Perbedaan Thinner PU Dakar Vs Autoglow Untuk Clear coat

 Perbedaan thinner PU Dakar vs Autoglow untuk clear coat - Hallo dulur... Tak sedikit orang yang ingin mencoba melakukan proses pengecatan ulang body mobil atau pun motor. Bukanya tanpa alasan, pasalnya tak sedikit biaya yang dikeluarkan buat restorasi mobil, bahkan untuk full body saja mencapai 7 jutaan. Itupun jika dikerjaan pada bengkel pinggir jalan, mungkin bisa lebih malah bila ke bengkel resmi.

Bisa dikatakan pengecatan sebuah mobil terkadang gampang-gampang susah, pasalnya terkadang ditengah-tengah pengerjaan mengalami beberapa hambatan seperti cat keriting akibat tidak kuat ditimpa cat baru. Atau justru warna catnya tidak semua atau tidak bisa nyatu/menyambung dengan warna lama.

Yaa.. Meski sudah memiliki jam terbang lama, toh terkadang juga mengalami beberapa permasalah. Bahkan saya sendiri meski sudah 5 tahuan ngecat, kemarin saja hasil reapir tidak seperti yang diharapkan karena muncul bintik-bintik diatas permukaan clear coat. Tentu ini akan mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan, sehingga proses pengecatan perlu diulangi kembali.

Untuk menghasilkan pengecatan yang mulus tentu tak luput dengan pemakian bahan auto refinish berkualitas mulai dari pemakian jenis thinner, clear Coat atau penggunaan catnya. 

Bahan untuk mengecat mobil sebetulnya ada dua pilihan yakni tipe biasa NC Nitro Chelulosa atau bakat PU Poly Urethane. Bila mengutamakan kualitas sih kami sarankan pakai yang PU ya masbro, meski harganya sedikit lebih mahal namun sebanding dengan kualitas yang didapat.

Perbedaan thinner PU Dacar Vs Autoglow untuk clear Coat

Thinner dakar dan Autoglow sendiri merupakan tipe tinner PU yang mana difungsikan untuk melarutkan pernis dengan perbandingan thinner, clear Coat dan hardenner yang sesuai.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Dengan memakai thinner PU/bakar mampu menghasilkan tingkat glossy lebih maksimal ketimbang menggunakan tinner jenis super. Kelebihan lain yang didapat adalah pernis lebih cepat kering dan keras 3 sampai 5 jam tanpa perlu mesin pengering oven.

Thinner Dakar

Mungkin beberapa temen-temn sudah tidak asing dengan produk refinis ini. Ya betul masbro.. Thinner dakar merupakan jenis PU yang idelanya untuk campuran clear coat. Kemasanya sendiri berwarna kuning ke emasan yang harga perliternya 40 ribu dan ukuran galon dengan isi 5 liter 135 rubuan, mungkin beda lokasi beda harganya.

Kelebihan

Beberapa keunggulanya diantaranya waktu pengeringan bisa dikatakan sangat singkat, bahkan hanya 2 jam sudah bisa dipoles dan untuk kering sentuh 30 menit. 

Mampu meningkatkan glossy pada clear coat, cocok dipakai buat tambala sulam cat atau buat pengecatan full body serta dapat digunakan dalam berbagai cuaca meski sedang mendung sekalipun. Namun saran kami jeda proses pernis saat sedang hujan karna bisa menyebkan clear coat berkabut.

Selain tipe PU thinner dakar juga menyediakan beberapa jenis tiner yakni tipe Super, HG, ND yang bisa anda jadikan sebagai campuran cat atau untuk melarutkan epoxy.

Baca juga UNBOXING.. Perbedaan Spray Gun F75 dengan F100 Untuk Cat Mobil

Thinner Autoglow

Dibanding dengan dakar saya justru sering pakai autoglow sebagai campuran clear coat, bahkan sudah 2 tahun berjalan. Selain thinner autoglow juga menyediakan clear coat 2 versi yakni kaleng bundar kualitas standar menengah dan keleng gepeng untuk kualitas menengah keatas, paling pas dipakai buat pengecatan mobil pribadi.

Kelebihan

Kelebihan thinner PU Autoglow diantaranya mampu meningkatkan glossy pada clear coat meski pernis harga murah sekalipun 100 ribuan. Bisa diaplikasikan dalam berbagai kondisi cuaca dan bisa pakai meski tanpa mesin pengering atau in door.

Namun sayang dibandingkan dengan Dakar thinner Autoglow waktu pengeringanya lebih lama bahkan terpaut 2 jam lebih untuk kering kerasnya.

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Sementara untuk harga lebih mahal ya masbro yakni 45 ribuan isi 1 liter untuk wilayah jateng dan sekitarnya. 

Kesimpulan

Bisa disimpulkam thinner autoglow lebih unggul iya masbro, dimana tingkat gossy yang dihasilkan lebih tinggi, meski clear yang dipakai kelas murahan harga 100 ribuan. Sementara untuk waktu pengeringan lebih cepat yang PU dakar.

Jadi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena waktu pengeringan lebih cepat tinner dakar saya pakai pada pengerjaan mobil-mobil rental, diamana proses pengerjaan harus dituntut cepat karena sudah ditunggu orderan konsumen.

Oke, diatas merupakan poin-poin penting perbedaan thinner PU Dakar Vs Autoglow untuk campuran clear coat. Pendapat diatas saya ambil sesuai fakta dilapangan secara langsung, mungkin beberapa temen-temen bisa menambahkan bisa sudah mencoba kedua merk tiner bakar tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas