Cara Mengecat Velg DID Agar Tidak Mengelupas

Cara mengecat velg did agar tidak mengelupas - Hallo dulur.. Velg merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, dimana berfungsi sebagai pengerak baik saat akan maju atau mundur. Fungsinya yang cukup vital membuat sistem roda selalu dalam kondisi normal terutama saat perjalanan jauh, penyok sedikit saja keseimbangan mulai berkurang terurama saat berbonceng atau membawa beban berat.

Agar kuat menopang beban motor velg dilengkapi jari jari diaman jumlah nya sudah disesuaikan sehingga lebih kuat ketika mengalami benturan cukup keras. Untuk meredam getaran velg dilengkapi karet memutar atau biasa kita sebut ban. Tidak hanya satu velg juga memiliki beberapa tipe dan terbuat dari matrial berbeda, dimana memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib kta ketahui :

 

  •   Velg Alumunium

 

Bagi pecinta modifikasi mungkin tak jauh dengan namanya velg alumunium, ya tipe pertama ini memang  membaut motor lebih staylis dan memiliki kesan tersendiri saat motor memakainya. Beberapa merk yang cukup populer diantaranya Willwod, Tdr, Ride it, Rossi yang dikombinasikan warna apik membuatnya tetap populer dari masa ke masa.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil 

Namun sayang bobotnya yang ringan membuatnya rendan penyok saat mengalami benturan , namun semua kembali pada merk yang digunakan. Tak heran bila bebapa kendaraan yang pakai pelek melaju pelan saat melewati jalan berlubang.

 

  • Velg Cast Wheel CW

 

Istilah lainya adalah velg racing/balap, diaman bentuknya lebih futuaristic dan lebih kokoh bila dibandingan dengan velg alumunium serta mampu bermanuver dengan akselerasi stabil. Bobotnya yang ringgan membuatnya banyak dipakai saat balapan drag race.

Sama halnya dengan velg alumunium tipe cas wheel juga rentan penyok saat melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi. Namun agar kuat meredam benturan tidak direkomendasikan pakai ban cacing kecuali motor balap dimana melewati aspal yang mulus. 

 

  • Velg Besi

 

Dari beberapa jenis tadi velg besi lah yang paling kuat saat terjadi benturan karena dibaut dari matrail logam yang terlapis chrome agar lebih mengkilap. Velg standar ini memang kurang begitu menarik terutama pecinta modifikasi. Namun untuk urusan safety mengalahkan velg variasi yang sudah saya sebut tadi.


 

Untuk membuat velg jari lebih menarik anda bisa mengecatnya dengan warna-warna tertentu seperti hitam doff. Yaa trik ini merupakan langkah alternatif modifikasi motor dengan budget minim, hanya bermodal 40ribuan beli cat semprot warna hitam.

Cara mengecat velg did agar tidak mengelupas

Seperti yang kita tahu velg jari jari terlapis chrome jadi dibutuhkan trik khusus agar cat tidak terkelupas, pasalnya cat saja tidak cukup kuat saat menempel pada bidang yang permukaanya licin. Nah untuk lebih jelasnya akan kami rangkum dibawah ini: 

Steep pertama

Untuk mempermudah pengerjaan lepas velg dari motor terlebih dahulu ya masbro, bila tidak bisa melakukanya sendiri anda dapat menyerahknya pada bengkel terdepat. Bila perlu lepas ban atau bisa menutupinya saat proses pengecatan berlangsung.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor 

Apakah jari jarinya perlu dilepas juga ? Jika ngak mau repot tak perlu dicopot masbro, nanti bisa ditutupi dengan sedotan yang sudah dibelah agar bisa mauk ke jeruji atau menutupinya dengan isolasi kertas.

Jika sudah kita tinggal melanjutkan tahap amplasan memakai ukuran 400 secara merata dan cuci dengan savun untuk menghilangkan sisa oli ataau minyak yang menempel. Kemudian keringkan.

Steep kedua

Tahap berikutnya adalah dengan melapisinya dengan epoxy terlebih dahulu. Bahan inlah yang membuat cat menempel dengan kuat,  tanpa poxy cat akan terkelupas 2-3 bulan. Anda bisa mengapliasikanya 2-3 lapis sudah cukup, tinggal tunggu kering 2-3 jam untuk naik ke tahap pengecatan warna.

Sebelum ke proses ini jari jari sudah dibungkus pakai sedotan plastik dan ban sudah ditutupi dengan kartu remi ya masbro(bila dilepas) atau jika pengen lebih praktis oleskan sabun colek disetiap sisi ban terutama bagian pinggirnya. 

Baca juga Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Velg Dengan Mudah dan Murah

Bila pakai cat pilox agan bisa pakai produk samurai paint dengan kode UCH210 50rb/kaleng, dimana memberi lapisan poxy kuat dan proses pengeringan lebih cepat. Untuk ukuran dua pelek satu kaleng sudah cukup kok masbro.

Steep ketiga

Sebelum dicat poxy perlu diamplas agar permukaanya halus ya mabro, gunakan amplas ukuran 400 bekas agar tidak terlalu tajam. Saat mengamplas hati-hati ya masbro jangan sampai poxy habis terkikis amplas, jadi lakukan secara perlahan.

Jika sudah tinggal kita cat dengan warna yang agan sesuaikan pada body motor, menurut saya sih mending cat hitam doff masbro, lebih ngetren dan lebih stylish saat dipadukaan dengan modifikasi lainya.

Atau agan bisa mengkombinasikan dua warna yang berbeda antara jari jari dan bagian utama velg. Bisa hitam doff dipadukan dengan warna emas atau hitam sama biru. Yang penting saat mengecat dilakukan dengan rapi secara merata, tidak tebal tipis dengan sisi sampingnya. 

Steep keempat

Terakhir tinggal memberinya lapisan coating agar lebih awet tahan saat terpapar panas matahari. Bila pakai doff atau glossy ya masbro, sesuai selera lah pokoknya. Untuk clear semprot pylox agan bisa pakai samurai paint diaman lebih glossy dan cepat mengering. Biar awet aplikasikan clear coat 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisanya.  

Pokok dari cat velg jari jari standar ini adalah dengan memberi tambahan lapisan epoxy primer agar tidak gampang terkelupas meski mengalami benturan sekalipun. Bila langsung dicat rasanya akn percuma dan saat mengelupas justru terlihat kurang menarik.

Cukup menarik ya masbro penjelasan kali ini, semoga turtorial cara mengecat velg did agar tidak mengelupas dapat berguna untuk kita semua. Modifikasi sederhana ini nyatanya bisa membuat tampilan motor lebih menarik dan terlihat kece.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas