Penyebab Dempul Sanpolac Tidak Kering dan Mengeras

Penyebab dempul sanpolac tidak kering dan mengeras - Hallo dulur... Fungsi dempul adalah untuk meratakan objek sebelum dicat sehingga menghasilkan permukaan yang mulus dan menambah nilai estetikanya. Misal untuk meratakan penyok yang tidak terlalu dalam atau menghaluskan bekas baret, baik diaplikasikan di atas permukaan besi, plastik atau untuk mendempul kayu.

Dempul sendiri terdapat dua versi ya, yakni warna hijau dan kuning, keduanya memiliki plus minus masing-masing, bagi pemula kami sarankan pakai yang kuning karena mudah diaplikasikan. Sementara untuk jenisnya ada tiga yakni dempul polyester putty, spot putty/dempul odol dan lacquer putty.

Namun yang sering diaplikasikan pada pengecatan mobil atau motor adalah Polyester putty atau lebih sering disebut dempul plastik dan spott putty(dempul odol) sebagai pengganti poxy. Sementara untuk proses pengaplikasikan dempul plastik memerlukan hardener sebagai pengering dan spott odol kering dengan sendirinya dengan tekstur yang lebih lembut.

Penyebab dempul sanpolac lama kering dan tidak mengeras

Sampolac merupakan salah satu jenis dempul plastik yang banyak diaplikasikan para tukang cat mobil, motor atau kayu. Merk dempul ini cukup populer dan banyak dipakai di beberapa bengkel restorasi ya masbro termasuk kami pribadi, karena teksturnya yang lembut, pulen dan lebih empuk/ringan saat diamplas. Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor


Namun tak sedikit yang mengeluhkan mengapa memakai dempul sanpolac justru malah lama kering bahkan tidak mengeras meski sudah 2 hari lamanya. Lantas apa penyebabnya ?

Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Seperti yang kita tahu dempul plastik terdiri dari dua komponen yakni putty dan hardenner yang berwarna kuning. Sebetulnya obat pengering ini sudah satu paket dengan dempul ya masbro, kecuali dempul odol yang tinggal pakai tanpa perlu hardener akan kering sendiri dalam jangka waktu 5 menit.

Jadi bila dempul sanpolac yang anda pakai lama kering kemungkinan besar terlalu sedikit mencampurkan hardener atau malah lupa mencampurkanya, jadi tak heran jika dempul anda lama kering bahkan tidak keras dalam waktu berjam-jam.

Sementara untuk perbandingan antara dempul dan hardener adalah 10:1. Kesimpulanyaa jika terlalu banyak mencampur hardener dempul semakin cepat kering dan mengeras, sebaliknya jika terlalu sedikit waktu pengeringan bisa lebih lama.

Jika hardenner kurang di tandai dengan warna dempul yang cenderung pucat saat keduanya tercampur merata.

Berapa lama dempul mobil kering dan siap diamplas ??

Idealnya dempul akan mengering dan siap diamplas hanya dalam waktu 30 sampai 60 menit luar ruangan in door tanpa mesin pengering. Dempul yang kering dan siap diampas di tandai dengan teksturnya yang berubah keras dan tidak lengket saat dipegang.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Ada satu trik ya masbro supaya dempul lebih ringan saat diamplas yakni dengan mengoleskan sabun colek secara merata pada permukaan dempul, beri sedikit air dan siap untuk diamplas.

Cara menggunakan dempul sanpolac

Siapkan bidang yang akan di dempul dan amplas permukaanya hingga bersih dan terhindar dari karat. Tujuan pengamplasan ini adalah agar partikel jamur karat hilang sehingga dempul menempel sempurna dan tidak gampang terkelupas.

Jika masih berupa lempengan plat atau bekas sambungan las sebaiknya lapisi epoxy primer terlebih dahulu sebayak 2 sampai 3 lapis, setelah kering baru bisa di dempul. Ini bertujuan agar karat tidak muncul

Bagaimana, sudah tahu bukan penyebab dempul sanpolac lama kering dan tidak mengeras, yakni takaran hardener yang kurang. Semoga dengan adanya artikel kali ini dapat menjadi solusi anda saat ini, sekian dan terimakasih atas kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas