Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Dibanding Mobil Konvensional

Kelebihan mobil listrik dibandingkan mobil konvensional - Hallo dulur... Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang dari tahun ke tahun dicari masyarakat untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Seiring dengan banyaknya permintaan pasar industri-industri otomotif berlomba-lomba mengeluarkan varian/tipe terbaru disetiap tahunnya dan banyak dilengkapi fitur-fitur canggih penunjang kenyamanan berkendara.


Namun seiring banyaknya pemilik kendaraan konsumsi bbm yang diperlukan pun semakin meningkat sehingga saat ini pemerintah mengkapanyekan mobil listrik yang lebih ramah lingkungan tanpa suara bising dari mesin dan kenalpot dan tidak perlu bensin sebagai bahan bakarnya.

Setidaknya ada 4 jenis teknologi elektrifikasi kendaraan diantaranya, meliputi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Sementara mobil listrik yang tengah dikembangkan saat ini adalah jenis BEV Battry Electric Vehicle karena dinilai sebagai mobil listrik murni yang daya listriknya tersimpan pada bettery.

Kelebihan mobil listrik dibandingkan mobil konvensional

Mobil listrik diprediksi akan menggantikan transportasi saat ini atau mobil konvensional. Karena masih barutentu masyarakat banyak bertanya-tanya tentaung kelebihan dan kekurangan mobil listrik mengingat mobil dengan tenaga listrik Iini masih tergolong barang baru di Indinesia. 

Pada tahun 2022 ini saya jumlah produksinya masih lebih sedikit dibandingan dengan mobil bahan bakar bensin.

Lantas apa saja keunggulan mobil listrik ini ketimbang konvensional ? Berikut ulasanya.

1. Suara kabin senyap

Karena tidak ada proses pembakaran, maka ruang kabin mobil lisrik terasa lebih senyap ketimbang mobil konvesional. Hal ini membuat pengemudi semakin nyaman dan fokus dalam berkendara dan terdengar suara bising dari raungan knalpot.

Bisa dibilang mobil listrik hampir tidak mengeluarkan suara sama sekali. Suara hanya terdengar hanya putaran roda yang bersentuhan dengan aspal/beton. 

2. Lebih ramah lingkungan

Bisa dikatakan poin kedua ini menjadi alasan terbesar yang menjadi faktor pendorong peralihan mobil konvensional bahan bakar bbm beralih ke teknologi elektrifikasi yang berlaku secara global termasuk Indonesia.

Karena tidak memakai bbm mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang dari proses pembakaran ruang mesin. Jadi lebih ramah lingkungan dan mampu mengurangi pencemaran udara.

3. Memiliki torsi instan


Meski memakai tenaga listrik namun jangan remehkan performanya. Salah satu karakter yang dari di unggulkan dari mobil ini adalah mesin dengan torsi puncak yang langsung terasa saat pedal akselerator diinjak dinama mobil akan terasa lebih gesit dan lincah saat digunakan meski dalam kondisi stop and go sekalipun.

Hal ini jelas beda  dengan karakter mobil dengan bahan bakar bbm yang tersi puncaknya baru tersedia pada putaran mesin tengah.

4. Perawatan yang lebih minim

Beda dengan jenis konvensional, mobil listrik memiliki komponen bergerak yang lebih sedikit, sehingga tidak perlu pelumas seperti oli dengan perawatan yang lebih minim.


Namun bukan berarti mobil listrik tidak perlu perawatan, komponen-komponen semacam kampas rem juga perlu diganti sebagai penunjang keselamatan dalam berkendara.

Kekurangan dan kelemahan mobil listrik

Dibalik semua kelebihanya, tentu mobil listrik ini memiliki beberapa kelemahan dibandingkan kendaraan konvensional yang sudah lama beredar dipasaran. Berikut beberapa kekuranganya.

1. Harga jual masih mahal

Sudah bukan rahasia lagi jika harga mobil listrik ini jauh lebih mahal, inilah mengapa masyarakat masih berfikir-fikir untuk membelinya sebagai penganti kendaraan konvensional saat ini.


Mobil listrik termurah di Indonesia saat ini masih menyentuh angka 400 jutaan, produknya pun masih tergolong segmented karene memiliki bentuk seperti kendaraan komersil.

Sementara untuk produk Hyundai yang banyak disponsorkan saat ini harga termurahnya masih dibadrol 600 jutaan.

2. Waktu pengecasan cukup lama 

Saat kamu memiliki mobil listrik, maka kamu akan memiliki kebiasaan baru yakni mengeces mobil saat malam hari agar bisa digunakan saat pagi harinya.


Sementara untuk jarak waktu pengecesan teragntung kapasitas battery penyimpatan atau aki yang ada pada mobil listrik tersebut. Namun umumnya waktu pengecasan bisa 5 sampai 8 jam dari kondisi kosong sampai penuh.

Sementara itu, SPKLU dengan fasilitas fast charging-nya bisa mengisi daaya baterai mobil selama 1 sampai 2 jam sampai baterai penuh kembali.

Namun durasi pengecasan tersebut tetap lebih lama dibandingkan pengisian bensin yang hanya 5 sampaai 10 menitan jika tidak antri.

3. Tempat pengisian baterai masih sedikit

Mungkin poin ketiga ini menjadi alasan masyarakat masih belum tertarik dengan mobil listrik ini, walaupun masih bisa mengisi daya dengan listrik rumah.

Ketersediaan pengisian battery yang tersebar luas tentunya akan memberi ketenangaan dalam berkendara saat menempuh jarak yang cukup jauh.

Namun saat ini pemerintah dan pihak PLN sedang berupaya mendirikan SPKLU stasiun pengisian kendaraan listrik umun sebanyak – banyaknya, sehingga kedepanya mobil listrik bisa menggantikan  jenis konvensional.

4. Harga baterai yang masih mahal

Pada kendaraaan mobil listrik baterai merupakan komponen termahal dan merupakan komponen fital yang kondisinya harus selalu baik. 

Sementara untuk nominal harga baterai mobil listrik bisa 400 hingga 700 jutaan tergantung merk pabrikan kendaraan tersebut. Kebanyakaan pabrikan memberikan garansi yang cukup panjang pada komponen ini, umunya sampai 8 tahun dengan jarak tempuh 160.000 kilometer.

Memang, pada detik ini belum banyak kasus mobil listrik yang harus ganti baterai karena rusak mengingat unit yang produksi belum ada 8 tahun. Bisa saja harga baterai ini di masa depan makin terjangkau seiring dengan pembaharuanya.

Namun pada pemakian jarak tertentu kualitas baterai pada mobil listrik tentu mengalami penurunan dan perlu diganti untuk mengembalikan performanya. Untuk itu pemilik perlu bersiap-siap mengeluarkan dana besar untuk penggantiana baterai.

Nah temen-temen itulah beberapa poin dari kelebihan dan kekurangan mobil listrik dibandingkan mobil konvensional yang perlu kamu pertimbangkan. Dengan menggunakan kendaraan elektrik secara tidak langsung kita ikut mengurangi polusi udara karena lebih ramah lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas