Rahasia Cat Blok Mesin Agar Awet dan Tahan Panas

Cara cat blok mesin agar awet dan tahan panas - Hallo dulur.. Mengecat merupakan suatu langkah atau pilihan akhir untuk mengembalikan suatu objek agar terlihat baru kembali dan dapat dilakukan dengan dua cara yakni dengan cat kompresor atau yang paling sederhana pakai pilox, tanpa perlu mencampur dengan thinner, tinggal kocok beberapa detik kemduian semprotkan pada objek.

Meski terlihat begitu mudah sebetulnya ada teknik yang perlu dikuasai guna memperoleh hasil pengecatan yang halus dan awet. Tak sedikit yang mengeluhkan hasil pengecatanya yang tidak bisa mengkilap bahkan terkelupas saat mengalami gesekan, ya baik pakai pilox atau kompresor jika dilakukan secara asal tentu hasilnya akan kurang baik.

Selain untuk mengecat diatas permukaan body plastik atau plat besi pada mobil, cat juga dipakai buat lapisan besi atau logam agar tidak cepat berkarat dan lebih menarik saat dipandang layaknya pada blok mesin motor. Seperti kita tahu kondisinya yang selalu panas hingga 1000 derajat mengecat blok mesin perlu dilakukan dengan benar agar tidak terbakar atau terkelupas.

Cara cat blok mesin agar awet dan tahan panas

Agar cat tidak tak terkelupas akibat objek terlalu panas dibutuhakan bahan auto refinishing berkualitas, baik penggunaan cat, thinner maupun clear coatnya. Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas

Namun itu semua tidaklah cukup dibutuhkan teknisi khusus saat proses pengecatan dari tahap awal hingga akhir yakni proses coating.  Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan dibawah ini.


Pengamplasan

Tentu sebelum mengecat dimulai proses pengamplasan penting untuk dilakukan agar nanti cat bisa menempel sempurna. Untuk amplas gunakan ukuran 400 dan amplas secara menyeluruh permukaanya. Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Untuk menghilangkan bekas oli gunakan sabun colek atau bubuk dan gosok dengan sikat gigi hingga kesela tersempit. Dan pastikan bebas dari oli sebelum dilapisi cat kembali.

Pelapis epoxy

Tahap kedua adalah dengan memberi lapisan epoxy primer, lantas apakah aman tanpa dipoxy atau langsung dicat ? Begini jika yang akan kita timpa masih cat ori pabrik, sangat aman dan tak perlu khawatir akan mengelupas. Sebaliknya jika bekas cat pilox atau sudah pernah dicat ulang penting untuk memberi lapisan poxy terlebih dahulu.

Epoxy cukup dilapiskan 2 lapis saja ya agar saat dicat terlehat tebal. Takaran poxy hardenner dan thinner juga harus sesuai agar menghasilkan lapisan yang keras dan lengket sempurna.

Sebelum dilapis cat tunggu poxy kering sempurna, setidaknya 4 sampai 8 jam. Mungkin jika pakai cat semport waktu pengeringan bila lebih lama.

Tahap pengecatan

Jika poxy sudah mengering barulah diamplas hingga permukaanya halus dengan ukuran amplas 400. Pengamplasan cukup dilakukan secara pelan agar poxy tidak habis terkikis amplas.

Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Jika sudah, tinggal melakukan proses pengecatan secara merata 3 sampai 4 lapis dengan jarak pengecatan 15-20 cm dengan memakai tiner super sebagai pengencer nya. Untuk menghasilkan permukaan cat yang halus tanpa tekstur kulit jeruk pentig mengetahui Takaran antara cat dengan thiner.

Bila yang dipakai cat pilox sebaiknya pilihlah produk berkualitas yang tahan panas hingga 1000 derajat dan anti bensin. Beberapa kriteria tersebut ada pada pilox diton premium atau samurai paint yang memang teruji akan kualitasnya.

Proses clear Coat

Langkah akhir adalah dengan memberi lapisan clear Coat. Selain mengkilapkan fungsi pernis adalah sebagai pelindung cat atau bisa dikatakan sebagai anti gores, sehingga warna cat akan lebih awet karena terlindungi.

Jika menginginkan hasil cat yang kinclong dan tahan lama sebaiknya pakai clear Coat tipe HS dan gunakan thinner PU sebagai pengencer nya.

Sebelum dipasang kembali tunggu hingga clear Coat mengeras, untuk menghindari lecet saat pemasangan. 

Sebetulnya sih cat blok mesin tanpa bongkar bisa saja yakni dengan menutup rapat-rapat dengan isolasi dan koran agar cat tidak mengenai bagian lain seperti soket kabel atau lainya.

Jadi kunci agar cat tidak terkelupas akibat kondisi mesin yang selalu panas adalah dengan menggunakan bahan berkualitas serta perlu dilapisi epoxy jika sudah pernah dicat ulang. Untuk pemakian pilox sebaiknya gunakan merk berkualitas yang memang diformulasikan anti panas.

Bisa dikatakan cara cat blok mesin agar awet dan tahan panas tak juah beda dengan pengecatan pada body mobil atau motor. Hanya saja penggunaan bahan harus benar-benar berkualitas agar tidak cepat terkelupas bahkan melekeh. Sekian dan terima kasih sudah mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas