Penyebab cat motor dan mobil lama kering


Penyebab cat motor dan mobil lama kering - Bagi sebagian orang mungkin berfikir bahwa proses ngecat merupakan pekerjaan yang semua orang bisa lakukan yang hanya bermodalkan spray gun seadanya harga 200 ribuan dan kompresor kecil. Namun tak sedikit juga yang merasa gagal atau hasil yang diperoleh kurang memuaskan.

Mungkin bagi dulur yang sudah memiliki peralatan berkualitas ditambah dengan ruang cat yang berstandar oven pekerjaan ngecat bukanlah hal yang sulit. Namun jika bermodal pas pasan bahkan memakai semprotan obat nyamuk sebagai pengganti spray gun dan kompresor, atau sekedar memakai cat pilox yang ngak tau akan kualitasnya.

Untuk memperoleh hasil terabik tentu bahan yang dipakai adalah cat komprsor dimana menghasilkan kualitas warna yang lebih baik, tidak gampnag pudar serta cepat mengering ketimbang memakai cat kalengan yang butuh satu hari bahkan ada yang nyampek 3 hari baru keras, meski begitu bila terkena bensin cat pilox langsung mengelupas/rontok meski terlapis clear coat kalengan sekalipun.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu

Meski begitu cat yang diaplikasikan dengan kompresor juga terkadang lama kering lo masbro, bahkan butuh waktu seharian itupun kalau pas lagi panas. Tentu selain faktor alm keluranya teknik atau ketidak tahuan bahan yang dipakai bisa jadi faktor pemicunya.

Penyebab cat motor dan cat mobil lama kering

Tentu selain mempercepat proses pengeringan memakai bahan yang berkualitas juga membuat kualitas serta daya glossy bertahan lebih lama. Namun tahukah kamu, meski diaplikasikan dengan kompresor terkadang cat lama kering terutama pada lapisan clear coat. Lantas apa yang jadi penyebabnya ??


Seperti yang ketahui faktor cuaca juga berpengaruh besar pada hasil ngecat masbro, bila sedang mendung atau kurang panas butoh waktu lebih lama cat kering terlebih bila ngecat diluar ruangan. Kekeliruan saat mixing baik pada cat, epoxy atau takaran clear coat dan base coat yang kurang sesuai.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Untuk cat bila lama kering penyebab utam adalah penggunaan thiner, bila tidak memiliki mesin oven sebaiknya masbro pakai thinner yang sifatnya cepat mengguap. Saya sendiri memakai thinner super alfa untuk campuran cat maupun epoxy, selain cepat kering hasilnya pun lebih halus memudahkan dulur untuk naik ke steep berikunya. Jadi faktor tinner yang kurang bagus menjadi penyebab cat yang dulur pakai tidak kunjung kering.

Kualitas cat juga berpengaruh ya masbro, umunya cat tipe NC nitro cellulose keringnya lebih lama ketimbang dengan jenis PU poly urethane. Bahkan cat bakar butuh waktu 10 menit udah siap diamplas.

Sedangkan apa yang menjadi peyebab clear coat tidak kunjung kering atau keras ??


Sama halnya dengan epoxy, bila membeli pernis sudah satu paket dengan obat pengering yang umunya dikemas pada kaleng kecil. Bila ukuran clear coat 1kg sudah dilengkapi hardenner 200ml namun ada yang lebih banyak 500ml pada merk tertentu( Nax Superrior, Sikkens, Autoglow PU, Speis Heacker). 

Baca juga 3 Merk Clear Jahat Harga 100 Ribuan , Bagus dan Berkualitas 

Nah bila saat mixing clear coat dengan thinner dan kita lupa mencampurkan hardenner(base coat), tentu perns akan lama kering meski meski sudah 2 hari lebih. Kelalaian seperti ini juga pernah saya alami, ya namanya juga manusia. Dan untuk mengatasinya kita timpa kembali clear baru yang sudah tercmur hardenner secara tips-tipis, tunggu beberapa saat dan ulangi kembali.

Kesimpulanya adalah penyebab utama cat motor dan mobil lama kering adalah kekeliruan bahan yang dipakai atau lupa mencampurkan hardenner saat proses clear coat. Akan lebih bijak saat ngecat tidak usah tergesa-gesa, hal ini justru membuat anda lalai dan kurang fokus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas