Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

Penyebab dan cara mengatasi mesin motor cepat panas dan baua sangit - Hallo dulur... Seiring dengan seringnya pemakian beberapa permasalahan kerap muncul pada kendaraan motor. Jadi untuk menjaga performanya penting melakukan perawatan dan mengganti komponen yang telah aus, sehingga berkendara terasa aman dan nyaman tanpa khawatir mogok ditengah jalan.

Salah satu masalah yang kerap mucul pada kendaraan lama adalah mesin cepat panas dan diikiti dengan munculnya bau sangit dari ruang bakar mesin. Bau tersebut juga bisa muncul dari dari asap knalpot yang mengupul berwarna hitam atau putih. 

Jika dipaksa berjalan mesin justru mengalami overheat dan menimbulkan masalah baru yang sangat berbahaya untuk memperbaikinya.

Penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit

Dengan mengenali penyebab bau sangat dan cepat panas pada mesin motor sejak dini tentu bisa mencegah kerusakan yang merambat komponen lainya, sehingga kamu bisa segera melaukan perbaikan. Agar masalah tidak muncul kembali lakukan perbaikan di bengkel yang sudah berpengalaman menangani hal ini. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Berikut merupakan 5 penyebab mesin motor cepat panas dan mengeluarkan bau sangit seperti ada yang terbakar.

 1. Kebocoran oli mesin

Penyebab pertama mesin cepat panas dan muncul bau sangit adalah adanya kebocoran/rembesan oli dibeberapa bagian mesin. Oli yang merembes akan mengenai luar mesin yang kondisinya sedang panas sehingga mengeluarkan baua sangit seperti terbakar.

Setidaknya ada dua penyebab oli bisa merembes keluar, pertama kebocoran pada seal oli mesin. Selain faktor usia seal oli akan cepat rusak saat jumlah oli yang diisi jumlahnya selalu berlebih. Penyebab kedua bisa disebabkan baut pembuangan oli yang kendor sehingga merembes keluar.

Kerusakan semacam ini bisa terjadi pada motor matic dan manual, jadi untuk menghindari kehabaisan oli yang berdampak fatal segeralah lakukan perbaikan.

2. Penumpukan kerak di ruang bakar


Jika tidak ada rembesan oli yang keluar, maka penyebab lain mesin motor cepat panas dan bau sangit bisa terjadi di ruang pembakaran. Ketika kamu menggunakan bakan bakar dengan nilai oktan yang rendah, maka resiko penumpukan kerak akan lebih cepat.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Sisa pembakaran yang tidak sempurna karena komponen bahan bakar beroktan rendah atau karena udara yang masuk kotor bisa menimbulkan kerak. Jikakerak dalam ruang bakar mesin suduah menumpuk kami bisa menggangu proses pembakaran. Untuk mencegah hal ini gantilah filter udara jika sudah kotor/rusak.

Penumpukan kerak yang terlalu banyak membuat mesin lebih cepat panas karena kompresi meningkat. Kerak di bagian area katup buang akan menciptakan celah. Bahan baakar pun bisa keluar melalui knalpot.

3. Beban kendaraan terlalu berat

Penyebab perikutnya motor cepat panas danbau sangit adalah beban kendaraan terlalu berat lebih dari kapasitasnya. Beban motor yang terlalu berat seperti mengangut 3 orang  atau membawa barang bawaan yang berlebihan tentu membuat mesin bekerja lebih untuk menjalankan kendaraan.

Ketika hal ini terjadi, maka beban piston semakin besar untuk naik dan turun. RPM mesin lama kelamaan juga akan menurun walaupun katup gas diputar pada posisi yang sama. Panas akibat pembakaran pun akan meningkat sehingga mengeluarkan bau sangit.  

 4. Mesin bekerja terlalu lama


Apakah aktifitas kamu selalu melewati jalan yang macet ? Jika hal ini terjadi setiap hari, maka mesin akan bekerja lebih ekstra lagi sehingga cepat panas dan boros bbm.

Saat motor menempuh jarak yang cukup jauh tanpa mengistirahatkan mesin akan mempercepat oli merembes keluar mesin baik itu pada silinder head maupun saluran gas buang.  Hal ini ditandai dengan munculnya asap putih dari knalpot dan mengeluarkan bau sangit.

5.  Permasalahan pada kampas kopling


Terakhir bisa disebabkan masalah pada kampas kopling yang sudah aus. Tak sedikit pemilik kendaraan yang memaksa kendaraanya untuk terus berjalan meski kampas kopling sudah aus. Padahal ini bisa menjadi penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit.


Seiring berjalanya waktu kampas kopling ini pun akan hangus dan mengeluarkan bau sangit, jadi segeralah lakukan pengecekaan untuk memastikanya.

Cara mengatasi mesin motor cepat panas dan bau sangit

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, kini saatnya mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Jika belum pernah mengalaminya kondisi mesin yang cepat panas dan tiba-tiba muncul bau sangit tentu membuat kita panik dan bergegas mencari bengkel untuk mengeceknya.


Namun tak sedikit yang menyepelekan hal ini dan melanjutkan perjalannya. Sebaiknya hindari hal ini, jika terlalu lama dibiarkan justru kerusakan ini bisa merambat ke komponen lain sehingga kamu perlu biaya lebih untuk perbaikanya. 

Nah untuk menghindarinya, dibawah ini merupakan beberapa langkah mengatasi jika mesin tiba-tiba cepat panas dan mengeluarkan bau sangit.

1. Mengganti seal oli

Jika seal oli sudah rusak segeralah menggantinya dengan yang baru sesuai ukuranya agar oli tidak merembes keluar. Pastikan seal yang kamu pasang pas sesuai duduknya kemudian kencangkan hingga rapat.

Jika ragu melakukanya sendiri kamu bisa menyerahkan masalah ini ke bengkel terdekat agar tidak terjadi rembesan kembali.

2. Rutin mengganti oli 

Saat muncul rembesan oli ada baiknya mengganti oli lebih awal. Tujuanya agar pelumas yang berkurang dapat segera diganti. Kualitas oli yang buruk dan jumlahnya berkurang justru menimbulkan masalah lain seperti kerusakan pada piston karene kurang pelumas.

Baiknya penggantian oli mesin motor dilakukan setelah jarak tembuh 2.000 km sekali dan pastikan menggunakan pelumas sesuai spesifikasi mesinn kamu.

3. mengurangi beban kendaraan

Jika sering membawa beban yang lebih sebaiknya kurangi dari sekarang. Mengurangi beban kendaraan akan mengurangi kinerja piston yang bekerja keras mengerakkan mesin.

Selain mencegah mesin cepat panas, motor juga lebih bertenaga dan hemat bbm. Sehingga motor akan lebih ringat saat melewati tanjakan dan oli pun tidak merembes akibat mesin panas berlebih.

4. Mengganti kampas kopling

Tidak hanya membuat motor cepat panas dan bau sangit, berjalan dengan motor yang kampas koplingnya sudah aus juga membuat mesin tidak mampu mencapai kecepatan maksimal serta kurang bertenaga saat melewati tanjakan.

Jadi untuk mengembalikan performanya kamu perlu mengganti kampas kopling tersebut sebelum kerusakan merambat komponen lain yang tidak seharusnya diganti.

Nah temen-temen demikianlah ulasan penyebab dan cara mengatasi mesin motor cepat panas dan bau sangit yang bisa dicek secara langsung. Untuk menghindari kerusakan yang merambat komponen lainya segeralah melakukan perbaikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas