Jenis Kompresor Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Jenis kompresor yang bagus untuk cat mobil dan motor - Untuk menghasilkan pengecatan yang lebih rapi dan rata, dibutuhkan tekanan angin yang stabil sehingga partikel cat yang keluar dari spary gun dapat diantomisasi secara sempurna. Tak jarang beberapa temen temen yang mengeluhkan hasil repair tidak seperti yang diharapkan. Rugi dong... Udah keluar duit jutaan rupiah tapi hasil yang di dapat kurang memuaskan.

Menang untuk menghasilkan cat kilap basah tanpa tekstur kulit jeruk bukan perkara gampang, pasalnya menggunakan merk spray gun yang bagus saja tidak cukup. Nah bagi temen temen yang ingin belajar mengecat mobil tidak adaa salahnya untuk membaca artikel ini sampai tuntus agar nantinya tidak menemui kendala saat proses mengecat berlangsung. 

Sebelum proses mengecat dimulai agan perlu menyiapkan berbagai macam bahan serta peralatan yang tak kalah penting. Dimulai dengan menyiapkan kape untuk mendempul, mesin, gerinda, poles dan yang tak kalah penting adalah spray gun beserta komprersor. Untuk spraygun nya temen temen bisa pakai F75 F100 sedangkan untuk body motor dengan objek yang tidak begitu lebar bisa menggunakan spray gun K3. 

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi keberadaan spray gun memiliki peran penting sebagai pelontar cat sekaligus mengantomisasinya agar partikel yang dikeluar lebih lembut layaknya kabut. Namun semua ini bisa berlangsung secara mulus bila speek kompresor mumpuni. Pasalnya jika tekanan angin kurang hasil repair bisa dikatakan kurang begitu maksimal.

Jenis kompresor yang bagus untuk cat mobil dan motor

Kompresor sendiri terdapat dua model yakni memakai tenaga bensin dan listrik, keduanya sah sah saja bila untuk mengecat mobil motor. Namun Umunya yang berbahan bakar bensin ukuranya lebih besar yang dilengkapi dua piston dengan menggunakan vbelt sebagai pengeraknya, jadi tekanan angin yang dihasilkan pun cukup besar.

Untuk mengecat mobil maupun motor baiknya pilihlah komporesor yang tidak mengeluarkan air cukup banyak serta oli tidak ikut tercampur air. Untuk mengurangi kandungan air tidak ada salahnya agan memakai fillter air yang diletakan di bawah spray gun dan pada kompresor itu sendiri. Pasalnya bila percampur air cat akan bintik bintik kecil bahkan bolong bolong terutama saat proses clear coat berlangsung.

Baca juga Cara Sederhana Mengatasi Kompresor Sering Keluar Air

Nah untuk mengecat mobil paling minin anda memakai kompresor listrik ukuran 1 HP imola 125 1 PK 25L imola 125, seperti produk dari lakoni, lakoni, wippro dan lainya dengan harga kisaran Rp 1.200.000 tergantung merk dan kualitasnya. Sedangkan untuk spraygun menggunakan tipe F75, K3 atau F100. 

Namun jika mengecat kendaraan besar seperti body Elf atau Bus saya sarankan menggunakan kompresor 2 piston dengan daya HP 2 HP keatas kapasitas 190 liter/menit.  Dengan begitu tekanan agin bisa stabil tanpa menunggu tabung penuh.

Bila hanya untuk cat motor agan bisa menggunakan kompresor mini 12v untuk mengecat. Namun penggunaan spraygun juga disesuaikan yakni K3, R2 atau R3, bila menggunkan tipe lebih besar seperti F75 butuh tekanan angin cukup besar. 

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jika berat diongkos temen bisa menggunakan spray gun elektrik, dimana sistem kerjanya tidak butuh udara dari kompresor. Kita cukup menyambungkan ke listrik angin secara otomatis akan keluar saat spraygun ditekan. Namun menurut saya hasil pengecataan lebih bagus pakai yang konvensional, jadi pilihlah dengan bijak sesuai kebutuhan.

Nah demikian tadi jenis atau tipe kompresor yang bagus untuk cat mobil dan motor penggunaan yang disesuaikan dengan fungsinya tentu menghasilkan repair yang lebih baik. Sebaiknya sebelum proses mengecat dimulai buang endapan air dengan cara melepas baut yang ada di bawah tabung serta memang filter air agar tidak tercampur dengan angin. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas