Perbedaan Cat PU dan NC, Mana yang lebih unggul

Perbedaan cat pu dan nc - Hallo dulur.. Baru-baru ini banyak yang ingin mencoba mengecat mobil sendiri dirumah dengan alasan lebih menghemat biasa. Secara bila menyerahkan pada bengkel ahlinya bisa 3-5 jutaan untuk pengecatan full body, mungkin bisa lebih mahal bila dilakukan di bengkel resmi sekelas Nasmoco atau Auto 2000.

Tentu sebelum memulainya anda perlu menyiapkan berapa peralatan serta bahan yang berkualitas agar nantinya hasil pengecatan mampu bertahan lebih lama dalam berbagai kondisi. Sedangkan untuk alat agan cukup menyiapkan spray gun K3 untuk motor dan F75 mobil, karena objek cukup luas jadi butuh spraygun yang lebih besar. Yang tak bisa di tinggalkan adalah kompresor, anda bisa memakai kapasitas 1 HP kapasitas 25 liter yang harganya 1.2 jutaan.

Bila untuk mengecat full body sekelas kijang super atau avanza jumlah bahan yang perlu dipersiapkan adalah thinner super 1 galon 5 liter, epoxy filler 1 kg, cat dasar 2 kg, cat inti 2 kg sementara untuk clear coat nya 2kg dan thinner untuk clear 2 liter. Untuk sekelas mobil sedan matrialnya 25% lebih sedikit. Sedangkan ukuran amplas yang dipakai adalah 120, 240, 400 dan 2000 untuk tahap finishing. 

menentukan waktu dan lokasi juga tak kalah penting. Pastikan dirung tertutup, paling tidak ada atap diatasnya agar partikel debu tidak ikut tercampur saat proses pengecatan berlangsung. Untuk mesin oven sebetulnya tidak begitu perlu ya masbro, pasalnya suhu di negara kita sudah panas dan cukup buat mengeringkan cat secara sempurna. Beda bila di Eropa sana yang dingin jadi butuh alat pengering.

Seperti yang kita tahu bahan auto refhinish mobil motor terdapat dua tipe yakni PU dan NC baik untuk cat, thinner maupun clear coat. Lantas apa yang membedakannya.. ?

Perbedaan Cat PU dan NC Mana Yang Lebih Unggul

Ada dua jenis bahan cat yang biasanya digunakan dalam sebuah pengecatan baik untuk mobil ataupun motor. Pertama adalah tipe NC Nitro Chelulosa, ke dua PU Poly Urethane. Sesuai dengan sifatnya cat NC umunya digunakan pada kendaraan umum seperti angkotan kota, pic up namun ada juga yang diaplikasikan di mobil pribadi dengan alasan menekan biaya pengerjaan. Sedangkan PU banyak dipakai pada mobil mewah. 


  • Cat PU


Merupakan jenis atau bahan cat yang cukup mahal. Cat PU juga sering disebut cat bakar, karena proses pengeringanya lebih cepat meski tanpa mesin oven. Bahkan 10-15 menit sudah kering dan sudah bisa di lapisi clear coat. 

Baca juga AWAS KELIRU !! Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy

Kelebihan yang cukup mencolok cat PU dibandingan cat NC diantaranya memiliki daya kilap tinggi, warna lebih terlihat tajam, daya tutup lebih cepat dan tidak gampang pudar meski sering terpapar panas matahari sekalipun. 

Baca juga Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa

Bagi agan yang mengutamakan kualitas sudah pasti jenis cat inilah yang wajib anda pakai maski harganya cenderung lebih bahal, 2 sampai 3kali lipat harga cat NC. Perlu anda tahu mobil mobil baru dari pabrik menggunakan bahan dasar PU, tak heran meski usianya 5-10 tahun lebih warnanya tidak berubah dan tetap mengkilap.

Hasil repair dengan cat pu


Beberapa merk cat pu yang bagus di antaranya spies heacker, sikknes, autobright, drasso, blinken dan lainya. 


  • Cat NC


Nitro chelulosa merupakan bahan alternatif ke dua auto refinish yang lebih murah Untuk kualitas tentu masih dibawah tipe PU, dengan beberapa kelemahan diantaranya warna cenderung kurang tajam atau lebih pucat, serta gampang pudar meski sudah dilapisi clear coat, daya tutup cenderung lebih lama jadi proses pengerjaan lebih panjang dan lama kering.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Beberapa merk cat nc diantaranya Top color, Laba laba, Kliken, Penta super gloss, Glossy, Daimon, Danagloss, cardiac dan lainya. Karena kualitasnya cenderung standar harga jualnya pun cenderung lebih murah antara 65 ribuan untuk jenis solid dan metalic 120 ribuan perkilo.

Namun untuk mengakali agar bertahan lebih lama gunakan clear coat PU sebagai lapisan coatingnya, dengan begitu tingkat glossy bisa bertahan lebih lama dan tidak gampang pudar. 

Oke, demikian sekilas perbedaan cat pu dan nc meski kualitasnya hanya standar jika proses pengecatan dilakukan dengan baik dan benar tentu hasil yang didapat cukup memuaskan dan bertahan lebih lama. Jadi sudah tahu bukan mana bahan auto refinish yang paling pas buat mobil anda. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas