Berapa Lama Clear Coat Kering dan Siap dipoles

Berapa lama clear coat kering dan siap dipoles - Pernis merupakan langkah paling akhir dari urutan proses mengecat mobil motor yang menentukan hasil pekerjaan yang terbilang cukup panjang. Pasalnya tak sedikit yang merasa gagal hasil repair cenderung seperti kulit jeruk dan tidak mengkilap layaknya cat bawaan pabrik.

Kunci menghasilkan repair yang seperti diharapkan adalah pada kualitas bahan yang digunakan. Umunya bahan auto refinish ada dua tipe yakni NC nitrocellulosa dan PU polyurethane, dimana keduanya memiliki perbedaan karakter. Bila dipandingan bahan PU jelas lebih unggul baik dari waktu pengeringan serta ketajaman warna yang dihasilkan dan yang pasti tidak cepat pudar.

Dan untuk mengecat motor mobil dapat dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan cat pilox yang lebih praktis atau dengan cat kompresor. Bila untuk mengecat body mobil saya sarankan memakai cat kompresor ya masbro, secara dari ukuran lebih lebar. Jika pakai cat semprot kemugkinan besar hasil repair akan cenderung belang dan kurang merata.

Cat pilox paling ideal dipakai buat mengecat objek yang tidak begitu lebar seperti velg atau komponen motor yang ukuranya kecil. Agar tidak cepat mengelupas proses mengecat dengan pilox perlu dilakukan secara baik dan benar. 

Berapa lama clear coat kering dan siap dipoles

Berbeda dengan cat clear caot proses pengeringanya memakan waktu yang lama bahkan bisa 8 sampai 10 jam agar kering keras, mungkin bisa lebih lama saat cuaca hujan. Ini bisa lebih lama lagi bila menggunakan cat pilox yang bisa 24 bahkan lebih baru mengering dan siap untuk dikompon.


Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Namun waktu pengeringan ini bisa lebih singkat bila mana menggunakan thinner PU untuk campuranya. Dengan memakai tiner PU pernis mobil kering sempurna 4-5 jam tanpa menggunakan mesin oven dan sudah siap dipoles.  Saat musim hujan ini pengeringanya bisa lebih lama. 

Satu hal lagi ya sob jangan sampai lupa mencampur kan hardener, pasalnya tanpa obat ini pernis tidak bakal mengering meski sudah ditunggu berhari-hari.

Baca juga Daftar Merk Clear Cat Mobil Paling Bagus dan Awet

Jadi lama tidaknya pernis kering tergantung penggunaan jenis tiner sebagai campuranya. Banyak temen-temen diluar sana justru menggunakan thinner super atau HG, alhasil clear coat justru lama kering. Selain bisa mempersingkat waktu memakai thinner PU juga bisa meningkatkan glossy pada clear coat.

Penyebab cat mobil dan motor lama kering

Dimusim hujan sepert ini memang jadi kendala bila ingin mengecat, saya sendiri udah 4 hari ngak bisa ngecat bro, mau gimana lagi pasalanya bisa dipaksa cat justru berembun atau munculnya air dipermukaanya seperti embun. Tentu ini kurang baik bila diteruskan.

Baca juga Penting !! Cara Mengeringkan Cat PU Tanpa Oven

Nah, selain faktor cuaca penyebab cat mobil motor lama kering juga bisa disebabkan kelirunya penggunaan thinner. Jadi pilihlah tiner yang sifatnya cepat menguap, anda bisa mamakai thinner tipe super. Selian cepat kering juga mampu menghasilkan permukaan cat yang lebih halus dan tidak cepat pudar meski berumur 5 tahun lebih.

Namun jangan berfikir menggunakan thinner PU untuk campuran cat agar cepat kering ya masbro. Ini justru menimbulkan cat tidak kuat saat ditimpa clear coat. Jadi penggunaanya perlu disesuiakan.

Nah, sekarang sudah jelas bukan berapa lama clear coat kering dan siap diamplas, bila dibadingan cat pilox peris mobil lebih cepat mengering meski tanpa ruang oven. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan sejek waktu untuk singgah di blog sederhana ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas