Fungsi dan Perbedaan Thinner A dan B.. Mana Yang Unggul

Fungsi dan perbedaan thinner a dan b - Tiner merupakan zat cair tidak berwarna atau bening yang banyak diaplikasikan untuk mengencerkan cat kayu, besi serta bahan finishing lain diantaranya clear coat atau pengencer hammertone pelapis anti karat. Selain melarutkan penggunaan thiner juga berdampak langsung dengan hasil pengecatan, jadi penting untuk pemula mengetahui jenis jenis nya serta cara mencampur yang benar.

Secara fungsi thinner adalah zat air yang memiliki banyak kegunaan, namun fungsi utamanya adalah menurunkan tingkat kekentalan bahan- bahan finishing sehingga mudah digunakan baik memakai alat spray atau kuas. Dibanding dengan bensin penggunaan thinner lebih efisien diamana memiliki kelebihan diantaranya cepat kering dengan tingkat glossy yang tinggi serta menempel sempurna pada objek.

Kandungan thinner

Sebelum membahas lebih jauh akan jenis-jenisnya, perlu kalian tahu thiner merupakan zat cair yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Sebab didalam komposisi bahan tinner terdapat toluena atau dikenal sebagai metilbenzena atau fenilmetan.

Toulena merupakan cairan bening tak berwarna dan larut dengan air. Cairan tersebut memiliki bau sangat menyengat sehingga membahayakan kesehatan saat dihirup dalam waktu yang lama. Jadi guna menjaga diri gunakan perlindungan masker saat bekerja agar tidak masuk kedalam tubuh anda. Bahkan jika tidak terbiasa bila tiner mengenai kulit akan menyebabkan iritasi, gatal dan panas seperti terbakar.

Fungsi dan perbedaan thinner a dan b

Tak hanya satu thinner juga banyak macamnya, setidaknya thinner dibagi jadi dua jenis diantaranya :

 Thinner PU polyurethane

Setidaknya ada dua jenis thinner PU atau bakar yang tersedia dipasaran, yakni tiner PU Slow dan Exstra slow. Perbedaan keduanya terlepat pada waktu lamanya pengeringan, namun untuk hasil akan lebih mengkilap dan tahan lama jika pakai ekstra slow.

Baik slow atau ekstra slow sangat cocok dipakai untuk mencairkan bahan refinishing seperti clear coat. Dan kami sarankan tidak dipakai sebagai campuran cat yaa masbro.

Thinner NC nitro cellulose

Sementara untuk NC setidaknya anda empat jenis yang difungsikan sebagai pelarut cat, yakni thinner A A Spesial, B, Super, HG dan ND

Meski keempat jenis tadi sama-sama bisa dipakai sebagai pelarut cat atau epoxy, namun waktu pengeringan serta tekstur cat yang di hasilkan cendrung beda. Jadi untuk pelarut cat dan sebaiknya pakai jenis Super. 

Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Pakah thinner NC atau biasa bisa untuk clear coat ?? Sebetuknya sih bisa dan sah sah saja ya masbro, hanya saja tingkat kualitas masih lebih unggul penggunaan tiner PU, yang lebih glossy dalam jangka waktu yang lama.

Beda tiner A dan B

Ada dua jenis thinner yang memiliki perbedaan mendasar pada waktu lama pengeringan, yaitu thiner A dan thinner B. Lantas apa perbedaanya ??

Thinner A

Lebih difungsikan sebagai pengencer bahan finishing dalam dunia otomotif yakni sebagai pengencer cat duco. Dimana membutuhkan kualitas pengencer yang lebih unggul untuk menghasilkan pengecatan yang mengkilap lebih lama serta tahan dalam berbagai cuaca. Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Dengan menggunakan thiner a waktu kering cat bisa lebih cepat, serta bisa juga dipakai sebagai campuran epoxy dan cat melamin kayu.

Thinner B

Sedangkan untuk jenis B lebih difungsikan sebagai pengencer cat sintetis untuk pengecatan kayu, pagar rumah dan mengecat besi. Dibanding memakai bensin penggunaan thinner b justru lebih baik, toh harganya hanya terpaut sedikit. Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Apakah thiner B bisa sebagai campuran cat duco ? Kalau menurut saya sih sebaiknya jangan ya, karna bisa membuat cat menggumpal atau susah larut sehingga saat diaplikasikan dengan teknik spray akan lebih sulit.

Nah, demikian ulasan dari fungsi dan perbedaan thinner a dan b, penggunaan yang sesuai fungsinya tentu menghasikan pengecatan yang lebih unggul dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Sekiana dan terimasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas