Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear


Mengenal jenis-jenis tiner yang bagus untuk clear - Clear coat merupakan zat kental berwarna netral bening yang diaplikaksikan di tahap akhir proses mengecat mobil. Selain mengkilapkan clear juga bisa jadi pelindung cat dari beberapa goresan benda atau untuk pantulan sinar ultraviolet dimana sinar ini menjadikan warna mobil jadi cepat pudar.

Karena masih kental dibutuhkan thinner untuk mencairkanya agar mudah diaplikasikan dengan spraygun. Selain mengencerkan tinner juga perberan penting untuk menambah daya kilap cat. Meski anda memakai clear PU namun salah dalam memilihan tiner maka hasilnya kurang maksimal. Sebaliknya meski memakai clear premium kelas standar seperti laba laba jika memakai thinner berkualitas justru hasilnya akan lebih baik bahkan menambah daya kilap.

Seperti yang sudah dibahas kemarin jenis thiner digolongkan jadi dua bagian yaitu NC dan PU(bakar). Fungsi utama thiner NC adalah untuk melarutkan cat maupun epoxy filler. Karena memiliki harga lebih murah banyak yang memakai jenis NC dan tiner super sebagai pelarut clear yang membuatnya jadi cepat kusam bahkan tidak sampai 2 tahun.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super 

Biar cat lama mengkilap dan tahan lama gunakan tinner jenis PU(polyurethane) sebagai campuran clearnya. Agar tidak salah memilih dibawah ini akan saya jabarkan beberapa merk tiner yang bagus untuk clear.


1. Sikkens


Sikkens merupakan produk autodetailang yang sudah tidak diragukan lagi akan kualitasnya, banyak karoseri ternama menggunakanya sebagai autofinishing karena lebih mengkilap dan cat terlihat selalu basah layaknya air.


Karena masuk dalam produk berkualitas harga tinner sikkens HS per kaleng 115rb perliternya. Jika ingin membeli satu paket berisi autoclear plus HS ukurran 1liter, hardenner 1/2 liter dan tinner 1 liter anda perlu merogok kocek cukup dalam hingga 535rb.


2. Spies Hecker


Produk autodetailing dari jerman ini juga masuk daftar merk thinner PU yang bagus bahkan memiliki kualitas  yang tak mau kalah dengan sikknes HS. Meski anda memakai clear kelas standar jika dikasih tiner ini akan memberikan hasil yang lebih mengkilap seperti kaca.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Jika menginginkan hasil cat yang lebih anda patut menggunakan tiner spies hecker ini, agak mahal sih memang harga perkaleng nya saja 130rb isi 1 liter dengan perbandingan 1:1. Jika clear coatnya satu keleng anda cukup membeli 1 liter tinner.


3. Autoglow


Merk thinner PU yang bagus untuk clear coat lainya adalah Autoglow. Produk asli indonesia ini termasuk bahan finishing kelas menengah yang setara dengan nippon nex dan blinken. Namun jangan salah meski kelas standar hasilnya pun tak mau kalah dengan kelas menengah layaknya sikkens Hs.

Jika ingin menghemat biaya anda bisa memakai tiner ini sebagai campuran pernisnya yang perkaleng harganya 45rb. Jika menginginkan hasil yang maksimal pakai juga cleae coat autoglow kemasan gepeng.


4. Tanuri


Jika kami menginginkan hasil cat yang lebih mengkilap anda bisa menggunakan tinner merk tanuri sebagai campuran clearnya. Karena termasuk bahan autto refinish kelas menengah harga jual tiner tanuri 45rb perkalengnya dengan isi 1 liter.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap 


5. Propan


Jika menyebut propan tentu anda akan langsung befikir cat tembok. Namun saat ini pihak propan juga mengeluarkan berbagai produk auto refinishing mulai dari cat, epoxy filler, celar coat, kompon serta obat wax. Bahkan propan juga memiliki thinner Pu yang dipakai untuk mencampur clear coat.

karena termasuk kelas menengan harga thinner pu propan sama dengan yang lainya 40rb perbotol.

6. Auto bright


Thinner Autobright merupakan jenis tiner polyurethane yang mudah diaplikasikan serta mempercepat proses pengeringan meski tidak memakai mesin oven. Sedangkan untuk harga jualnya 40rb ditoko yang biasa saya kunjungi. Bahkan dikoto-toko online harganya lebih murah 35rb satu kaleng.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu 

Jika ingin lebih murah anda dapat membeli ukuran galon isi 5 liter seharga 135rb. Karena memiliki isi yang banyak sebaiknya jika masih tersisa simpan dibotol dan tutup rapat agar tidak susut.


7. Blinken


Mungkin kita sudah tidak asing dengan produk komersil ini, tidak hanya pada mobil produk blinken juga sering diapliasikan untuk mengecat motor. Tinner blinken dibedakan menjadi dua bc 20 dan bc 30 yang keduanya tidak ada perbedaan baik dari segi kualitas maupun daya kilap. Keduanya memberikan hasil yang sangat oke sangat cocok dipakai untuk melarutkan clear coat NC maupun PU.

Berbeda dengan jenis lain yang cepat kering, tinner blinken membutuhkan waktu cukup lama untuk siap diampas. Lambatnya proses pengeringan ini justru memberikan hasil maksimal pada cat kendaraan anda setelah dilapis varnish, tampak sangat mengkilap kayakanya kaca terutama pada warna hitam.

Karena masuk dalam deretan merk tinner yang berkualitas harga 1liter tiner blinken 60rb. Untuk mendapat hasil lebih baik gunakan clear coatnya juga.


8. Dakar 


Terakhir ada thinner pu dakar yang juga bisa dipakai untuk mendongkar daya kiap clear coat kelas standar. Bahkan tiner dakar ini memerlukan waktu yang cukup singat untuk siap dipoles. Saya sendiri juga pernah memakanya, dibutuhkan waktu  3 jam(dalam cuaca panas) untuk siap dikompon.

Sedangkan untuk harga jualnya 40rb perkaleng, dari ke delapan jenis thinner pu diatas merk dakar lah yang daya keringnya lebih cepat.

Tiner dakar polyurethane juga ada kemasan galon yang harganya lebih ekomonis ketimbang beli literan.


Kesimpulan

Tentu kita tahu selain sebagai pengkilap, tujuan melapisi cat dengan clear coat adalah untuk melindunginya agar tidak cepat pudar dan mengelupas. Jadi sangat dianjurkan memakai tinner PU untuk campuran clear coatnya.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara Yang Benar mengamplas Clear Coat Pada Cat Baru 

Dari 8 jenis diatas yang sering saya pakai adalah autoglow karena memiliki daya kilap lebih baik cepat kering dan harganya cukup murah. Namun jika menginginkan yang lebih bagus gunakan produk sikkens dan spies heacker.

Oke dulur seprofesi, Demikian sedikit info berbagai merk tiner yang bagus untuk clear. Penggunaan bahan finishing yang tepat tentu akan ada kepuasan tersendiri setelah melihat hasil pekerjaan yang cukup melelahkan.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas