ANTI GAGAL !!! Cara Yang Benar Mengecat Warna Biru Candy

Cara yang benar mengecat warna biru candy - Hallo dulur.. Bisa dikatakan pengecatan candy tone lebih sulit ketimbang cat biasa, pasalnya tak sedikit yang merasa gagal atau kurang puas dengan hasil repair yang diperoleh. Saya sendiri waktu pertama kali nyoba hasilnya pun kurang begitu maksimal, namun setelah dipelajari ternyata teknik yang dipakai tak jauh beda saat mengecat putih mutiara

Proses pengecatan ulang sendiri sebagai langkah menghilangkan rasa bosan akibat warna bawaan pabrik yang itu-itu saja. Atau sekedar restorasi belaka guna membuat kendaraan seperti terlahir kembali. 

Tak bisa dipungkiri seringnya penggunaan motor lambat laun warnanya akan mulai berubah dan ada beberapa yang pecah-pecah akibat pantulan sinar UV yang berlebih. Perlu anda tahu bahwasanya cat motor ori ori pabrik sebetulnya tidak diberi lapisan coating clear coat.

Ini bisa dibuktikan saat anda mempolesnya dengan kompon putih dimana warna catnya justru berpindah pada lap yang kita pakai. Kalaupun terlapis pernis cat tidak akan mudah terkikis begitu saja meski kita kompon sehari semalam. Jadi penting untuk mengetahui produk detailing mana yang aman buat perawatan  motor anda.

Cara yang benar mengecat motor warna biru candy

Proses pengecatan ulang body motor sendiri dapat dilakukan dengan dua metode yakni dengan cat semprot pylox atau cat kompresor yang sering disebut duco paint. Beberapa warna yang digemari jiwa muda adalah blue candy atau biru yamaha movistar.



Seperti yang sudah kami singgung tadi mengecat warna blue candy tidaklah mudah, bila dilakukan secara asal justru terlihat belang kehitaman dan tidak rata. Ini akan jelas terlihat saat mengenai pantulan matahari.

Nah agar tidak salah kaprah berikut adalah turtorial atau teknik pengecatan warna biru candy yang benar baik dengan pilox atau cat kompresor.

Steep pertama,

Langkah awal tentu adalah proses pengamplasan dengan ukuran 400 keseluruhan objek yang akan dicat. Jika sudah cuci dengan air sabun guna menghilangkan bekas oli ataupun minyak dari obat pengkilap hilang.

Jika atau bagian yang rusak seperti baret penyok atau pecah, anda perlu menghaluskanya dengan melakukan proses pendempulan. Dengan begitu saat dicat nanti lebih terlihat mulus dan nampak wet look.

Steep kedua,

Selajutnya bisa melakukan proses epoxy filler sebanyak 2 lapis dan merata mengenai seluruh permukaan objek. Jika pakai cat kompresor untuk poxy anda bisa pakai thiner HG atau super, pakai tiner A juga tidak begitu masalah hanya saja tekstur poxy cenderung kasar dan lama kering.



Fungsi epoxy disini memiliki peran penting ya masbro, dimana agar cat baru menempel sempurna terutama objek yang dicat body plastik tekstur kulit jeruk.

Steep ketiga,

Langkah selanjutnya adalah tahap cat dasar, namun sebelumnya epoxy sudah dalam kondisi kering dan telah diamplas hingga permukaanya lebih halus.


Mengapa epoxy perlu diamplas ? Begini, sebenarnya langsung ditimpa cat sih tidak begitu masalah. Hanya saja hasil repair anda cenderung kasar dan potensi jadi kulit jeruk lebih tinggi. Sementara untuk ukuran dan cara mengamplas poxy gunakan amplas nomor 4000.

Jika sudah kita bisa naik ke proses cat dasar. Pemilihan warna cat dasar ini jangan dianggap sepele ya masbro, karena jika keliru warna cat inti dapat berubah bahkan membuat cat inti lama nutup.



Untuk mengecat khusus warna biru candy cat dasarnyaa wajib cristal silver yang diaplikasikan secara merata 3 sampai 4 lapis hingga menutupi seluruh lapisan epoxy. 

Untuk cat dasar penggunaan thiner masih sama yakni tipe super sehingga menghasilkan lapisan cat dasar yang halus dan merata.

Steep keempat,

Langkah berikutnya adalah tinggal mengaplikasikan cat inti blue candy. Namun sebelumnya cat dasar perlu dibiarkan hingga kering dan diamplas dengan ukuran 1500 hingga permukaan halus saat diraba tangan.


Proses pengamplasan sangat penting disetiap steepnya ya masbro. Ya.. untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan mengkilap memang butuh kesabaran dan memakan waktu cukup panjang.

Oke bila sudah diamplas tinggal menyemprotkan cat inti sebanyak 3 sampai 4 lapis hingga rata keseluruh objek dan warna cat dasar tidak terlihat dengan jarak pengecatan antara 15 cm. 


Cara mengecat yang benar adalah dilakukan secara tipis-tipis dan beri jeda disetiap lapisnya. Jika dilakukan langsung tebal cat justru terlihat menumpuk dan gosong kehitaman.


Oh iya.. Untuk spray gun anda bisa pakai K3 jika motor yang dicat dan F75 buat pengecatan mobil. Penggunaan spray gun yang sesuai tentu menghasilkan pengecatan yang lebih baik.

Steep kelima,

Langkah terakhir adalah memberi lapisan clear Coat setelah cat kering dengan jeda waktu 20 sampai 30 menit. Untuk menghasilkan pernis yang wet look gunakan clear Coat berkualitas dan menggunakan thinner PU sebagai pelarutnya dan diaplikasikan 3 sampai 4 lapis.



Untuk menghindari cat lama keriting dan pernis meleleh, pada lapisan clear Coat pertama semprotkan tipis danmerata sebagai pondasinya. Jika sudah kering clear bisa disemprotkan pernis kedua ketiga dan begitu seterusnya. Pada lapisan terkahir kita tekan sprayun agak dalam sehingga cat akan terlihat lebih wet look dengan jarak 10cm. Jika terlalu jauh repair anda justru cenderung kasar, bila terlalu dekat rawan meleleh.

Steep keenam,

Sebetulnya proses pengecatan sudah berakhir ya masbro, hanya saja agar cat terlihat lebih halus tanpa tekstur kulit jeruk penting untuk melakukan proses poles. 


Pemolesan bisa dilakukan setelah clear kering sempurna setidaknya 8 sampai 12 jam. Jika sudah kita tinggal mengamplasnya dengan ukuran 2000 hingga permukaan clear coat halus dan merata. Slanjutnya tinggal mengoleskan kompon secara merata dan siap untuk dipoles, bisa pakai mesin atau manual menggosoknya dengan tangan menggunakan kain microfiber.

Proses poles bisa dihentikan setelah bekas amplasan tadi hilang dibarengi dengan cat yang terlihat halus dan lebih mengkilap. Terakhir tinggal melakukan proses wax untuk menghilangkan bekas kompon yang menempel. DAN SELESAI

Kesuksesan dari cara megecat warna biru candy adalah pemilihan warna cat dasar yang tepat yakni cristal silver. Untuk teknik pengecatan sih tidaklah jauh beda dengan cat jenis lainya, baik penggunaan thiner serta ukuran amplas yang dipakai. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas