Jenis Pelindung Cat Mobil Dari Sinar Matahari yang Aman Digunakan

Jenis pelindung cat mobil dari sinar matahari - Hallo dulur.. Saat ini peminat kendaraan roda empat grafiknya semakin meningkat baik itu seken atupun baru dari dealer langsung. Namun banyak juga yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat mobil dengan baik dan benar. Banyak kit jumpai beberapa mobil tipe terbaru warnanya sudah terlihat usang terlihat tidak terawat bahkan ada beberapa bagian yang telah kropos yang mengurangi nilai estetikanya.

Penyebab memudarnya cat mobil sendiri diakibatkan dari beberapa faktor ya, yakni akibat seringnya terpapar panas matahari dimana pancaran ultra violet secara langsung mampu merusak struktur lapisan cat. Sehingga mobil yang sering keluar rumah butuh perlindungan ekstra agar warnanya tidak memudar bahkan cepat kusam. Selain panas guyuran air hujan yang menggandung zat asam tinggi juga mampu mempercepat terjadinya proses korosi serta menimbulkan jamur pada permukaan cat jika tidak segera dibersihkan.

Selain merusak cat efek mobil terkena sinar matahari juga membuat karet wiper cepat getas dan kehilangan ke estisitasnya, tentu bila ini terjadi akan membuat baret pada permukaan kaca saat berputar. Jadi jika tidak dipergunakan sebaiknya pilihlah tempat parkir yang cukup teduh atau jika terpaksa tidak ada salahnya menutupi sisi body yang kemanasan dengan kardus bekas atau benda lainya.

Jenis pelindung cat mobil dari sinar matahari yang aman

  • Penggunaan sarung body

Bagi yang tidak memiliki tempat garasi mungkin akan kebinggungan untuk sekedar letekkan mobil agar terhidar dari panas matahari serta guyuran air hujan. Namun tenang masih ada alternatif lain kok masbro yakni dengan memakai sarung body.

Tentu memilihan sarung body tidak boleh asal ya masbro, pasalnya tak sedikit yang merasa kecewa akibat memakai selimut mobil justru cat malah rusak. Beberapa permasalahan yang sering terjadi adalah cat justru menguning yang sulit dihilangkan meski telah dikompon sekalipun.



Agar lebih aman sebaiknya pilihlah sarung body berbahan fabric dimana sudah dilengkapi lapisan coating serta tahan terhadap air. Sebaiknya pilihlah warna terang dan mencolok untuk menantulkan sinar matahari sehingga tidak meresap ke lapisan cat.

  • Pemilihan lapisan coating

Untuk mobil yang sering berpergian out door, sebaiknya memberikan lapisan coating pada permukaan cat penting dilakukan setidaknya 2 minggu sekali atau setelah dicuci. 

Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Bagi berbudget besar coating nano ceramic bisa jadi pilihan dimana mampu melindungi cat dasri sinar UV serta bisa dijadikan andi gores dari cakaran kuku yang daya kilpanya mampu bertahan 2 tahun lebih dengan melakukan perawatan secara teratur.

Namun jika ingin coating sendiri dirumah sebetulnya cukup simpel kok yakni dengan membeli produk pengkilap komersil yang mudah didapat. Mulai dari ultra coating, super gloss, color protection atau produk detailing lainya.

Selain memberi perlindungan dari sinar UV, memberi lapisan coating juga mempu memberi efek daun talas diaman air hujan langsung jatuh ke bawah tanpa meninggilkan bekas water spot pada permukaan cat yang membuat jamur yang sulit hilang. 

  • Penggunaan clear coat berkualitas

Jika ingin mengecat ulang mobil sebaiknya pikir-pikir dahulu mau pakai bahan biasa atau bagus pasalnya ini menjadi pentu awet tidaknya kedepan. Rugi kan sudah mengeluarkan biaya cukup mahal tapi mekaikan bahan kualitas standar.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Jadi kami sarankan gunakan cat berkualitas tingga serta memakai clear coat PU sebagai lapisan coatingnya. Ya.. Selain mengkilapkan fungsi clear coat sangat fital masbro, lapisan terluar cat ini menjadi pelidung/tameng dari berbagai benturan serta panas matahari maupun air hujan.

Oke jadi sudah tahu bukan jenis pelindung cat mobil dari sinar matahari yang aman digunakan. Untuk membuatnya tetap kinclong lakukan proses pemolesan cara berkala atau sekedar melakukan proses wax sebelum berkendara saat siang hari. Semoga bermanfaat, nexs akan kamu ulas info otomtif menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas