Mengenal Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Habis dan Harus diganti

Ciri-ciri kampas rem mobil habis dan harus diganti - Hallo dulur.. Saat membahas seputar mobil umunya yang diperhatikan tertuju pada kondisi cat, performa mesin, serta fitur-fitur di dalamnya. Hal yang wajar memang, pasalnya nilai estetika sebuah kendaraan memang tertuju pada komponen-komponen tersebut, tak heran jika pemilik kendaraan perlomba-lomba membuat selalu kinclong.

Namun, pada penggunaanya sehari-hari, performa mobil yang jempol dengan kondisi cat yang kinclong tidak ada artinya tanpa sektor keselamatan yang mumpuni. Beruntungnya para pabrikan kendaraan menyadari betul pentingnya sektor keselamatan dalam berkendara sehingga tersematkan sistem pengereman untuk mengurangi laju kendaraan pada kecepatan tertentu.

Karena begitu pentingnya sektor pengereman, mobil keluaran terbaru saat ini sudah dibelaki rem ABS Anti-lock Breaking System lengkap dengan EBD Electronic Brake Distribution dan BA Brake Assist.

Dengan adanya sistem pengereman yang semakin canggih ini membuat pengemudi semakan akan dan nyaman berkendaraan terutama saat melaju kecepatan tinggi. Tapi dibalik semua keunggulanya ada kewajiban yang tak boleh dilupakan pemilik kendaraan yaitu rutin mengganti mengganti kampas rem untuk menjaga performa pengeremen saat dibutuhkan.

Ciri-ciri kampas rem mobil habis dan harus diganti

Munculnya suara decitan saat rem ditekan

Salah satu ciri gampang mengetahui kampas rem mobil sudah habis adalah munculnya suara decitan saat pedal rem ditekan, suara ini akan terdengar keras saat tengah malam yang sunyi. Jadi untuk memastikanya kamu perlu mengeceknya secara langsung satu persatu bagian kampasnya. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Namun bunyi decitan saat rem ditekan juga disebabkan oleh beberapa kotoran yang menumpuk dan tersumbat pada sistem pengeremen, suara ini akan terdengar semakin keras setelah mobil di cuci.

Pedal rem terasa lebih dalam dari biasanya saat di injak

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Tanda kampas rem belakang mobil habis kedua sangat mudah diketahui karena pengendara akan merasakan secara langsung saat berkendara. Saat kampas rem mulai menipis atau habis maka piston akan mendorong lebih dalam kampas untuk proses pengeremen, sehingga injakan pedalm rem akan terasa lebih dalam.

Namun injakan pedalm rem yang terlalu dalam juga bisa disebabkan kerusakan pada master rem.

Minyak rem selalu berkurang

Jika volume minyak rem selalu berkurang bisa jadi ini merupakan ciri-ciri kampas rem mobil mulai habis. Jumlah minyak rem tidak akan berkurang meski sudah 1 sampai 2 bulan pemakian, jadi jika sering mengisinya patut anda curigai.

Minyak rem yang posisinya ada ditabung penampungan akan turun ke dalam selang dan pipa kecil, seiring menimpisnya kampas rem maka piston akan berkerja lebih untuk mendorong kampas rem sehingga membuat minyak lebih cepat aus.

Namun, minyak rem yang cepat habis juga bisa disebabkan kecoboran pada seal-sealnya, sehingga untuk mengetahuinya kamu bisa mengeceknya secara langsung.

Pedal lem bergetar saat diinjak

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Pedal rem yang terasa bergetar saat di injak juga bisa menjadi indikasi kampas rem mobil kamu mulai menipis. Dari kacamata teknis masalah tersebut disebabkan adanya permukaan yang kurang ratabaik pada kampas yang sudah banyak terkikis atau sistem pengeremanya yang bermasalah.

Menggantinya dengan kampas rem yang baru merupakan salah satu solusi selain melakukan re-mathing yang pada dasarnya merupakan pembubutan.

Getaran karena masalah semacam ini bisa dirasakan meski dalam keadaan pedal rem diinjak normal. Hal inilah yang membedakanya dengan getaran yang disebabkan aktifitanya sistem ABS Anti-lock Breaking System.

Getaran yang disebabkan system ABS aktif hanya muncul ketika pedal rem diinjak sekuat tenaga saat berhenti mendadak

Pengereman kurang pakem

Kondisi kampas rem yang mulai tipis pada akhirnya akan mengurangi performa pengereman menurun dan terasa kurang pakem. Sehingga mobil akan berhenti dalam jarak yang cukup jauh untuk bisa berhenti dilokasi yang kita inginkan, jika terlalu lama dibiarkan tentu ini membayakan mengendara teruatam saat melaju pada kecepatan tinggi atau dalam keramaian.

Ganti kampas rem mobil jarak berapa km ?

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Tak sedikit pemilik mobil yang kebingungan akan waktu yang tepat mengganti kampas rem baik depan maupun belakang. Padahal sejatinya pabrikan mobil sudah menentukan jadwal penggantian setiap komponen kendaraan, lama tidaknya penggantian komponen tergantung prilaku dalam berkendara dan sering tidaknya penggunaan.

Dikutip dari situs resmi PT Astra Motor, penggantian kampas rem direkomendasikan setelah jarak tempuh mobil memasuki 60.000-70.000 untuk mesin dengan trasmisi manual.

Sementara mobil dengan transmisi otomatis jarak penggantianya bisa lebih cepat yakni saat jarak tempuh mendekati 35.000-40.000 km. Mengapa lebih cepat ? Beda dengan manual, system pengereman pada mobil matic akan bekerja lebih keras untuk menurunkan laju kendaraan sehingga jarak penggantianya akan lebih cepat.

Nah temen-temen, demikianlah ulasan mengenai ciri-ciri kampas rem mobil habis dan harus diganti agar berkendara semakin aman dan nyaman. Karena merupakan komponen vital gunakanlah spare part ori berkualitas sehingga dapat menghentikan laju kendaraan dengan baik meski dalam kecepatan tinggi sekalipun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas