Perbedaan Spray gun HVLP dan LVLP untuk Cat Mobil dan Motor

Perbedaan spray gun hvlp dan lvlp - Hallo dulur... Spray gun merupakan alat atau kompoen penting dalam dunia pengecatan, dimana berfungsi mengantomisasi/menyemprotkan cat yang dikabutkan dengan bantuan angin bertekanan dari kompresor. Fungsinya yang sangat fital ini membuatnya harus dalam kondisi bersih agar saat digunakan cat yang keluar dari lubang nozzel tidak kasarbahkan pecah tengah.

Spray gun untuk mengecat mobil dibedakan dari beberapa tipe namun yang sering digunakan adalah F75 dan F100. Sedangkan untuk motor lebih bagus pakai R2 dan R3, paling pas buat ngecat objek yang tidak begitu lebar. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini ada pilihan spray gun elektrik dimana cara kerjanya pakai tenaga listrik tanpa butuh udara dari kompresor. 


 

Saat ini juga tersedia spray gun dengan teknologi hvlp dan lvlp dimana semburan cat yang dihasilkan lebih lembut dan irit, bahkan untuk satu cup kapasitas 400cc cukup untuk mengecat satu panel pintu mobil dengan tiga kali lapisan. Berbeda dengan konvensional/biasa yang sedikit boros dan finishing cat teksturnya cenderung kasar dan sulit menghasilkan warna glossy. Lantas mana yang lebih baik ??

Perbedaan spray gun hvlp dan lvlp untuk cat mobil dan motor

 

  • HVLP  

 

High Volume Pressure merupakan tipe air spray gun dimana sudah dimodifikasi secara khusus yang bertujuan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan matrial clear coat maupun cat. 

Teknologi yang telah disematkan dirancang khusus untuk memperoleh hasil atomisasi atau mengkabutkan cat yang keluar dari lubang nozzel tanpa butuh tekanan angin yang lebih banyak. Dengan begitu cat dapat difokuskan pada titik objek yang dicat, sehingga residu yang ditimpulkan tidak terlalu banyak.

Baca juga 3 Merk Clear Jahat Harga 100 Ribuan , Bagus dan Berkualitas 

Teknologi hvlp hanya butuh tekanaqn udara minimal 2.0 bar, berbeda dengan spraygun konvensional atau biasa yang butuh lebih banyak 3-3.5 bar. Sehingga spray gun tipe pertama ini termasuk multifungsi ya masbro dimana dapat dipakai buat epoxy, top coat, clear coat atau selear. Dengan tekanan udara yang rendah jadi nilai plus pada kompresor tidak hidup terus menerus daan yang masti hemat listriknya.

Beberapa merk spray gun terbaik yang sudah memakai teknologi hvlp diantaranya wipro F100, meiji, sagola junior g, ACE spray gun dan tipe lainya.


  • LVLP

 

 Low Volume Low Pressure, merupakan perkembangan dari HVLP dimana jumlah udara yang dibutuhkan juga lebih rendah atau sama dengan sistem lainya. 

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Kelebihan bila dibandingan dengan hvlp adalah dapat berprofesi dengan viskositas yang tinggi dan dapat dipakai pada semua bahan auto refinish sealer, top coat, base coat serta epoxy. Kecepatan kerjanya cukup rendah tak jauh beda dengan model hvlp oleh sebab itu spray gun ini tak layak dipakai buat objek yang sempit, pasalnya semburan cat yang keluar cukup lebar jadi banyak partikel yang terbuang.

Baca juga Reaksi Cat NC Bila Ditimpa Clear PU.. Bagaimana Hasilnya ??

Jadi mana yang lebih bagus ??? Untuk saya sendiri pakai yang hvlp, yaa lebih mantap gitu hasilnya. Lebih lembut bahkan mampu menghasilkan tekstur kulit jeruk yang halus seperti cat ori.  Namun semua kembali pada si pengguna ya, jika sudah terbiasa pakai spray gun mau pakai model apa saja tentu hasil cat yang didapat bisa maksimal.

Oke demikian lah sedikit review singkat perbedaan spray gun hvlp dan lvlp untuk mengecat mobil dan motor. Mau pakai tipe apa saja bila pintar menyeting nya cat yang dihasilkan tentu jauh lebih bagus. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas