Cara Mengecat Body Motor dengan Kompresor Agar Mengkilap

Cara mengecat body motor dengan kompresor agar mengkilap - Tak sedikit rider yang merasa bosan dengan tampilan motor yang itu itu saja. Sehingga melakukan penggantian warna merupakan hal lumprah untuk menyegarkan tampilanya. Untuk memenuhi hasrat tersebut mempercayakan pada hal alhinya akan lebih bagus ketimbang melakunya sendiri tanpa dilandasi skill yang mumpuni atau hanya asal asalan.

Namun jika dipelajari cara mengecat body motor bukanlah pekerjaan rumit, hanya saja dibutuhkan ketelitian serta kesebaran. Pasalnya beberpa kendala mungkin bisa kita temui seperti cat lama kriting, timbulnya bintik bintik pada clear coat atau meleleh akibat terlalu tebal. Bagi suhunya mungkin sangat mudah mengatasinya, namun untuk pemula mingkin sedikit kesulitan.

Proses pengecat padat dilakukan dengan dua cara yakni memakai pilox atau cat kompresor. Bila dibandingan hasil yang didapat lebih bagus pakai kompresor ya masbro, lebih glossy, tidak gampang pudar dan yang pasti tahan bensin. Tentu semua kelebihan tersebut di dukung pemakaian bahan perkualitas baik untuk epoxy, clear coat serta thiner sebagai pelarut.

Cara mengecat body motor dengan kompresor agar mengkilap 

Bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Amplas ukuran 400, 1500 dan 2000. Jumlah bisa disesuikan
  • Cat duco paint. Jumlah disesuikan, untuk full body butuh 1/2 kg masbro
  • Epoxy 1/4. Jika diperlukan
  • Clear coat 1/4 full body
  • Thinner Super l liter, A 1 liter dan PU 1 liter
  • kompon putih

Bila semua sudah lengkap berikut adalah langkah atau urutan bagaimana cara menggunakanya dengan baik dan benar sesuai fungsinya.



1. Membersihkan body motor

Tahap awal adalah membersihkan bidang yang akan kita cat, Bila ada bekas lem dari stiker segera hilangkan dengan bensin dan dempul di ada yang lecet atau pecah. Biar nanti cat menempel sempurna amplas permukaan dek hingga terlihat lebih kesat dan warnanya jadi doff dengan amplas 400, dibarengi dengan mencucinya pakai sabun untuk menghilangkan sisi obat mengkilap/semir.

Jika dek sudah pernah dicat ulang dengan pilox, setelah diamplas aplikasikan epoxy primer secara merata. Bila cat lama masih ori tidak perlu dipoxy atau bisa langsung ditimpa cat.

Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Mengapa bekas cat pilox perlu di poxy ?? Seperti yang kami katakan tadi kualitas pylox dibawah cat kompresor. jadi bilalangsung ditimpa akan langsung ngangkat atau keriting akibat tidak kuat ditimpa matrial berkualitas diatasnya.

2. Lapisan cat dasar

Bila permukaanya dipoxy, tunggu agar mengering keras. Setelah kering bisa diamplas dengan 400 bekas yangs udah kita pakai tadi hingga menghasilkan permukaan yang halus. Oh iya saat pengampalsan basahi dengan air ya sob, agar licin dan menghindari gesekan.

Untuk cat dasar menyesuikan warna cat inti ya masbro, misal warna cat dasar merah maroon hitam dan merah ferary putih super white, dan hijau stabilo putih.

Pemberian warna cat dasar harus menutupi ke seluruh objek yang akan diwarnai. Agan bisa mengaplikasikannya sebanyak 3 lapis hingaa merata disetiap sisinya.

Sedangkan thiner yang dipakai untuk campuranya adalah tipe A dengan takaran cat dan tiner yang pass tidak terlalu kental dan encer. 

3. Cat inti

Jika sudah kita tinggal menyemprotkan cat inti yang sebelumnya sudah diencerkan dengan thinner super. Saat mengecat jangan langsung terbal ya masbro, cukup disemprotkan secara tipis tipis dangan carak spraygun 10-15cm. Jarak yang terlalu jauh justru menghasilkan permukaan yang kasar, sebaliknya jika terlalu dekat kemungkinan besar akan meleleh. Pengecatan yang langsung tebal juga membuat cat lama langsung ngangkat akibat tidak kuat.

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula 

Untuk menghindari cat tebal tipis pastikan cat yang keluar dari spray gun tidak pecah dan keluar lebih lembut seperti kabut. Dengan begitu hasil repair agan terlihat halus tanpa tekstur kulit jeruk

4. Proses pernis

Oh iya untuk jeda antara cat dan clear coat jangan terlalu lama ya masbro. Untuk menghasilkan cat kilap basah semprotkan clear coat sebanyak 3 lapis dengan memberi jeda disetiap lapisanya. Bila menginginkan hasil lebih bagus dan halus sebaiknya saat tahap coating memakai spray gun F100 dari merk berkualitas.

Baca juga  Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Mungkin tak sedikit temen-temen yang mengeluhkan clear coat lama kering atau tidak bisa keras. Permasalahan ini dapat terjadi apabila memakai tiner super atau A sebagai campuranya. Jadi agar permasalahan ini tidak terjadi pada anda sebaiknya gunakan tinner tipe PU untuk campuran pernis dan jangan lupa mencampurkan hardener/pengering.

5. Tahap poles

Mempoles cat baru bisa dilakukan bila clear caot sudah mengering keras, setidaknya 5-8 jam lamanya. Untuk cat motor sebetulnya tanpa dipoles juga gak maslah ya masbro, hanya sama bila pengen hasil lebih halus tanpa ada bekas debu yang menempel anda bisa mempolesnya sendiri.

Beda lagi bila mengecat warna doff tidak usam dipoles, bila di kompon justru warnanya jadi mengkilap.

Yang perlu di waspadai saat megecat dengan kompresor adalah air dari dalam tabung ikut keluara bercampur cat, jika ini terjadi cat akan timbul bintik bintik dan menjadi penyebab clear coat bolong bolong.  Jadi agar permasalahan ini tidak terjadi sebaiknya gunakan filter air yang dipasang dibawah spray gun atau menguras tabung kompresor secara berkala.

Nah itu tadi beberapa rangkuman cara mengecat  body motor dengan kompresor agar mengkilap dengan hasil yang diharapkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya. 


 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas