Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat - Mengecat merupakan pekerjaan yang tak mudah, banyak beberapa kendala yang dapat ditemua dari proses pendempulan dan tahap pernis. Terlebih disaat musim hujan seperti ini yang butuh kesabaran ekstra, pasalnya bila pengecatan diluar ruangan mengandalkan panas matahari sebagai pengganti mesin oven.

Sebetulnya mengecat mobil tanpa mesin oven pun tidak begitu masalah, pasalnya suhu di Indonesia sudah cukup panas 30 derajat bahkan lebih. Berbeda bila diluar negeri dimana suhu udaranya lebih dingin jadi butuh mesin pemanas untuk mengkeringkanya.. Yang perlu di waspadai saat mengecat in door adalah percikan air hujan serta debu dan binatang kecil yang hinggap.

Baca juga Cara Menimpa Cat Lama Mobil Agar Tidak Kriting 

Tahap pengecatan dimulai dari pendempulan, epoxy terakhir adalah memberi lapisan pernis sebagai pengkilap. 

Fungi Clear Coat Coating Pada Cat Mobil

Celar coat atau pelapis bening merupakan lapisan terakhir pada cat ulang mobil yang tidak berwarn alias bening. Fungsi pernis yang pertama adalah untuk melindungi atau menjaga warna asli cat agar tidak gampang pudar meski terpapr sinar ultra violet sekalipun.

 
Fungsi kedua adalah mengkilapkan sekaligus dijadikan anti gores cat. Semakin bagus kualitas clear coatyang dipakai, semakin keras juga perlindunganya. Umunya clear coat akan mengering keras dalam kurung waktu 2-3 hari. Clear yang keras ditandai dengan bila kita kerok dengan kuku terasa keras dan tidak meninggalkan bekas.

Jeda Waktu Antara Cat Inti dan Clear Coat

Untuk menghasilkan cat kiap basah urutan cara mengecat mobil perlu dilakukan dengan baik dan benar. Karena tak sedikit yang merasa kecewa akibat hasil repairnya tidak mampu bertahan lebih lama tidak sampai 1 tahun ada beberapa bagian yang rusak bahkan lapisan clear coat mengelupas atau beberapa dempul yang terkelupas

Sebetulnya clear coat mengelupas disebabkan kelirunya teknik saat tahap pernis berlangsung. Yaa jarak atau jeda antara cat inti dan clear coat menjadi penyebab utamanya.

Lantas berapa jarak ideal jeda atau waktu antara cat inti dan clear coat ???

Agar mampu menempel secara sempurna pemberian lapian clear coat dapat dilakukan segali cat setengah kering atau bisa memberi jeda 20-30 menit tergantung cuaca. Agar cat cepat mengering dan menghasilkan permukaan yang lebih halus gunakan tinner super sebagai pelarutnya.

Baca juga 3 Merk Clear Jahat Harga 100 Ribuan , Bagus dan Berkualitas 

Beberapa orang justru menggunakan tindakan keliru yang memberi jeda jarak satu hari baru dipernis. Tindakan ini justru membuat lapisan cat menjadi kotor bahkan terkena kotoran hewan. Ahasil saat di cear coat tidak menempel dengan sempurna, tak heran bila terkelupas dalam hitungan bulan.

Oke, sudah jelas ya jeda waktu antara cat inti dan clear coat dengan menggunakan tehnik yang benar tentu berdampak pada hasil repair anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih kunjunganya. Untuk Menghasilkan permukaan pernis kilap basah gunakan thinner Pu sebagai pelarutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas