngempos Saat Digas

Penyebab motor matic beat injeksi ngempos saat digas - Hallo dulur… Selain Vario, Honda beat saat merupakan salahh satu motor matic yang digemari masyarakat semua kalangan baik adan maupun hawa. Ukuranya yang lebih kecil membuatanya nyaman dikendarai dan mudah berakselerasi saat kondisi macet, namun meski kecil perfoma mesinya pun tak bisa dianggap remeh saat dibuat ngebut.

Nah, bicara soal matic beat, ternyata pabrikan Honda ini ada kalanya mengalami masalah terutama yang sudah injeksi atau FI yakni ngempos saat digas pada rpm tinggi. Lantas apa yang menjadi penyebab masalah satu ini ?

Nah permasalahan motor matic ngembos ini akan kami bahas dalam artikel ini, bisa saja beberapa poin ini yang menyadi penyebab problem pada motor beat kamu yang bisa langsung diatasi tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Pada dasarnya, penyebab utama mengapa motor beat injeksi ngempos saat digas adalah karena udara didalam ruang bakar lebih banyak ketimbang bensin.

Karena jumlah udara yang terlalu banyak, maka proses pembakaran jadi tidak sempurna dan membuat motor menjadi ngempos kehabisan tenaga saat rpm tinggi. Namun selain udara yang terlalu banyak, penyebab motor bisa ngembos juga bisa disebabkan percikan api atau bensin yang kurang sesuai.

Proses terjadinya pembakaran pada mesin motor perlu tiga elemen utama yakni udara, bensin serta percikan api dari busi. Jika motor kamu bermasalah seperti mati atau sulit dinyalakan, maka 3 elemen tersebut perlu kamu cek.  

Penyebab motor matic beat injeksi ngempos saat digas

1. Kerusakan pada seal injeksi

Penyebab menagap beat FI saaat digas ngempos pertama adalah adanya kerusakan pada area seal injector yang berfungsi untuk merapatkan injector dan intake.

Sebetulnya kerusakan pada seal injeksi ini jaranag terjadi jika motor kamu dalam keadaan standar dan tidak pernah melakukan bongkar pasang disekitar area injektornya. 

Saat area injector bermasalah pada karet atau sealnya maka bisa membuat udara yang masuk ke ruang injector jumlahnya terlalu banyak dan bensin dari tangka pun bisa merempes keluar dari seal yang robek/pecah tersebut.

2. Masalah pada filter udara

Faktor lainya bisa saja disebabkan  pada filter udara yang bermasalah, biasanya saat mesin motor mengalami ngembos, maka udara yang masuk keruang bakar jumlahnya trerlalu banyak seperti yang sudah kami jelaskan diatas tadi.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Dan salah satu penyebab jumlah udara yang masuk terlalu banyak dari kebutuhan standarnya adalah karena masalah pada filter udara, baik karena sengaja dicopot atau penyaring didalamya sudah rusak.

Pastikan filter udara selalu dalam kondisi bersih dari debu, sehingga perlu dibersihkan secara berkalau atau agar berfungsi sebagaimana fungsinya bisa diganti dengaan yang baru jika telah rusak. Filter udara yang kotor juga bisa menjadi penyebab motor lebih boros bensin karena tarikan mesin terlalu berat.

3. Pemakian BBM yang kurang sesuai

Pemakian bahan bakar yang kurang sesuai juga bisa menjadi penyebab motor beat FI kamu ngempos saat rpm tinggi. Bahkan ini bisa terjadi pasa semua tipe motor.

Kamu bisa melakukan eksperimen dengan menggunakan beberapa jenis bahan bakar dengan ukuran oktan yang berbeda-beda.

Baca juga Trik Mudah Cara Membuka Jok Beat Yang Terkunci Tanpa Kunci

Tetapi sebagai rujukan, kita bisa menggunakan acuan resio kompresi dari suatu motor untuk menentukan bahan bakar yang sesuai.

Nah berikut ini rekomendasi bahan bakar berdasarkan rasio kompresi untuk Honda Beat.

Beat eSP, rasio kompresi 9,5 : 1, Pertamax

Beat Pop esp, rasio kompresi 9,5 : 1, Pertamax

Beat Street Esp. rasio kompresi 9,5 : 1, pertamax

All New Honda Beat Sporty, rasio kompresi 10:1, pertamax atau pertalite

Namun ada yang berpendapat jika rasio kompresi bukanlah satu-satunya acuan dalam menentukan jenis oktan bahan bakar. Namun tidak ada salahnya mencoba acuan tersebut.

4. Menggunakan knalpo racing/bobok


Penyebab umum yang sering terjadi mengapa motor beat ngempos saat digas adalah penggunakan knalpot yang bukan standarnya.

Perlu kamu ketahui, saat knalpot standar diganti racing atau dibobok agar suara yang keluar lebih keras, maka tekanan di kanlpot akan berbeda dan cenderung lebih plong.

Tentu ini tidak bagus jika mesin motor kamu masih standar bawaan pabrik, sebab dapat menyebabkan mesin jadi ngempos baik saat putaran bawah atau menengah.

Salah satu pilihan yang bisa dilakukan untuk tetap memakai knalpot racing dan mesin tidak ngempos saat rpm tinggi adalah dengan mengganti ECU atau ramap ECu jika bisa.

5. Busi sudah tidak berfungsi


Penyebab busi yang rusak biasanya ditandai dengan motor yang susah hidup saat pagi hari atau pertama kali saat mesin masih dingin. Dalam kodisi normal busi dapat bertahan hingga jarak tempuh 10.000 km.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Namun dalam periode tertentu, celah busi perlu diseting agar performanya tetap stabil saat memercikan api ke ruang bakar. Tetapi pada akhir masa pakai busi yang telah mati tentu hal ini akan berdampak pada performa mesin secara langsung.

Beberapa masalah yang disebabkan busi akan rusak adalah mesin susah nyala, mesin gampang matii, suara mesin terdengar brebet atau mesin terasa ngempos tidak bertenaga.

6. Celah klep tidak sesuai

Problem ini dapat terjadi pada motor yang masa pakainya sudah lama, misal sudah 5 sampai 8 tahun lebih sudah dipakai harian dan belum overhaul.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Celah klep sendiri perlu diatur sesuai dengan celah yang sudah ditentukan, jika jaraknya sudah tidak sesuai maka membuat performa mesin motor tidak normal kembali sehingga mesin terkadang terasa ngempos baik saat rpm tinggi atau rendah.

7. Sensor injector kotor

Injektor yang kotor juga bisa menyadi penyebab motor matic beat ngempos saat digas, ini bisa terjadi saat bbm yang kamu pakai kurang berkualitas sehingga meningalkan kotoran dan kerak yang lama kelamaan semakin menumpuk.

Kondisi injector yang kotor bisa membuat semprotan campuran bahan bakar tidak sesuai dan bisa membuat mesin terasa brebet atau ngempos tergantung dari komposisi bahan bakar yang error atau tidak sesuai yang sudah kami jelaskan diatas tadi.

Agar sistem injector kembali normal kamu perlu membersihkanya dengan cara menyemprotkan cairan injector. Namun jika sudah parah, kamu perlu membongkarnya dan membersihkan kotaran pada sesor injector dengan skikat khusus. Untuk masalah ini sebaiknya serahkan pada ahlinya agar kursakan tidak tambah parah.

Nah temen-temen demikianlah beberapa poin dari penyebab motor matic beat injeksi fi ngempos saat digas yang perlu kamu ketahui. Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah sebaiknya lakukan servis secara berkala dan penggantian oli juga perlu diperhatikan. Sekian dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas